Go to fullsize image

Siapa yang tidak suka minum jus buah ?. Warnanya cerah dan terang, rasanya manis, dan baik untuk kesehatan. Tapi tunggu dulu, tidak semua ahli gizi berpendapat demikian. Meski jus kaya akan vitamin, tapi jangan tutup mata pada bahayanya.

Yang Boleh.


Bila Anda ingin memetik manfaat dari segelas jus, para ahli gizi menyarankan Anda untuk mengonsumsi jus sayuran.

Kandungan likopen dalam tomat telah diteliti mampu mengurangi risiko kanker prostat. Campuran beberapa jenis sayuran yang dijus juga menjadi sumber serat dan mengontrol rasa lapar.

Selain itu, kadar gula dalam jus sayuran lebih sedikit dan hanya mengandung sedikit kalori. Cocok untuk mereka yang sedang diet.

Yang terlarang.


Berhati-hatilah pada minuman yang termasuk dalam juice cocktail, juice drink atau juice flavored beverage.

Ketiga jenis minuman itu biasanya hanya mengandung sedikit buah asli. Bahan utamanya adalah air, gula, dan sirup rasa buah.

Jus dalam kategori ini tak lebih baik dari softdrink, yang tinggi gula dan kalori tapi rendah nutrisi. Penelitian menunjukkan minuman ini akan menyebabkan kegemukan pada anak.

Pilih-pilih buah.
Bagaimana dengan jus buah murni yang tidak ditambah pemanis ? Sebagian ahli berpendapat jus buah murni kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk melawan penyakit.

Go to fullsize image

Masalahnya jus buah secara alami juga sudah mengandung gula dan kalori. Misalnya saja jus apel yang kadar gulanya setara dengan permen. Demikian juga dengan semangka yang mengandung banyak gula.

Bila Anda khawatir pada kandungan gula dalam jus, pilihlah jus buah delima. Meski banyak mengandung gula dan kalori, namun sangat kaya antioksidan. Riset menunjukkan delima mengandung zat yang efektif untuk melindungi fungsi otak dan mencegah kanker. Namun sayang, saat ini buah delima sudah agak susah ditemukan.

Buah-buahan dalam keluarga berry, seperti cherry, blueberry, dan cranberry, sangat disarankan karena efektif meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa studi juga menunjukkan buah berry mengandung anti peradangan dan anti kanker. Minum jus cherry sebelum dan setelah berolahraga bisa mengurangi rasa sakit pada otot akibat aktivitas fisik.

Go to fullsize image

Bagaimana dengan jus orange yang jadi favorit banyak orang ? Kabar baik, jeruk merupakan sumber vitamin C, yang merupakan juara dalam meningkatkan sistem imun.

Tak cuma itu, orange juice juga mengandung kalsium dan vitamin D untuk menguatkan tulang.

Sangat disarankan bila Anda mengurangi gula saat membuat jus ini.

Salam.

Referensi : makanan, minuman sehat.

Gambar : resep.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

8 responses »

  1. Terimakasih infonya, baru tau nich klo ga semua jus itu sehat๐Ÿ™‚

    sama2, terimakasih juga๐Ÿ™‚
    salam

  2. akhlis says:

    Alhamdulillah,aku gak terlalu suka gula2an, softdrink, coke dan sirup berwarna warni serta sejenisnya. Aku suka air putih, teh hijau dg sedikt/tanpa gula. Lebih sehat kali ya…:)
    Tapi mungkin ga usah dijus lebih baik. Soalnya kalo dijus pake blender, ada kekhawatiran jusnya tercampur dg bahan2 kimia yg ada di bejana plastiknya dan logam pengaduknya juga…(Susah bener hidup sehat ya…)
    Paling males juga makan makanan panas yg dibungkus plastik apalagi kertas koran.
    ===============================================
    kelihatannya kalau masalah gula ataupun yg manis2 ,
    kita punya selera yg sama ya.
    Bunda juga kurang suka dgn yg manis2.
    Hidup sehat memang hrs dimulai dr diri sendiri dulu,
    nanti baru bisa ditularkan pd lingkungan.
    Semoga selalu sehat ya Mas Akhlis.
    salam.

  3. makngah lena says:

    Salam hangat , bunda..
    syukur deh , kalo orange juice sangat bermanfaat bagi tubuh , karena jus ini favorit keluarga makngah . suami makngah juga menjagokan jus melon dan jus timun buat kestabilan darahnya yang hipertensi itu .
    =========================================
    Salam hangat juga Makngah……….
    Wah, terima kasih banyak, ada tambahan masukan dr Makngah……..
    Salam hangat utk keluarga.
    Salam.

  4. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Wah jus tomat itu aku banget, karena tomat lebih mengandung vitamin, dibanding dengan jus apel atau jus semangka. Jus tomat juga dapat mengurangi diabet lho, itu juga bukan dari penelitian saya tetapi penyampaian dokter gizi, saat saya terkena gula hingga 640.. hi sereeemmm dengernya ya, tapi itulah kejadian yang pernah saya alami. Dengan jus tomat suplement gula menjadi pengganti. Untuk jus delima pernah dengar juga hanya buah delimanya sulit ditemukan bunda, jadi belum pernah mencoba, terima kasih bunda insfirasi yang bermanfaat
    Salam Takzim Batavusqu
    ======================================
    wah, masukan yg sangat bermanfaat ,Mas.
    jadi jus tomat sangat baik ya utk penderita diabetes sbg pengganti gula.
    terima kasih Mas utk tambahan infonya……….:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    salam.

  5. MbahKung says:

    Terima kasih ibu atas tipnya
    Saya memang penggemar jus misalnya jus tomat ( apalagi di Singapore Airlines, dll), orange juice dan jus alpukat.
    Sayangnya tidak bisa beli tiap hari karena ngirit.
    Salam untuk ibu dan keluarga semua.
    ==================================
    PakDhe…………..bukan karena ngirit nih kayaknya,
    alokasi dana utk ngejus dialihkan ke rawon ya……………:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Salam.

  6. maya says:

    kalo di emsir, jusnya asli semua bunda, lagsung dibuatin pas kita pesan buahnya^^
    ==============================
    betul sekali Mbak,
    kita tinggal pilih buahnya, mereka langsung buat
    dihadapan kita ya, tanpa tambahan gula atau sirop.
    Salam.

  7. badruz zaman says:

    waduuh, segernya bund. kalau kesukaanku sih jus tomat dan alpokat. karena ini mudah di dapat dan relatif murah. kalau tomat, murah meriah. minum jus buatan sendiri serasa lebih puas dan nikmat. salam,
    ======================================
    boleh nambah, nggak usah bayar tambahnya MasBadruz……….:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    tapi, memang kalau makanan atau minuman buatan sendiri
    dirumah pasti lebih sehat dan bersih……….
    Salam.

  8. blogpopuler says:

    Juice kemasan yang banyak dipasaran juga nggak menjamin kaya nutrisi.Trims infonya bunda
    ======================================
    betul, Mas.
    Karena lebih banyak menggunakan gula dan essence buah2an.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s