Go to fullsize image

Wanita lajang memiliki ‘karakter khusus’ dalam mengelola keuangan. Mike R. Sutiknomanaging partner Mike Rini & Associates, mengidentifikasikan beberapa kesalahan wanita lajang dalam mengelola uang tersebut.

Berikut ini adalah Tips mengenal 10 ”kesalahan” wanita lajang tersebut:

1. Tidak Ada Komunikasi Finansial Selama Pacaran.


Banyak wanita merasa tabu membicarakan masalah keuangan ketika masih berpacaran. Umumya, mereka takut dianggap tidak romantis, atau malahan ” matre ”.  Menurut Mike, jika sebuah hubungan sudah serius dan sudah menuju ke pernikahan,  minimal wanita harus tahu penghasilan pasangan dan mulai memikirkan urusan pembagian tugas keuangan. Dengan begitu, ketika menikah wanita tidak lagi terkaget-kaget atau merasa tidak puas.

2. Tidak Menyiapkan Pensiun Sejak Dini.

Sebagian besar wanita lajang beranggapan bahwa mengelola keuangan adalah urusan wanita yang telah menikah. Mereka merasa belum perlu mengikuti asuransi atau berinvestasi.

Menabungpun dilakukan kalau masih ada sisa uang gaji, setelah dipotong berbagai tagihan dan biaya bersenang-senang.

Motto wanita lajang adalah santai dan menikmati hidup, mumpung belum punya tanggungan. Hal ini sangat disayangkan.

Banyak wanita lajang hanya memikirkan hari ini saja, padahal mereka akan menuai manfaat di hari tua, jika sudah memiliki pension plan yakni kemandirian finasial.

3. Investor Konservatif.

Dari hasil pengamatan Mike, wanita lebih suka bermain aman. Berinvestasi adalah sesuatu yang jarang ada dalam kamus mereka. Umumnya, wanita lajang memilih tabungan dan deposito karena tidak ada risiko kehilangan uang.

Padahal, sebenarnya banyak pilihan investasi yang profitnya bisa lebih besar dibanding menabung, meski risikonya lebih tinggi. Karena itu, wanita lajang harus lebih agresif dalam berinvestasi dan mulai paham bentuk dan risiko berbagai jenis investasi.

4. Sembarangan Menyimpan Dokumen Finansial dan Aset.


Go to fullsize image

Kebanyakan wanita lajang ceroboh mengumpulkan kuitansi penting, tagihan kartu kredit, polis asuransi, akta pembelian, hingga slip peminjaman.

Padahal, dokumen tersebut sangat diperlukan sebagai bukti jika sampai terjadi kekeliruan atau kecurangan dari pihak tertentu. Selain itu, mereka juga harus memiliki daftar kekayaan, asset yang dimiliki dan mengetahui posisi keberadaanya.

Untuk itu, simpanlah segala tagihan dan kuitansi pembayaran minimal selama sebulan, rajin mencetak buku tabungan dan menyimpan kuitansi yang berhubungan dengan dunia keuangan.

5. Membuka Rekening Bersama Ketika Pacaran.


Membuka rekening bersama sebaiknya dilaksanakan setelah menikah. Jadi, kalau sampai hubungan itu putus, tidak menimbulkan konflik.

6. Jor-Joran Pesta Pernikahan.

Siapa yang tidak menginginkan pesta pernikahan yang berkesan ?

Untuk mewujudkannya, tak jarang mereka rela mengeluarkan dana jor-joran yang melebihi kemampuan. Hidup yang sebenarnya justru dimulai setelah pernikahan.

Jangan mengandalkan angpao yang akan diperoleh. Setidaknya alokasikan dana untuk 3-6 bulan biaya kebutuhan setelah pesta pernikahan.

7. Belum Memiliki Prioritas Keuangan.


Harus diakui, wanita lajang sering merasa lebih santai. Mereka merasa belum memiliki kewajiban membayar pos-pos tertentu, seperti listrik, kebutuhan dapur atau uang sekolah anak, layaknya wanita menikah.

Tak heran bila  akhirnya mereka pun lebih santai dalam mengeluarkan uang. Sebaiknya dana untuk belanja bulanan baru bebas untuk dikeluarkan, setelah semua utang dan tagihan dibayarkan, termasuk tagihan kartu kredit, tagihan ponsel, dana tabungan, serta cicilan premi asuransi.

8. Menggabung Gaji dan Tabungan Di Satu Rekening.


Go to fullsize image

Jangan pernah menggabung gaji dengan tabungan di dalam satu rekening. Sebaiknya ada satu rekening khusus untuk tabungan.

Cara ini akan membuat tabungan aman karena tidak terjadi tumpang tindih yang mengakibatkan tabungan terpakai untuk hal-hal yang kurang penting.

9. Suka Menunda Membayar Tagihan.


Kebiasaan buruk ini bisa menuai kerugian karena menyebabkan tagihan makin menggunung. Belum lagi ditambah denda karena telat membayar.

Sebaiknya luangkan satu hari khusus di pekan pertama atau kedua setiap bulan untuk membayar semua tagihan. Kalau tidak mau repot, gunakan sistem autodebet atau lewat e-banking.

10. Besar Pasak Daripada Tiang.

Banyak wanita lajang lebih boros dalam mengunakan penghasilannya. Sepertinya kalau gaji belum habis, hati belum plong.

Gaya hidup wanita lajang memang cenderung lebih bebas dan belum terkendali.

Salam.

Gambar :Corbis.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

20 responses »

  1. makasi banyak infonya bun…
    sangat berguna ne…
    terkadang ketika pacaran yang dilihat yang maniz2nya aja…
    ================================
    lantas………………lupa dan yg tinggal hanya kekecewaan………:(😦😦
    Salam.

  2. muamdisini says:

    Beberapa catatan itu sepertinya bukan hanya utk wanita, tapi pria lajang juga harus belajar yah bunda..
    😉
    =====================================
    jadi, hampir sama saja ya Mas Muam,
    baik pria maupun wanita dlm mengelola hidupnya…….:)🙂
    Salam.

  3. tambahin satu lagi, bunda.

    menunda-nunda bersedekah…😀
    ================================
    benar sekali, terutama utk kita semua,
    baik pria maupun wanita
    Salam.

  4. Yep says:

    He…he….bisa dikatakan sifat buruk wanita lajang dalam mengelola uangnya ya bun ? 🙂
    =================================
    kurang lebih begitu Yep……..:)🙂🙂
    Salam.

  5. Zulhaq says:

    yang point 6 itu loh bundo, yang paaaling banyak terjadi
    menghabiskan puluhannya juta hanya untuk prosesi yang sebentar. tapi habis acara, bingung mau makan apa *geleng geleng*
    ==========================================
    Kalau Mas Zulhaq, bunda yakin pasti nggak kayak gitu ya………:D😀😀
    Salam.

  6. pakacil says:

    naaaaah… bener tuh, saya suka heran kalau ada teman yang nekad buka rekening bersama sebelum nikah, kayak yang sudah pasti saja dan kesan yg saya tangkap terlampau berlebihan.
    =======================================
    bener Pakacil, seolah2 sudah pasti ya,
    itu termasuk nekat ya …………..
    Salam.

  7. Point nomer 6 tuh Bunda yg sering luput dari perhatian, akhirnya setelah nikah malah banyak utang karena pemasukan angpao tidak balance hehehe…😀
    ===============================
    Betul, Mas.
    Padahal baru saja memulai hidup, masak sudah berhutang banyak ya………………
    Salam.

  8. Kakaakin says:

    Karena saya masih single, di rumah saya sayalah yang bertanggung jawab membayar tagihan2 ( sodara lain udah sibuk dengan keluarga masing2🙂 )dan biasanya saya membayar tagihan setiap tanggal 4. Setelah itu, baru bisa dengan tenang menggunakan sisa gaji untuk keperluan yang lain.
    =======================================
    Hebat sekali Kakaakin,
    semoga maksimal ya memanagenya…..
    Salam.

  9. bener banget bunda tipsnya, aku juga ngerasa getu, hiks emang semua harus hati hati dalam bersikap dan bertindak
    ==============================
    karena penyesalan selalu datang belakangan ya………..
    salam.

  10. KangBoed says:

    hihihihihihi.. so naiiiissss sooo goooooddd.. manstaaaaabbbbs
    ===============================
    salam damai dan kasih sayang KangBoed…………………
    Salam.

  11. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    =======================================
    I love You Fullllllllllllllllllllllllll………………..KangBoed……………………
    Salam

  12. omagus says:

    kayaknya berlaku juga nih buat lajang cowok..!

  13. Dhia says:

    Bunda pakabar..?
    info di tempat bunda neyh.. sangat guna deh buat aku..
    Bunda.. ada award di blog aku diambil ya..

    salam ku..
    ====================================
    Alhamdulillah, kabar baik, Mbak Emma.
    Mbak Ema juga selalu sehat kan ya…………:)🙂🙂
    terima kasih Mbak, telah sudi memberikan saya sebuah award,
    saya merasa sangat terhormat.
    saya segera akan kesana utk mengambilnya.
    Salam.

  14. Iksa says:

    ha ha ha musti ada catatan kecil … dalam hal perencanaan keuangan .. bukan dalam hal percintaan dll ya Bunda ..
    ===================================
    he………he………..::D😀😀
    agar tidak banyak kagetnya nanti, Pak Iksa.
    Salam.

  15. dasir says:

    Setuju bunda..trima kasih tips2nya bun,,
    ==============================
    terima kasih juga Mas Dasir,
    semoga bermanfaat…:D😀😀
    Salam.

  16. dasir says:

    numpang mampir,,pa kabar bun?
    ==========================
    Alhamdulillah, kabar baik Mas Dasir……….
    semoga Mas Dasir juga selalu sehat ya………….
    Salam.

  17. berdasarkan pengamatanku pada teman2 saya, ada satu lagi yang harus diperhatikan adalah

    KURANG BISA MENJAGA DIRI

    contoh yang paling jelas dari cara mereka berpakaian
    bunda setuju gak???
    ==================================
    Setuju, Mbak Febri
    wanita tdk ingin dilecehkan, tapi kadang dr
    cara berpakaian dan tindak tanduk mereka
    sendiri yg kadang mengundang pelecehan
    terhadap mereka ya Mbak.
    Salam.

  18. mengamankan posisi pertama

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s