Go to fullsize image

Apa saja barang yang harus dibawa saat travelling ke suatu wilayah di Indonesia, tidak peduli apapun jenis kegiatan yang akan dilakukan? Barangkali ada yang berpendapat, uang bisa menyelesaikan segalanya.

Jadi, bawa uang saja sudah cukup. Dalam kondisi tertentu, uang tidak ada gunanya jika barang yang diperlukan tidak tersedia di pasaran setempat.

Barang-barang berikutlah yang harus selalu ada dalam ransel/koper Anda:

KARTU identitas berupa KTP (kartu tanda penduduk) atau SIM (surat ijin mengemudi).

Tanpa kartu identitas, Anda bisa mengalami masalah saat bertemu dengan polisi yang tengah melakukan razia, ketika check in di hotel, atau saat akan menyewa kendaraan.

UANG tunai untuk kondisi darurat di daerah terpencil.

Sejumlah back packer berpengalaman menyimpan uang tunai di kantong-kantong tersembunyi di pakaian atau ransel mereka. Dalam kondisi darurat, misalnya di lokasi di mana kartu kredit atau debit tidak bisa digunakan, dana cadangan dari kantong-kantong rahasia itu bisa sangat membantu.

TOPI, kaca mata hitam, dan pelembab untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Go to fullsize image

KAMERA, atau video camera,yang tentu saja sangat penting utk mengabadikan sesuatu yang perlu menjadi kenang2an saat anda bepergian.

SEPATU booth yang kuat dan sandal atau thong


KUNCIuntuk koper atau tas.  Koper, tas, atau ransel harus selalu dalam kondisi terkunci demi mencegah terjadinya pencurian.

TAS kosong untuk membawa belajaan Anda saat pulang ke rumah.

ALAT penutup telinga. Alat ini berguna jika Anda tidak mau terganggu oleh suara bel wake up call di pagi hari.

DENTAL floss, tampons, dan cream cukur dan alat2 mandi lainnya.

JAKET anti air.

Go to fullsize image

OBATanti malaria dan obat nyamuk. Masih banyak tempat di Indonesia yang merupakan daerah endemis malaria.

SEBUAH sarung atau kain. Kain akan punya banyak manfaat seperti bisa jadi topi, handuk, atau bahkan alas duduk di pasir atau rumput.

YANG terakhir ini bukan termasuk barang tetapi sangat penting, yaitu Anda tidak boleh malu dan  harus memiliki rasa humor

Menurut anda,  masih ada lagikah yang lain ? yg mungkin terlupakan ?

Selamat menikmati perjalanan anda………………:D😀😀

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Tambahin Kompas ko hilang ya
    ============================
    mungkin tertangkap sama Oom aski, Mas…….
    kompas memang diperlukan juga
    agar tidak kehilangan arah, terlebih utk penunjuk
    pada waktu sholat.
    Salam.

  2. MbahKung says:

    Masih ada lagi bu, banyak kok.
    Bawa laptop agar bisa terus ngeblog, apalagi seperti ibu, sehari bisa membuat 2-3 artikel.
    Jangan lupa juga bawa lampu senter ya bu,siapa tahu lampu mati dimalam hari.
    Terima kasih atas tipnya
    Salam buat ibu sekeluarga ya buuuuuu
    ======================================
    Terima kasih PakDhe………..utk tambahan masukannya……….
    seperti kemarin waktu ke Bolaan mongondow nganter Bella ya……….
    bawa2 laptop, biar maknyusssss…………..
    Salam hangat utk keluarga ya PakDhe.
    Salam.

  3. guskar says:

    untuk saya, yg nggak boleh ketinggalan (masuk di jenis obat) yaitu jamu tolak angin (ini bukan iklan loh).. perjalanan jauh klo nggak minum jamu itu kok kurang afdol.. hi..hi..
    ===================================
    itu mungkin semacam sugesti juga ya Gus,
    kalau saya yg nggak pernah ketinggalan, ya itu minyak kayu putih……he….he…..
    salam.

  4. yusupman says:

    Betul Bunda ini persiapan yg mesti di cek and recheck.Penting di bawa karena menjadi sangat berharga ketika di butuhkan.Posting inimengingatkan saya bunda yg sering jalan2,untuk selalu mengecek barang2 yg wajib di bawa ini.
    ======================================
    Dan…..selalu jaga kesehatan juga ya Mas Yusup………..
    terima kasih utk apresiasinya atas tulisan ini.
    Salam.

  5. Zulhaq says:

    makasih bunda telah mengingatkan, karena minggu depan tepatnya weekend depan saya akan travelling ke jakarta🙂
    =============================================
    hati2 di jalan ya Mas Zulhaq,
    semoga selamat pulang dan pergi,
    selalu jaga kesehatan ya………………..:)🙂🙂
    enjoy your trip……….
    salam.

  6. setuju bundo dengan tipsnya
    ===================
    terima kasih, Mbak Febri…………
    salam.

  7. RitaSusanti says:

    Masih ada lagi yang kurang Bunda yaitu Alquran dan Peta. Alquran untuk menerangi keraguan jiwa kita, sementara Peta untuk menerangi keraguan langkah raga kita…:)
    ===================================
    cocok, Mbak Rita……..
    yg penting jagan berlebihan dan malah merepotkan diri sendiri ya…………
    disesuaikan dengan kondisi tujuan kita kemana……….
    Salam.

  8. Dream House says:

    ada lagi bundo, peralatan mandi. bagi saya itu penting. tapi malah sering kelupaan…

  9. pakacil says:

    sarung, ya saya sangat sepakat untuk soal sarung itu, karena itu memang benda multi fungsi. kalau saya memang yg harus bawa kartu identitas, dan selalu bawa buku nikah kemanapun pergi, biar ingat kalo sudah teken.. whuihihihi… yg lain sih kondisional saja kalau saya bunda.
    ========================
    <emcocok, Pakacil, yg benar2 diperlukan saja ya,
    jangan malah nanti saltum segala ya………
    Salam.

  10. kanglurik says:

    Kamera bun yang penting ama baju plus makanan.
    Kamera buat photo-photo narsis….

  11. Kakaakin says:

    Kalo cewe : jangan lupa mukena ya…🙂
    ===================
    terima kasih tambahannya Kakaakin.
    Salam.

  12. Badruz says:

    wah banyak juga ya bund ternyata. tapi memang itu sudah standar.

  13. sobatsehat says:

    boleh nambah bunda: peta wisata, nomor telp hotel atw taksi

  14. daniatiwi says:

    Kalo Tiwi, Masalah Kartu itu masalah Mama. Tiwi sih tinggal travelnya aja.Hehe… Kalo yang lain selalu
    Lam hangat Bunda

  15. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    amankan dulu, Bundo!

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s