Hampir setiap hari kita “memperkosa” mata kita untuk menatap berbagai obyek besar maupun kecil di komputer, televisi, dan tentunya ponsel.

Sadarkah Anda bahwa kebiasaan ini mengakibatkan kelelahan mata dan meningkatkan masalah mata yang berhubungan dengan usia. Misalnya, umur baru 30 tahun lebih, tetapi Anda sudah mulai kesulitan melihat obyek dekat.

Pandangan mata yang mulai menurun memang tidak dapat dihindarkan. Namun menurut Dr. Maoshing Ni, ahli kesehatan untuk kolom kesehatan di Yahoo!, Anda bisa melindungi kesehatan mata Anda dengan mengonsumsi bahan-bahan makan di bawah ini.

1. Jus seledri, peppermint, dan peterseli.

Obat-obatan tradisional China yang digunakan untuk menjernihkan penglihatan adalah jus yang dibuat dari daun seledri, daun pepermint, dan daun peterseli . Menurut penelitian, luteolin, antioksidan yang ditemukan dalam ketiga bahan ini, diketahui menyediakan perlindungan terbaik terhadap sel DNA dari radiasi.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa luteolin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi UV, dan glycation, suatu proses dimana molekul gula yang lengket mengikat protein yang potensial merusak retina.

Minum jus segar ini setiap hari untuk menjernihkan pandangan Anda.


2. Brokoli, labu, jagung, alpukat .


Ada banyak jenis bahan makanan yang menyehatkan mata.

Bayam, yang penuh kandungan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi retina dari degenerasi macular yang datang dengan bertambahnya usia.

Jangan lupa: lemak meningkatkan penyerapan lutein, jadi tumislah bayam menggunakan sedikit minyak zaitun.

Bila Anda sulit menemukan bahan-bahan makanan ini, makanlah alpukat. Para peneliti dari University of Ohio, seperti dikutip majalah Prevention, mengatakan, 43 gram alpukat dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap alfa-karoten hingga 8,3 kali lipat.

Jika memungkinkan, pilihlah alpukat mentega, karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh tunggal.

3. Banyak minum.


Banyak minum penting untuk fungsi penglihatan yang baik. Minum 8 gelas air putih setiap hari, seperti biasanya. Mengonsumsi air dengan perlahan namun rutin memberikan persediaan air secara konstan untuk melembabkan dan memberi gizi pada mata.

Salam.

Sumber : health today dan berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

14 responses »

  1. Masna Meisaroh says:

    terimakasih atas saran nya akan saya coba

  2. Resep tambahan nih, tapi ntar yg punya usaha optik sepi pembeli nih Bunda😀
    ============================
    he………….he…………:D😀😀😀
    ya jangan toh, kasihan Mas………………
    Salam.

  3. Yep says:

    Thanks Bun, btw rasanya jus seledri bagaimana ya ? 😦
    ===========================
    enak, Yep.
    rasanya gurih kok, bunda suka bikin, dicampur dgn bit atau paprika,
    Salam.

  4. Saka says:

    kalo sy banyak minum Bunda…. tapi minum kopi hihihihi…😆
    ===================================
    dan…………………merokok A Mild ya…………
    berdua sama Kang Cas, kemarin ini waktu mudik…………………
    Salam.

  5. Oelil says:

    haduuh..umur 30thn udah termasuk tua to bunda….wah gak nyadar aku ni….
    ================================
    yg penting kan, semangatnya terus muda Mas Oelil…………:D😀😀
    Salam.

  6. Rychan says:

    wah mesti bnyak minum neeh!!! biar mata lebih freshhhh ….thnks Bunda…😉
    ===============================
    Terima kasih, Mas Ry……….
    Semoga bermanfaat ya……………..:)🙂
    Salam.

  7. Zulhaq says:

    saya paling suka makan yang hijau2an bunda
    dan alhamdulillah, gak ada masalah dengan mata
    ======================================
    Alhamdulillah, semoga selalu sehat ya Mas……………..
    Salam.

  8. zipoer7 says:

    Salam Takzim
    Tuhan telah memberikan mata untuk melihat, mengapa engkau tidak rawat,
    Tuhan juga menitipkan pandangan untuk dilihat, mengapa engkau lupakan,
    Tuhan juga memberikan mata untuk membaca, bacalah sajian khusus menjaga mata bunda dontworry yang terbuat dari nutrisi alam, bukan nutrisi kimia.
    Salam Takzim Batavusqu
    ======================================
    ha…………ha………………kata2 puitis yg penuh sanjungan ,
    terima kasih banyak Mas……………( sipu2 dot com)
    Salam.

  9. casrudi says:

    Alhamdulillah sejauh ini mata saya masih dalam kadar normal… Tapi tidak menutup kemungkinan untuk selalu mengkonsumsi apa yang Bunda paparkan… Trims infonya Bunda… Semoga Bunda senantiasa di beri kesehatan oleh Alloh SWT…
    ===========================================
    Alhamdulillah, Kang Cas…………
    kalau bunda krn faktor usia , terpaksa tiap kali membaca atau ngeblog
    ya harus pakai kaca mata plus…………..
    Terima kasih utk doanya ya Kang………………..:)🙂🙂
    Kang Cas juga selalu sehat ya……………
    Salam.

  10. alamendah says:

    Terima kasih banyak atas informasinya. sangat penting buat kita2 yang sering berhadapan dengan layar kompi.
    Btw, ngeliat cewek termasuk nutrisi buat mata, gak ya?
    ================================
    nutrisi dari mata turun ke hati ya Mas………:)🙂
    Salam.

  11. sobatsehat says:

    nambah bunda, buah blue bery mungkin ya
    ================================
    terima kasih mas, utk tambahan masukannya.
    Salam.

  12. Badruz says:

    Minum air putih, untuk siapapun dan segala usia, segala penyakit. terutama bagi mereka para pecandu kopi dan teh. kpoi dan teh, ada juga manfaatnya yang saya lupa, tetapi kalau sampai menjadi pecandu dalam arti jarang sekali minum air putih, di hari tuanya mungkin rawan terserang penyakit. mudah2an tidak. salam,
    ====================================
    Air…….adalah sumber kehidupan..:)🙂🙂
    Salam.

  13. Iksa says:

    Bunda … bagaimana dengan nutrisi mata yang di mol-mol itu ha ha ha ….

    [banyak latihan menatap hijau-hijauan, pohon, daun-daun, sawah dll juga penting, sekalian melatih otot mata untuk lihat jauh dan fokus]
    =================================
    apalagi kalau pas laper, lihat pepes sekaligus bakmi.
    hmmm nyam nyam , bukan hanya mata yg dapat nutrisi ya Pak Iksa.
    Salam.

  14. Badruz says:

    Saya pernah mendengar yang juga bisa menyehatkan penglihatan kita. yaitu, ketika bangun tidur di pagi hari, sebelum cuci muka keluar rumah dan menatap hijau-hijauan, pohon, dedaunan yang hijau di depan rumah kita. enath kebenarannya secara medis. mitos kali ya…
    =================================
    Ya, Mas……sama dong,
    saya juga pernah mendengar ttg melihat yg hijau2 itu.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s