Go to fullsize image

Siapa yang tak kenal kopi?, minuman beraroma khas ini dikonsumsi banyak kalangan, dari masyarakat pedalaman hingga para eksekutif kelas atas.

Kopi juga dipercaya sebagai penghilang rasa kantuk dan mampu memperbaiki daya ingat. Benarkah ?.

Berikut ini beberapa mitos yang berkembang di masyarakat.

Kopi lebih baik disajikan dalam keadaan panas. Kopi sebaiknya jangan langsung disiram dengan air mendidih. Jika air terlalu panas, bubuk kopi justru akan hangus, dan akhirnya akan mempengaruhi rasa dan aroma.

Untuk mendapatkan minuman kopi yang enak, diperlukan suhu air sekitar 90 derajat celsius.

Caranya, masaklah air hingga benar-benar matang. Lalu diamkan sejenak selama tiga puluh detik, baru kemudian dituangkan ke dalam gelas berisi kopi.

Go to fullsize image

Agar suhu minuman tetap hangat, disarankan untuk menyajikan dalam cangkir porselen yang cukup tebal. Kopi lebih enak disajikan dingin.

Belakangan ini sajian kopi dingin (Iced coffee atau freeze blend coffee) mulai banyak disukai. Tapi berhati-hatilah, sebab menurut penelitian medis, mengkonsumsi minuman kopi dengan suhu di bawah dua puluh derajat justru dapat meningkatkan gas dalam perut.

Tidak mengherankan, jika kopi sangat tidak dianjurkan bagi para penderita gangguan lambung.

Go to fullsize image

Kopi yang dikeluarkan dari kotoran luwak, memiliki rasa jauh lebih enak. Di kalangan masyarakat beredar kepercayaan, kopi luwak merupakan kopi terbaik. Luwak adalah jenis binatang yang sangat menyukai kopi.

Masyarakat mempercayai biji kopi yang ada di kotoran luwak mempunyai kualitas nomor satu. Pendapat itu ternyata sangat salah kaprah. Biji kopi yang keluar bersama kotoran luwak justru sangat berbahaya karena sudah bercampur dengan bakteri.

Namun, jika Anda menemukan kotoran luwak yang dipenuhi biji kopi, maka bisa dijadikan tanda bahwa tanaman kopi di kawasan tersebut mempunyai kualitas yang baik.

Tanda kualitas kopi yang dibawa oleh binatang, ternyata juga dipercayai di Jepang. Mereka percaya, burung pemakan biji kopi dapat membantu memilih pohon kopi dengan kualitas prima.

Kopi dapat mencegah serangan step Menurut Dr Victor Tambunan, bisa jadi anggapan itu benar.

Menurutnya, unsur kafein dalam kopi mengandung efek relaksasi, sehingga bisa digunakan untuk melemaskan otot-otot yang kejang. Meski demikian, Victor menyanggah anggapan dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berpikir seseorang, ‘‘Itu tidak benar”.

Go to fullsize image

” Terlalu banyak minum kopi justru bisa menekan daya ingat seseorang, karena bisa membuat orang tetap terjaga sehingga otak akan terasa sangat lelah,” ujarnya.

Kopi bisa mengurangi rasa kantuk, pendapat ini tidak seluruhnya benar. Jika otak benar-benar sudah terkuras dan kemudian dipaksakan dengan minum kopi, tetap tidak akan banyak membantu.

Namun dalam kondisi normal, efek kopi untuk menahan kantuk bisa saja terjadi. Namun menurutnya, efeknya tidak akan terlalu lama, hanya sekira dua sampai dengan tiga jam saja.

Menghilangkan bau, anggapan tersebut ternyata mengandung kebenaran. Selain dikonsumsi, kopi bisa membantu menghilangkan berbagai bau tak sedap. Bubuk kopi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau amis ikan.

Caranya, dengan menaburkan bubuk kopi di sekeliling wadah penyimpanan ikan. Cara ini juga bisa digunakan untuk menyingkirkan semut.

Tidak hanya itu, bubuk kopi juga dapat menghilangkan bau vernis di furniture yang baru dibeli. Caranya, taburkan pada bagian kayu, diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.

Salam.

Sumber : dr berbagai sumber .

Gambar : corbis.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

8 responses »

  1. kalau kulkas yang mengeluarkan aroma tak enak ada tipsnya nggak Bunda?

    insyaalah, bisa ditaruh bungkusan kopi tubruk, atau arang, dan bisa juga butiran cengkeh Mas Narno🙂
    salam

  2. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Untuk urusan yang satu ini memang saya nyerah bunda, karena memang saya ga pernah bisa, tapi kalau urusan ini diserahkan sama istri terasa kopi lebih enak dibanding air putih… menunya sama kali ya
    Salam Takzim Batavusqu
    ====================================
    he………he……..sama saja dengan suami saya,
    dimanapun selalu mengatakan kopi
    buatan saya adalah yg terenak,
    alhamdulillah, senangnya mendapat penghargaan
    seperti itu dr suami…………:D :D:D
    salam hangat utk istri tercinta.
    Salam.

  3. adirossi says:

    Saya pernah membaca di salah satu sumber bahwa kopi baik untuk orang yang hobinya menghafal sesuatu seperti pelajaran, buku dan lain2, akan tetapi kurang baik untuk orang yang hobinya hitung menghitung alias matematika, jadi untuk pak wand, jangan banyak2 minum kopi yah😆
    =====================================
    Memangnya,Pak Guru Wandi suka ngopi ya…………….?????
    salam.

  4. yosbeda says:

    pernah liat di tv katanya ad “kejuaraan, kompetisi, atau apalah namanay, yg bersklala internasional” n katanya kpi luwak ngga boleh jd kontestan karena nilainya pasti sempurna.. sehingga pasti juara… (seingat saya dulu liat beritanya diasal-usul trans7)
    ==================================
    oh gitu ya………….
    saya malah baru tahu Yos……..
    salam.

  5. pakacil says:

    namun yang jelas, saat ini saya sudah tak boleh minum kopi lagi bunda, karena masalah kesehatan😦

    dulu sih, setiap bangun tidur dan mau tidur atau depan komputer, selalu ditemani kopi. dan saya percaya, kalau minum kopi itu memang bikin gak tidur. alasannya sih jelas, rasanya gak ada orang yg bisa bikin dan minum kopi sambil tidur, harus dalam keadaan bangun.😀
    ===============================
    duuuuu….hhhhh Pakacil sepertinya sudah pengalaman
    minum kopi sambil tidur………..:D😀😀
    salam.

  6. Badruz says:

    inum kopi murni, saya jarang sekali. karena menimbulkan mual. paling2 kopi susu….baru doyan. minuman kesukaan saya adalah air putih.

    oh iya bun, saya buka2 postingan bunda yang tentang air dingin dalam kulkas, bahayanya dll belum ketemu. barangkali bunda punya pengethuan tentang bahaya minum air dingin seharihari- saya tak bisa lepas dari air putih kulkas. tak kenal cuaca, au cuaca panas, dingin, minumnya kalau di rumah ya air dingin.
    ===============================
    Saya juga hanya minum kopi 1 kali sehari pada pagi hari saja,
    sisanya sepanjang hari minum air putih dan teh hijau.
    tentang air dingin dr kulkas , nanti kalau saya sudah temukan
    akan saya kabarkan ya Mas Badruz………
    Salam.

  7. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    amankan dulu!.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s