Go to fullsize image

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurusan psikologi pada Fakultas Adab (sastra) di Universitas Zaqaqiq, Mesir dengan judul: “Kepribadian Remaja Putri, Tata Cara kesiapan Jiwa dalam Menghadapi Pernikahan, dan Masa Perubahan Jiwa Pasca Nikah Secara Khusus” menyimpulkan ada 9 tipe gadis yang tidak diminati oleh para pemuda:



Pertama: Gadis Pencemburu.


Pencemburu adalah sifat pertama kali yang dihindari oleh para pemuda dari calon istri-istri mereka. Cemburu disini bermakna keraguan.

Para pemuda itu menuntut adanya sebagian sifat cemburu yang memperkuat ikatan cinta, akan tetapi mereka menolak ketidak percayaan (keraguan) yang menimbulkan petaka dalam kehidupan rumah tangga.

Mereka menginginkan kepercayaan dari para istri mereka, dan tidak suka jika mereka menceritakan atau mengungkap setiap langkah yang dilaluinya.

Ke-2: Gadis Egois, sok menjadi ratu.


Adapun gadis yang kedua adalah gadis yang egois, ingin berkuasa, menginginkan dari suami/pacarnya segenap kecintaan, ketundukan, dan kepasrahan hanya kepadanya saja.

Dia akan marah jika melihat suami/pacarnya lebih mementingkan orang lain atau mencintai selain dirinya. Seperti cemburu kepada kerabat suami/pacar, atau teman2nya.

Perbuatan ini kadang menimbulkan banyak permasalahan. Dengan sikap seperti itu, dia telah mempersempit kepribadian suami/pacar, dan menyebabkan timbulnya permasalahan dengan kerabatnya.

Dengan sikap seperti itu, dia telah menjadikan suami benci dengan kehidupan rumah tangganya. Sikap yang demikian tidak termasuk cinta, tetapi ambisi kepemilikan dan penguasaan.

Ke-3: Gadis Durhaka.


Yaitu istri yang tidak ridha dengan kehidupannya. Dia senantiasa membangkang pada suami dan menggerutu tentang segala sesuatu.

Dia tidak bersikap qonaah (menerima apa adanya), senantiasa menginginkan tambahan dan lebih. Dengan sikap seperti ini, dia telah menekan suami hingga mau memenuhi keinginannya.

Dia tidak peduli darimana sang suami bisa memenuhi berbagai tuntutan itu, dan bagaimana ia bisa mendapatkan harta tersebut.

Dia adalah jenis istri perusak. Dia hanya mencari untuk diri dan kebahagiannya sendiri, terutama harta, bukan cinta.

Ke-4: Gadis yang cuek dan masa bodoh.


Gadis ini tidak layak disebut sebagai seorang istri. Dia sama sekali tidak menaruh perhatian pada suami, tidak juga pada rumahnya. Tidak berusaha memenuhi kebutuhan suami atau permintaannya.

Di sini sang suami merasa bahwa si istri tidak mencintainya, atau tidak menganggapnya. Kadang yang demikian membuat sang suami bersikap kasar kepada istri sebagai usaha untuk meluruskannya.

Akan tetapi jika sang istri memiliki sifat seperti ini, maka akan sulit merubahnya.

Ke-5: Gadis yang Kekanak-kanakkan.


Yaitu gadis yang senantiasa tergantung pada ibunya, dan terus terikat dengannya, bersandar kepadanya dalam segala hal. Dia bertindak dengan malu, tidak mampu mengemban tanggung jawab.

Kebanyakan ibunyalah yang memberikan keputusan dan berkuasa pada seluruh urusan rumah. Maka sang putripun bersandar kepadanya dalam segala hal seperti apa yang dia kerjakan saat masih kanak-kanak.

Dengan sifat seperti itu, dia tidak layak menjadi seorang ibu bagi putra-2nya, dikarenakan putra2nya akan menjadi pribadi2 yang terputus, tidak utuh. Adapun sang suami, maka ia merasa seolah-olah telah menikahi ibu mertuanya, karena dialah yang mengatur segala keperluannya.

Maka wajib bagi para gadis untuk belajar memikul tanggung jawab dan berbuat secara dewasa.

Ke-6: Gadis yang meninggalkan Tugas Rumah Tangga.


Kebanyakan gadis seperti ini adalah gadis yang bekerja (wanita karir). Akan tetapi, ada perbedaan antara istri yang bekerja dan istri yang pergi meninggalkan tanggung jawab rumah.

Artinya ada banyak istri yang bekerja, tetapi mereka dapat melakukan segenap pekerjaan rumah tangga dan memberikan perhatian terhadap berbagai keperluan suami dan anak-anak mereka.

Pekerjaan mereka tidak membuat mereka durhaka terhadap keluarga. Maka istri harus menyeimbangkan antara pekerjaan dengan suami dan anak-anaknya.

Janganlah pekerjaan membuat keluarga terhalangi

dari perhatian dan kasih sayangnya.


Ke-7: Gadis yang Lemah.


Yaitu seorang gadis yang terbiasa pasrah terhadap keadaan di sekitarnya, apakah terhadap keluarga atau teman-temannya. Dia sangat lemah untuk bisa mengambil keputusan dengan dirinya sendiri, tidak berusaha mengadakan musyawarah atau menampakkan pendapat apapun.

Kepribadian yang lemah, penurut, dan tidak terbiasa memikul tanggung jawab. Kebanyakan penyebabnya adalah keluarga, yaitu dengan sikap keras sang ayah, dan diamnya ibu.

Maka sang suamipun kehilangan teman yang bisa memberikan nasihat, atau masukan-masukan dalam berbagai urusannya.


Ke-8: Gadis yang membuat was was.


Yaitu gadis yang menggambarkan suaminya dengan gambaran yang terburuk. Sebagai contoh, jika suami terkena penyakit mulas, maka sang istri membesar2kan nya serta meyakininya bahwa sang suami menderita usus buntu.

Jika panas sang suami meningkat dia berkata bahwa dia telah terkena demam. Jika sang suami terlambat, dia berkeyakinan telah terjadi kecelakaan atau terkena sesuatu yang tidak disukai.

Istri semacam ini akan mendorong suami untuk selalu was-was dan berkhayal macam-macam serta selalu khawatir.


Ke-9: Gadis yang Sok Sempurna.


Yaitu gadis yang berambisi untuk mengerjakan sesuatu dengan benar, dan terlalu berlebih-lebihan di dalamnya sehingga sang suami dan orang-orang yang tinggal di sekitarnya terkadang merasa jengkel.

Sifat seperti itu membuatnya fanatik buta dalam kehidupan rumah tangga. Dia menginginkan kesempurnaan dlm segala hal.


Jadi, memang seperti tuntunan yang diajarkan agama, marilah kita mencari pasangan hidup seperti yang dipesankan oleh Rasulullah saw , yaitu: yang baik wajahnya, baik kelakuannya (akhlaknya), banyak hartanya, dan yang paling utama adalah baik dalam agamanya.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

20 responses »

  1. mela says:

    Amiin…trima kasih y bunda doa nya..

    alhamdulillah, sama2 Mela sayang🙂
    salam

  2. mela says:

    Bunda…gmn y caranya spy berubah?
    Gr2 suami sy dulu prnh khianati saya,saya agk malas buat berbakti n mengabdi sm suami saya..

    ajaklah suami utk berbicara dr hati ke hati,
    krn dialah yg berkhianat , maka dia pulalah yg seharusnya membantu mengembalikan kepercayaan anda padanya,
    tidak mudah memang, krn tiap luka ,ada harganya,
    perlu waktu dan hati yg besar utk kembali seperti dulu.
    piring yg pernah retak, walaupun di lem, tetap akan terlihat bekasnya.
    Seharusnya suami mau ikut bertanggung jawab, atas segala perbuatannya, utk mengembalikan kepercayaan anda.
    Bunda ikut mendoakan, cobalah utk ikhlas ya Mbak.
    Jadikanlah perkawinan ini sebagai ibadah hanya krn Allah swt semata.
    Dan, bagi orang yg memaafkan, akan lebih mulia di mata Allah swt,
    bukankah itu yg kita cari ?
    salam

  3. Ini menjadi kewajiban seorang suami, jika ternyata istrinya ada tanda-tanda kearah itu, yah dengan sabar harus di kasih tahu. Pelan-pelan
    nice post bund,…
    ================================
    disinilah diperlukan komunikasi dua arah ya Mas.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  4. willace says:

    Wah, info yang bagus dari bunda lagi..>___<v

  5. hmm,, saya sebagai pria merasa tersanjung,, *halah*
    boleh saya link tulisannya, bu? saya link ke FB, yaa🙂
    terima kasih😀

  6. Onnay Okheng says:

    Hmm…yang ke 6 itu yang paling sering terjadi..
    yang paling penting betul bunda yaitu agama nya..😀
    heuheu…
    salam sayang dari bandung..😀

  7. Pakde Cholik says:

    Gak ada manusia yang sempurna, tapi ketidak sempurnaan itu jangan menyebabkan malapetaka dalam rumah tangga ya mbak.
    cemburu boleh, tapi dikit2 saja.
    Kan nggak ada wanita yang mau bilang ” Kalau mau ngesun dia boleh kok mas, saya nggak cemburu ” ha..ha..ha. Ngomongnya sih begitu tapi di kamar tidur pasti menangis sambil bilang ” dasar suami geniiiiiiiiiiiit, benchi…benchiiiiii aku “. hayo ngakuuuuu.
    Salam hangat dari Surabaya.
    ======================================
    ha……….ha…….itu sih harus langsung dicubit saja PakDhe
    kalau yg kegenitan gitu………
    PakDhe pernah ya dicubit sama BuDhe………..:D😀😀
    Salam.

  8. Yep says:

    Ughhhh….masih adakah yang sesempurna ini…Bun? 🙂
    ================================
    InsyaAllah ada, yg agak mendekati Yep………
    Salam.

  9. muamdisini says:

    Semoga saja sifat2 istri yg nantinya saya dapat tdk termasuk hal-hal diatas..Amiin..
    Doakan yah bunda..
    ======================================
    Semoga Allah swt memberikan Mas Muam
    istri yg cantik lahir dan bathin dan sholehah, amin.
    Salam.

  10. blogpopuler says:

    Gadis matre juga termasuk kang bunda..
    terima kasih atas infonya.salam
    =============================
    betul sekali Mas……
    Salam.

  11. dasir says:

    KOpas punya kangzul bunda:sorry kang..dan gadis yang paling diminati adalah gadis yang membawa seorang lelaki lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta, yang memiliki segala cinta dan kecintaan
    ==================================
    Dengan kata lain, gadis yg sholehah ya Mas Dasir………….
    Salam.

  12. Zulhaq says:

    dan gadis yang paling diminati adalah gadis yang membawa seorang lelaki lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta, yang memiliki segala cinta dan kecintaan🙂
    ==============================
    dengan kata lain, gadis yg sholehah ya Mas………..
    Salam.

  13. makngah lena says:

    Semoga saja kita dijauhkan dari sifat-sifat yang tercela dan semoga saja kita terhindar dari sifat-sifat yang tidak terpuji , ya , bunda . Semoga saja kita dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang diberi nikmat dan pandai mensyukurinya…
    lam hangat…
    =================================
    amin, bunda juga selalu terus berusaha
    agar dapat menjadi istri yg sholehah
    dan membahagiakan suami dan anak2, Makngah………
    Salam.

  14. perajaromance says:

    aku paling anti ama yg no. 1 ama 5. . bner2 parah. .xixi
    ============================
    terlebih lagi, jgn semuanya Rio………
    Salam.

  15. D3pd says:

    Gadis saya amarahnya tinggi sekali bunda, ^_^…V
    ==============================
    semoga dapat cepat diredakan
    dengan kasih sayang yg Mas Dyka tunjukkan ya………….
    Salam.

  16. Kakaakin says:

    Tapi, sepertinya ada laki2 yang menyukai wanita yang lemah… mungkin agar dia bisa tampil sebagai hero kali’ ya…
    ==============================
    ha..ha……:D😀😀
    tergantung taste masing2 ya Kakaakin……..
    Salam.

  17. Kalo cemburu itu kok susah ya di hilangkan…
    ==========================
    selagi masih dlm batas yg wajar,
    memang dibuthkan kok………..rasa cemburu itu.
    Salam.

  18. nakjaDimande says:

    Bunda terimakasih nasihatnya.. walau sudah bukan gadis lagi, aku akan terus belajar agar menjadi perempuan dan istri yang lebih baik.. doakan ya bun
    ====================================
    Kita berdua,mari selalu saling mendoakan ya Bundoku sayang.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s