Berapa banyak cangkir kopi yang Anda nikmati setiap harinya? Jika Anda masuk dalam kategori penggemar berat minuman pekat hitam ini, 5 cangkir bisa jadi batas minimum yang Anda miliki.

Apakah ini batasan aman untuk menyelamatkan Anda dari gangguan kesehatan ?

Jawabannya, jumlah tersebut bukan lah batasan aman bagi kesehatan. Dari suatu penelitian yang dilakukan kepada 259 perempuan, hampir separuh responden setiap harinya mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi. Jumlah ini ternyata merujuk pada inkontinensia.

Inkontinensia adalah gangguan kandung kemih akibat otot-otot dasar kandung kemih dan dinding saluran kencing tidak bisa mengatur pengeluaran kemih. Artinya, mereka yang mengalami kondisi ini akan mengompol setiap saat.

Lily A.Arya, MD, ketua penelitian dari University of Pennsylvania menjelaskan asupan kafein yang berlebihan merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen.

Tidak hanya itu, kafein yang berlebihan juga mempertinggi risiko terjadinya Alzheimer.

Go to fullsize image

Tetapi bukankah kopi juga memiliki antioksidan ? Oleh karena itu, butuh hitung-hitungan setiap kali menyeruput kopi dari bibir cangkir.

Idealnya kafein yang aman masuk ke dalam tubuh adalah 200-300 mg per hari. Jumlah ini sama dengan 2-3 cangkir.

Mulai sekarang, takarlah kopi Anda dengan benar.

Setuju……………???

Salam.

Sumber :journal of health medicine.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

17 responses »

  1. WardiePNiron says:

    jumlah minimum apa jumlah maximum…bunda…?

  2. skewel says:

    Hemm thanks informasinya …

  3. akhlis says:

    Aku ga suka kopi. Dulu, sekarang, dan selamanya…Karena:
    1. Kopi bikin pusing, berdebar2, gelisah: Orang2 berkata kopi (plus rokok) bikin fokus ke kerjaan apalagi kl lembur. Non sense!
    2. Kopi bikin sering kencing: Makin banyak kopi,makin dehidrasi..mondar mandir ke kamar mandi,kerjaan ga kelar2.
    3. Kopi bikin melek: Bisa tidur adalah anugrah,berapa banyak org di luar sana stres krn ga bsa tidur,jd knp harus melek kl harus tidur? Kopi menekan sinyal2 kelelahan tubuh,membuat tubuh terus bekerja meski saat harus istirahat.
    4. Kopi pahit!

    ==================================
    alasan2 yg bagus dan masuk akal utk yg bukan penikmat kopi.
    bunda sendiri hanya minum secangkir kopi saja, pada pagi hari.
    sisanya air putih dan teh hijau.
    Salam.

  4. Oelil says:

    Saya suka kopi bund, tapi kalo kebanyakan malah pusing… badan sudah otomatis menakar sendiri…
    =================================
    Kebesaran Allah yg telah
    memberikan early warning system pd tubuh kita, Masyaallah.
    salam.

  5. maria says:

    saya denger dari dr.cino kalau pe minum kopi berat harus juga jadi perokok berat , karena racun lawan racun jadi netral alias aman. (tidak menyarankan )

    begitu juga orang yang sakit gula coba minum air kencing nya sendiri bisa netral , maaf ini bukan spam lo (berdasar pengalaman temen)
    =====================================
    Ikh, kok serem gitu sih Mbak Maria ………..??
    apa nggak ada yg lain, yg lebih oke ?
    salam.

  6. makngah lena says:

    Salam hangat , Bunda ..
    Suami makngah dulunya pengopi kelas berat , tapi sekarang dia sudah putus hubungan sama kopi gara-gara tekanan darahnya melambung tinggi .
    ==================================
    Semoga dengan putusnya hubungan dgn kopi,
    suami tersayang, bagus kembali tensinya ya Makngah, amin.
    Salam.

  7. kalo mlam biasanya minum kopi..

    hii takut juga kena penyakit tersebut..πŸ˜€

    nice info bunda..πŸ˜€
    ==============================
    kalau dalam sehari 3 cangkir kopi yg diminum,
    masih dlm batas yg wajar kok.
    Salam.

  8. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    kandungan kafein yang berlebih memang kurang bagus untuk pekerja sedang, tetapi untuk pekerja berat apalagi para blogger yang terkadang belum puas dengan secangkir kopi mungkin harus mencoba mengurangi takarannya. Mari kita coba nasihat bunda karena kopi bisa mengunci beberapa sel darah putih. dan yang terpenting imbangi deh kopi dengan olah raga, agar racun yang ada segera dikeluarkan (ini menurut pribadi).
    Salam Takzim Batavusqu
    ======================================
    Memang benar, Mas.
    segala sesuatu yg berlebihan
    tidak akan baik jadinya.
    yang sedang2 sajalah.
    Salam.

  9. adirossi says:

    Untung saya masih dalam dosis yang wajar, 1 cangkir per hari,πŸ˜€πŸ˜€
    =========================
    sama dong kita ya, sekali sehari secangkir kopi.
    salam.

  10. MbahKung says:

    Saya minum kopi se mug pada pagi dan sore hari bu. Saya tak ngompol lagi karena sudah besar.
    Apa yang dimaksud dengan Alzheimer, apa dia adiknya Zarah Ashary ya bu.
    Terima kasih atas tipnya yang bermanfaat.
    =================================
    walah, kok PakDhe maunya langsung yg he……he….saja ya………
    pertanyaannya ngetes tho PakDhe…………..????
    salam.

  11. isnuansa says:

    Saya menghabiskan tiga cangkir setiap harinya, Bund. Sepertinya membahayakan ya?
    ===============================
    Sepertinya 3 cangkir itu, masih dalam standard nya Mbak Nunik,
    jadi tidak membahayakan, lanjutkan minum kopinya Mbak……….:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  12. blogpopuler says:

    Kalau saya paling satu kali sehari.
    ==========================
    sama dong kita, bunda juga sekali sehari, cuma pagi hari saja, Mas.
    Salam.

  13. tidak ngopi bu,
    btw selamat mengawali awal pekan dengan sebuah kesuksesan, salam untuk seluruh keluarga Bunda
    ===================================
    terima kasih, sama2 semoga menikmati weekend nya dengan senang.
    salam juga utk keluarga.
    Salam.

  14. dasir says:

    aku kecepetan komennya jadi ditolak bunda,,ulang..aku tak minum secangkirpun bunda per hari..
    ==================================
    kalau bunda cuma sekali sehari, pagi hari saja.
    Salam.

  15. guskar says:

    lega… deh setelah membaca artikel ini.
    ternyata tingkat konsumsi kopi saya masuk kategori normal, maklum saja sehari semalam cuma 3 mug kopi
    **padahal klo lg suntuk pekerjaan bisa 5 gelasπŸ˜‰
    ========================================
    3 mug kopi………….
    mug nya sebesar apa ya Gus…………….:)πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  16. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Tidak secangkirpun, Bundo!
    Wakakakakakak

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s