Go to fullsize image

Di pasaran banyak beredar suplemen yang mengklaim memberikan sederet manfaat bagi kesehatan.

Mulai dari menjaga stamina, memperbaiki tulang, hingga mencegah penuaan. Sebagai konsumen tentu kita bertanya-tanya apakah sederet manfaat itu adalah fakta atau bahasa marketing belaka.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan klaim berbagai suplemen atau multivitamin tentang berbagai formula lengkap yang dimilikinya.

Pasalnya, beberapa jenis suplemen dan vitamin memang memiliki multi manfaat yang sudah dibuktikan secara ilmiah.

Sebagai contoh adalah teh hijau.

Go to fullsize image

Menurut berbagai studi, teh hijau berkhasiat untuk mencegah berbagai jenis kanker, melindungi jantung, menghambat pertumbuhan bakteri, melawan gigi busuk, dan bekerja sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Sederet manfaat tersebut menarik perhatian para peneliti untuk mencari mengidentifikasi komponen aktif dalam teh hijau.

Pada awalnya obat-obatan memang hanya dibuat untuk satu tujuan, misalnya menghilangkan nyeri.

Namun, setelah banyak orang mengonsumsi obat tersebut dan merasakan manfaatnya untuk penyakit lain, barulah manfaat lain itu diteliti. Dalam hal ini contoh yang paling tepat adalah aspirin.

Obat yang berasal dari kulit kayu pohon willow ini pada awalnya memang dipakai untuk mengobati sakit kepala.

Namun, belakangan diketahui bahwa zat aktif asam asetil salisilat dari aspirin juga bisa dikembangkan untuk mengatasi nyeri arthritis, analgesik (penghilang nyeri), mencegah penyakti jantung, mengurangi risiko penyakit kanker kolon, hingga mengatasi osteoporosis.

Jadi, jangan ragu lagi utk mengkonsumsi supplemen , asal jangan berlebihan, dan taatlah pada aturan minum atau dosisnya.

Semoga kita selalu diberi rezeki kesehatan olehNYA, amin.

Salam.

Sumber : Minerals and Herbs, Readers Digest.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

20 responses »

  1. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Usia kepala 4 seperti saya masih ragu deh dengan suplemen, saya ko lebih percaya dengan ramuan tradisional ya, meskipun pahit jamu gendong malah lebih pas ya dengan tubuh saya. Barang kali izin menambahkan olahraga rutin juga merupakan suplemen bagi tubuh lho, karena olahraga bisa mengeluarkan cairan yang tidak bermanfaat dan memperlancar perdaran darah. Maap ya bunda, lama tak berkunjung satu posting satu komentar ya bun. Terima kasih bunda pencerahan bunda berbekas dalam diri ini
    Salam Takzim Batavusqu
    ==========================================
    saya juga sangat setuju,Mas
    olah raga rutin, paling tidak seminggu 3 kali akan
    lebih terasa manfaatnya utk kesehatan kita.
    Terima kasih Mas, atas apresiasinya pada tulisan ini.
    Salam.

  2. Kakaakin says:

    Suplemen yang dijual MLM itu loh… harganya mahhal banget…😦

  3. kenangamu says:

    wah tx untuk info kesehatannya bunda..
    main2 ke Istana aku yah bunda

  4. Abdi Jaya says:

    info kesehatannya mantap, moga daku terhindar dari penyakit begituan

  5. casrudi says:

    oke deh Bun, minum suplemen masih kadang2, belum serutin menyikat gigi…🙂

  6. Iksa says:

    He he kalau bicara suplemen ya musti tahu apa yang perlu disuplemenkan dulu ya Bunda?

  7. Trims, Bundaku… Saya jadi tau banyak tentang supplemen. Padahal, sebelumnya, saya paling takut (malahan anti) mengkonsumsi supplemen ini…

  8. mungkin untuk teh hijaunya, sebagian ada yang benar, bu. yang dikandung oleh teh hijau adalah catechin, dan sangat bagus untuk antiaging, menmghambat stress oksidatif yang bisa merusak sel, sehingga cepat tua. pernah ada seminarnya di kampus, bahkan di RS Dr Soetomo surabaya menggunakan ekstrak teh hijau yang dibikin es krim untuk pasien2 HIV/AIDS. manfaatnya? melindungi kerusakan sel2 tubuh dari mutasi yang diakibatkan virus AIDS.😉
    linknya di wikipedia:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Catechin

    mohon koreksi bila salah, bu🙂

  9. Badruz says:

    semua iklan suplemen itu truth claim, kalau nggak kaya gitu nggak laku bund. tapi sekarang pengobatan herbal dan pengobatan alami lainnya mulai mendapat porsi di berbagai media. sehingga bagus, agar masyarakat memakai obat2 alami …

  10. sayangnya banyak iklan supplemen terutama yang non herbal, seringkali berlebihan dan membodohi, sepertinya konsumen harus selektif

  11. guskar says:

    banyak suplemen yg beredar kadang membuat bingung masyarakat. sangat bijak jika sebelum memutuskan untuk mngkonsumsi suplemen tsb agar membaca banyak literatur spt yg bunda sajikan ini.
    ternyata, dng mengkonsumsi makanan/minuman yg sehat tubuh kita nggak memerlukan suplemen lagi..
    **sedangkan untuk mempunyai jiwa yg kuat, perbanyak suplemen rohani seperti dzikir, dsb..

  12. ikiakukok says:

    saya kok malah sedikit takut buat ngonsumsi suplemen ya? takut ketergantungan bun.

  13. KangBoed says:

    dooooooooh manstaaaaaaaaaaaabbb Bundo

  14. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  15. mandor tempe says:

    Suplemen secara bahasa artinya pendamping. Artinya juga penyerta atau pembantu makanan yang dikonsumsi atau obat yang dianjurkan. Nah beberapa suplemen malah mengklaim bisa menyembuhkan penyakit, saya perlu hati-hati dengan klaim suplemen tersebut.

  16. nakjaDimande says:

    aku dan KD termasuk yang tidak minum suplemen rutin, lebih memilih buah, sayur.. kecuali dalam keadaan tertentu atas anjuran dokter🙂

    makaciy sharingnya ya bunda cay..

  17. dasir says:

    Suplemen yg sering kuminum adl habbatussauda’dan madu bunda

  18. Ayah saya suka bener mengkonsumsi suplemen sayangnya ayah saya suka ndak kenal batasan. takutnya overdosis,kira-kira sulemen ada overdosisnya gak yah?

  19. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    TErima kasih atas pencerahannya ini, Bundo. Selama ini saya selalu menghindari meminum suplemen. Katanya bisa memberikan efek ketergantungan.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s