Go to fullsize image

Sebagai pasien maka anda mempunyai hak utk bertanya ketika berkonsultasi dengan seorang Dokter. Hal itu dapat memperluas pengetahuan anda sekaligus mengamankan andaย dalam mengkonsumsi obat.

Sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya.

Bersikaplah kritis ketika berhadapan dengan dokter, juga ketika menerima resep obat.

Jika perlu, anda dapat memeriksa terlebih dahulu obat yang diberikan dokter.

Tanyakan ketika anda merasa obat yg diberikan terlalu banyak.

Ingat ! jangan meminta obat utk setiap gejala penyakit yg dirasakan.

Hal itu justru akan menambah jenis obat yang harus anda konsumsi.

Mungkin saja satu obat bisa mengatasi beberapa gejala penyakit, sehingga semakin sedikit obat yg diperlukan.

Ada beberapa langkah yg bisa dilakukan agar menjadi pasien cerdas, a.l :

1. Saat konsultasi mintalah diagnosis penyakit dlm istilah kedokterannya.

Tujuannya : agar kita dapat menggunakan layanan internet utk lebih mengetahui perihal penyakit tsb. Ingat ! batuk atau radang tenggorokan itu bukan diagnosis tetapi gejala.

2. Jika tulisan dokter sulit terbaca, mintalah dgn sopan agar dituliskan kembali dgn huruf kapital.


3. Setelah mendapat resep, obat jangan langsung ditebus.

Pelajari dan gunakan referensi buku atau internet perihal obat tsb, apakah cocok dgn penyakit atau tidak. Pasien harusnya lebih ingin tahu, jika dalam satu resep , obat yg diberikan sangat banyak.

4. Jangan buang resep setelah ditebus.

Memiliki copy resep sangat berguna jika terjadi efek samping atau alergi terhadap obat yg diberikan.

5. Orang tua yg memiliki anak kecil, sebaiknya selalu mempelajari perihal batuk, demam, radang tenggorokan dan diare, ke-4 hal tersebut sering kali menjadi sumber kepanikan orang tua, sehingga harus menemui dokter dan meminta obat. Padahal , gejala2 tersebut bisa sembuh dgn sendirinya.

Salam.

Sumber : women’s health.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

24 responses »

  1. Salam Bunda…saya memang punya masalah dengan dokter. Bawaannya sungkan gitu…Lagian dokternya kalo ditanya suka rada-rada jutek. Mungkin ngerasa dianggap ga becus kali ya karena dibawelin sama pasien
    =====================================
    kalau cara kita bertanya yg baik, mungkin dia akan menjawab dgn baik dan sabar juga………….
    Salam.

  2. Zulhaq says:

    saya paling ribut deh kalo berurusan sama dokter, ya tanya inilah ya tanya itulah. yang bilang gini gitulah…pokoknya si dokter bisa stress hi hi hi…

    tapi gapapa, yang penting kan demi kebaikan dan proses penyembuhan yang cepat
    =================================
    juga bisa berarti kita sangat memperhatikan
    kesehatan kita sendiri,
    jadi, kalau bisa jgn sampai sakit ya Mas Zul………..
    Selalu sehat ya.
    Salam.

  3. Yep says:

    Terima kasih ya Bun ๐Ÿ™‚
    Tips yang sangat bermanfaat ๐Ÿ™‚
    ============================
    terima kasih juga Yep……………..:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  4. guskar says:

    dokter keluarga saya, kebetulan teman di waktu jaman kuliah dulu.. jd berkomunikasi ttg penyakit atau pengobatan saya lbh bebas..dan secara detil ia pun menjelaskannya.
    keluar ruangannya, kadang saya melihat ada pasien lain yg cemberut, jangan2 saya terlalu lama di ruang dokter๐Ÿ˜€
    =======================================
    kayaknya bener tuh Gus,pasien berikutnya pasti kesel deh…………..:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    enak nya kan kalau sama dokter keluarga/langganan, kita bisa lebih bebas
    mau ngobrol macem2 ttg penyakitnya ya Gus………
    Salam.

  5. Maaf nih Bunda, setahu saya bahwa dokter punya semacam kebijakan atau apa lah istilahnya bahwa ia tidak memberikan semua informasi yg diminta pasien dgn detail, mungkin krn alasan utk menjaga kestabilan dari si pasien itu sendiri. Misalnya saja akan berdampak kurang baik jika si pasien mengetahui dgn persis sakit yg dideritanya.

    Apa saya yg sok tau ya?๐Ÿ˜€
    =====================================
    kemungkinan seperti itu tetap saja ada,Mas.
    Kan dokternya yg lebih tahu persis keadaan fisik
    dan emosional si pasiennya.
    Salam.

  6. arifin says:

    wah… kebetulan saya termasuk dari manusia yang takut ke dokter. biasanya sich kalo saya sakit, saya obati dengan istirahat, minum air putih dan madu. kalo masih bandel saya cari obat herba.
    ======================================
    takut disuntik atau takut sama dokternya Mas ?
    tapi, memang kalau sudah cocok dgn obat2an herbal,
    ya lebih baik, krn tidak mengandung bahan kimia ya Mas.
    Salam.

  7. Hadi says:

    Tul bunda, daripada nyesel di kemudian hari soalnya saya juga pernah ngalamin dapet obat yg banyak padahal ga saya butuhin
    ===================================
    bisa belajar dr pengalaman ya Mas Hadi.
    Salam.

  8. Pakde Cholik says:

    Dengan tertatih-tatih saya sampai juga kemari ha..ha..ha..
    Seharusnya langkah2 itu yang dlakukan, namun adakalanya karena ingin cepat maka kita lalai. apalagi harus membuka buku atau internet untuk mengetahui penyakit kita atau keluarga kita.

    sayapun termasuk yang pasrah dengan keputusan dokter, resep langsung ditebus saja ha..ha..ha. saya yakin, doker adalah penolong sesuai sumpahnya.
    Terima kasih tipnya mbak.
    =======================================
    apalagi kalau dokter langganan keluarga ya PakDhe, tentu kita sudah yakin dengan beliau,
    namun bila dlm keadaan emergency tdk ada dokter langganan yg biasa menangani,
    kehati2an mungkin diperlukan juga ya PakDhe………
    Salam.

  9. menurut pendapat saya kenapa tulisan resep dokter itu ditulis dengan tulisan latin, karena selain merupakan kode etik dari profesi tersebut, juga untuk menghindari pasien yang mampu membaca (tanpa ada minta penjelasan ke dokter).. dikhawatirkan si pasien akan menggunakan obat dalam resep tersebut dengan sesuka hati (tanpa takaran dosis).. itu lah mengapa tulisan resep di tulis menggunakan huruf latin..

    kalaupun si pasien meminta penjelasan, diharapkan tenaga kesehatan (dokter/apoteker) mampu memberikan penjelasan trsebut….
    agar masyarakat Indonesia lebih maju..๐Ÿ˜‰
    ============================================
    semoga masukan ini bermanfaat,
    terima kasih atas masukannya ya Mas/Mbak ?
    Salam.

  10. abifasya says:

    Shilaturrahmi ba’da idul fitri neh sahabatku
    Apa Kabar ?
    Dah Lama aku tak Berkunjung
    Semoga Allah senantiasa melindungi Kita
    Salaaaaaaaaaaaaaaam
    ========================================
    Senangnyaaaaaaaaaa……………………:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Apa kabar Mas Abi……….???????
    Semoga selalu sehat ya,
    salam hangat utk keluarga.
    Salam.

  11. nakjaDimande says:

    benar bunda.. walau dalam keadaan lemah kita tetap harus kuat untuk meminta hak kita sebagai pasien.. terimakasih sharingnya ya bun..
    ===================================
    terima kasih Bundoku sayang………………
    maaf ya Bun, kalau ada kekurangannya ………..:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  12. Love4Live says:

    Alangkah baiknya jika di rumah tersedia buku DOI (Daftar Obat Indonesia).
    ==============================
    masukan yg bagus nih,
    namun jangan lantas berani mengobati diri sendiri lho……………..:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  13. sobatsehat says:

    boleh juga nih bunda……..memang begitu bunda harus jelas kita. jangan asal -asal aja
    ==============================
    jadi nggak enak nih sama Mas Putra…….
    maaf ya Mas, kalau ada kekurangan…………:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  14. kasian salah contoh satu pasien kritis sampai sekarang masih belum di closed kasusnya, ibu prita. Btw , tips nya bunda sangan bermanfaat sekali, salam
    ===============================
    terima kasih…….
    karena kehati2an diperlukan dimana saja Mbak……
    Salam.

  15. muamdisini says:

    Sip bunda..Karena artikel ini saya jadi ingat harus mencari keterangan tentang suatu penyakit..
    Googling dulu ah..
    Makasih bunda..
    ============================
    semoga bukan Mas Muam yg sakit ya………..:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  16. daniatiwi says:

    true….true….true……………..lebih banyak tahu, lebih nyaman.
    Lanjutkan!!!

  17. Badruz says:

    dokter juga variatif, ada yang memberikan nasehat ketika pasien tidak minta. ada juga dokter yang menjawab pertanyaan pasien dengan singkat, dll.

    saya pernah dengar sesuatu yang paling ditakuti dokter adalah diagnosa yang diucapkan. maka, betul kata bunda, rajinlah bertanya ketika jadi pasien.
    =================================
    dengan demikian kita sudah mempergunakan hak kita,
    lalu kerja sama dgn dokter akan lebih nyaman rasanya………
    Salam.

  18. NoRLaNd says:

    setuju setuju… dr pada entar kenapa2, baru nysel ato claim sesudah nya -_-a

  19. yusupman says:

    sebenernya setuju-setuju aja kl pasien bersikap kritis terhadap dokternya..tapi seringnya pasien tu kalah mental sama dokternya,kadang juga dokternya bersikap kurang bersahabat terhadap pasiennya,ya.. jadilah pasiennya tu penurut..soalnya kl kritis kadang jg di cuekin si pasien…
    ========================================
    itulah, makanya kita juga perlu tahu
    sedikit ttg kesehatan dgn browsing di internet,
    maka akan lumayan juga info yg didapat………
    Salam.

  20. pakacil says:

    benar sekali bunda, jadi pasien itu jangan asal terima dan asal he’eh aja. kalau bisa harus banyak tanya biar semuanya jelas. kalau dokternya gak suka ditanya-tanya dan bahkan (ada yang) sewot kalau ditanya, solusinya simpel, ganti dokter lain, dan sebarkan cerita ke orang-orang kalau dokternya itu gak enak dan gak direkomendasikan. setidaknya itu yg saya lakukan. whuihihihi… agak kejam ya bunda? tapi, dari pada suka gak bikin orang ngerti… salah dokternya sendiri. ๐Ÿ˜€
    ===================================
    kejam sih enggak juga Pakacil,
    kan niatnya agar orang lain yg sakit,
    mendapat perawatan yg semestinya ya……..
    Salam.

    • bunda, jaman sekarang harus jelas semuanya. baik itu diagnosa , hasil pemeriksaan dan obat serta terapi yang diberikan
      =====================================
      agar pasien juga dokter ,
      sama2 puas ya ………………
      Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s