Jangan mandi malam, nanti bisa kena rematik. Kalau bisa hindari mandi malam, nanti sakit tulang.

Petuah-petuah itu kerap kita dengar. Berkembang anggapan di masyarakat mandi saat malam hari dapat menyebabkan rematik atau nyeri persendian, benarkah demikian?

Menurut Dr. Jony Sieman, SpKFR, Spesialis Rehabilitasi Medik dari RS Internasional Bintaro, secara medis mandi saat malam hari tidak menyebabkan nyeri pada persendian. Anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat semata.

” Berangkat dari pengalaman orang, kalau terpapar dengan temperatur dingin rasa nyeri akan bertambah. Padahal tidak begitu,” ujarnya disela Media Gathering, di RS. Internasional Bintaro.

Dr. Jony merasa heran anggapan tersebut dapat berkembang di masyarakat. Pasalnya hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan masyarakat yang tinggal di daerah kutub utara yang terkena nyeri tulang akibat temperatur yang dingin.

Ia mengatakan, nyeri pada tulang lebih disebabkan dengan gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga. Dan bagaimana ia menggunakan persendiannya.

Meski demikian, ujarnya, masyarakat mesti tetap memperhatikan kondisi badan saat mandi malam. Jika kondisi badan tidak dalam keadaan bagus, sebaiknya tidak mandi malam.

Ia menyarankan, saat mandi malam, perhatikan juga suhu air yang digunakan. Pasalnya, air yang terlalu dingin dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Tak ada salahnya menggunakan air hangat jika suhu air terlalu dingin. Jangan terlalu ekstrim suhunyaterang dia.

Ia mengatakan, suhu air yang dapat diterima tubuh maksimal berbeda lima derajat celcius dengan suhu tubuh.

” Suhu tubuh normal itu 36 derajat celcius, sehingga suhu air yang dapat diterima antara 29-30 derajat celcius,” kata beliau.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

13 responses »

  1. Yep says:

    He…he….thanks ya Bun….
    Selama ini percaya saja dengan mitos ini 🙂
    ===========================
    tapi, jangan lantas Yep mandi malam setiap hari…………..:D😀😀
    Salam.

  2. Saka says:

    sy juga sering mandi malem2 Bunda, apalagi kalo menjelang subuh😳 *abis ngapain tuuuuuhhhhh*😳
    ==================================
    jawabnya : ” tanayakan pd rumput yg bergoyang ……………”
    Salam

  3. casrudi says:

    Tuh kan engga bener kalo mandi malam itu bikin rematik, soalnya saya sering mandi malam Bun… Hehehe…

    Kunjungan malam buta Bunda, semoga sehat selalu…
    =======================================
    Dari pada nggak mandi ya Kang Cas……….:)🙂
    atau repot masak air panas dulu………..
    Kang Cas juga selalu sehat ya ,
    terima kasih doanya Kang………..:)🙂🙂
    Salam.

  4. Kakaakin says:

    Yah, kadang mitos membuat orang jadi tersugesti teramat sangad. Kalau mandi air hangat di malam hari memang bisa melemaskan otot2 yang lelah seharian, tapi semua memang tergantung kebiasaan seseorang. Kalo perlu air panasnya pake acara ngerebus air dulu…wah, ribet amat ya…
    ==================================
    yg paling enak, memang mandi sore2 saja ya Mbak………
    jadi nggak usah ribet pakai rebus air segala…………:D😀😀
    Salam.

  5. Zulhaq says:

    alhamdulillah saya gak suka mandi malam
    dari kecil. ibu selalu ngingetin masalah ini
    =================================
    lagi pula kalau di hutan kan nggak perlu mandi malam ya Mas Zulhaq………
    karena disana air nya pasti sejuk sekali ………….:)🙂🙂
    Salam.

  6. Oelil says:

    tapi kenapa ya…kalau desa dulu, mandi pagi yang dinginnya melebihi malam hari malah dibilang menyehatkan… mitos lagi nih bunda…
    ======================================
    kalau itu kurang tahu ya Mas Oelil,
    tapi saya pernah diberi tahu oleh guru mengaji,
    mandi sebelum subuh malah menyehatkan
    tubuh, jadi segar dan giat melakukan ibadah.
    Salam.

  7. Wandi thok says:

    Kalo di rumah saya makai air PAM bun, jadi meski mandi jam 10 ato jam 01 sekalipun alhamdulillah tidak apa-apa, karena nunggu air anget dulu.
    Kalo di kos sih, jangan tanya, mandi jam 06.30 pagi aja dinginnya amat, maklum di perbukitan.😆
    ==========================================
    Tapi……..nggak bikin Pak Guru terus ber ”pas foto ” ria kan…………:D😀😀
    Salam

  8. kyaine blog says:

    saya mandi paling sore jam 8 malam ha..ha.. lha pulang kantor sampai rumah sdh malam sih..
    tp alhmd sampai sekarang nggak punya riwayat sakit rematik bun..🙂
    ======================================
    Alhamdulillah, semoga Gus selalu sehat ya…….:)🙂
    Salam.

  9. Babesajabu says:

    Mungkin ini ada benarnya, tapi buat saya sebagai kuli, sudah pasti mandinya malam hari.
    ====================================
    Bunda malah jarang banget mandi malam,
    paling sore, ya , sesudah Asyar gitu, Be…………
    Salam.

  10. muamdisini says:

    asal jangan “mandi kembang tengah malam” yah bunda…
    hehehe..
    =========================================
    he…..he…..serem banget,
    yg pasti tuh masuk angin……………:D😀😀
    Salam.

  11. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kalau sedang camping di alam bebas yang dekat perkampungan dan tempat mandi umum-nya di sungai biasanya saya mandi malam-malam. Soalnya kalau siang rada malu
    ==========================================
    hati2 hanyut nanti Mas………………:)🙂 :0
    Salam.

  12. Asnaful says:

    Mungkin bagi seorang dengan kondisi kesehatan tertentu, mitos itu baru berlaku. itupun tidak perlu di percayainya. yang ada adalah logikanya, misalnya orang tua dulu menyarankan agar mandi jangan sampai waktu malam, karena tempat untuk mandi itu jaun dari rumah, sehingga gelap. mungkin, karena udaranya yang dingin bisa membuat flu, oalah….ini mitos juga ya.., salam.
    =============================================
    kalau ini nggak mitos ,Mbak,
    kan atas alasan kesehatan dan kemanan, saya rasa .
    Salam.

  13. Badruz says:

    di tempat saya malah ada mitos, kalau mandi malam setelah tengah malam antara pukul 1 hingga 3 pagi, akan menyehatkan badan, malah disarankan memakai air alami (sumur) saja, jangan dengan air hangat. waduh, emang penuh mitos ya bund. mitis rheumatik di tempat saya juga ada yaitu ketika mandi malam sesudah maghrib sampai pukul 12 malam. kedua-duanya, saya jarang sekali melakukannya. paling2 kalau ketanggungan baru pulang dari bepergian, mandi pada pul 20.00 dan mandi sebelum shubuh di waktu mensucikan diri dari hadats, kalau yang ini lebih karena kewajiaban. salam,
    ========================================
    Sepertinya memang membersihkan hadast, kapanpun lebih baik, tanpa memperhatikan waktu ya Mas,
    karena Allah senang pada yg bersih dan indah,
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s