Go to fullsize image

Banyak orang yang bangun tidur merasa lelah dan capek, mereka tak dapat menikmati tidurnya.

Mereka kurang tidur karena tidak tahu cara tidur yang benar.

Padahal, tidur yang kurang dan buruk kualitasnya bisa menimbulkan banyak penyakit. Lalu, yang belum banyak diketahui adalah tidur itu ternyata harus bermimpi.

Tidur mimpi ini rupanya punya kaitan dengan kecerdasan dan kemampuan berkonsentrasi. Bermimpi itu penting. Rugi kalau orang tidur tanpa mimpi. Demikian diungkapkan dr Andreas Arman Prasadja, RPSGT, ahli tidur dari RS Mitra Kemayoran, Jakarta.

Ada kalanya memang kita lupa pada mimpi yang terjadi saat tidur. Namun, tak sedikit orang yang mengingat dengan jelas mimpinya. Nah, kalau Anda mengingat mimpi Anda, cobalah catat.

” Ya sebagai bahan perenungan bagi kita. Selain juga berguna untuk pengembangan diri,” ujar dokter yang mendapat sertifikasi sleep technologist dari Sydney University ini.

Emosi terpendam.

Banyak seniman menghasilkan mahakarya dengan menuangkan isi mimpinya ke dalam tulisan, misalnya seperti Mary Shelley’s Frankenstein. Dari mimpi pula seseorang bisa mendapatkan inspirasi untuk menjawab permasalahan yang sedang dihadapi.

Mimpi adalah perjalanan alam bawah sadar manusia ketika sedang beristirahat. Mimpi juga menjadi manifestasi atas segala emosi yang tidak bisa keluar ketika seseorang dalam kondisi sadar.


Karena itu, sifat mimpi ini sangat personal. Freud percaya bahwa mimpi adalah saluran pengaman bagi emosi-emosi terpendam yang tidak dapat diekspresikan di saat terjaga.

Emosi atau perasaan-perasaan yang ditekan selama terjaga dapat dikeluarkan secara sehat lewat mimpi. Mimpi yang oleh banyak peneliti disebut sleep mentation, misalnya, berhubungan erat dengan emosi.

” Ini artinya kualitas mimpi dipengaruhi oleh keadaan emosi sebelum tidur,” ucap dr Ade, sapaannya.

Seseorang yang sedang cemas sering bermimpi buruk hingga mengganggu proses tidur dan terbangun di tengah malam. Seseorang yang sering bermimpi buruk belum tentu menderita depresi atau cemas berlebih. Bisa saja ini akibat hobinya menonton film horor.

Yang perlu diperhatikan, tekan dr Ade, apa yang terjadi dalam mimpi yang bersifat aneh dan tidak nyata. Namun, emosi yang terjadi sungguh-sungguh nyata. Contohnya, jika bermimpi bertemu kekasih, ketika bangun, hati Anda akan berbunga-bunga.


Sebaliknya, jika mimpi bertemu teroris, saat bangun, jantung masih berdebar-debar. Konsolidasi ingatan dari pemeriksaan tidur diketahui bahwa mimpi berasal dari bagian otak yang disebut pons yang berada di dasar otak.

Dari sana gelombang otak menyebar ke beberapa bagian otak. Yang menarik, dari pemeriksaan dijumpai bahwa bagian otak yang diaktifkan untuk mengerjakan suatu tugas selama terjaga diaktifkan kembali saat mimpi.

Ini artinya, tidur mimpi berperan dalam konsolidasi memori. Proses konsolidasi memori ini terjadi secara selektif selama tidur. Hobson dan rekan-rekan menyimpulkan bahwa tidur rapid eye movement (REM)β€”atau mata bergerak-gerak cepat dalam kondisi terpejamβ€”berperan dalam konsolidasi memori atau ingatan visual dan emosional.

Sementara tidur non-REM lebih pada pikiran-pikiran tanpa visualisasi. Guna mengetahui seseorang bermimpi atau tidak, dilakukan perekaman EEG saat tidur. Ketika subyek penelitian berada di fase tidur REM dan dia dibangunkan, umumnya ia akan ingat kalau sedang bermimpi.

Sementara itu, kalau seseorang dibangunkan pada tahap tidur lain, ingatannya tentang mimpi tidak begitu baik. Tidak seperti janin yang 100 persen tidurnya berada dalam fase REM maupun bayi baru lahir yang 50 persen tidurnya ada di fase REM, orang dewasa fase REM-nya hanya 20-25 persen.

Tidur di fase REM ini memang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi dan anak. Sebab di saat tidur, hormon pertumbuhan penting akan dikeluarkan. Fase REM juga penting bagi orang dewasa. Sedemikian pentingnya fase REM itu sehingga ketika seseorang sedang kurang tidur dan kemudian tidur, otak langsung masuk ke tahap tidur R, tanpa melewati arsitektur tidur semestinya.

Kondisi ini disebut SOREM atau sleep onset REM.

” Keadaan ini pula yang menjelaskan terjadinya sleep paralysis atau kelumpuhan saat tidur yang di Indonesia dikenal sebagai tindihan,” papar dr Ade.

Karena itu, kecukupan jumlah tidur harus terjaga. Bugar saat bangun Tidur yang bermutu ditandai rasa segar dan bugar ketika bangun. Jika yang terjadi sebaliknya, Anda merasa loyo saat bangun di pagi hari atau mengantuk seharian meski sudah merasa cukup tidur, itu menjadi pertanda bahwa tidur Anda tidak bermutu.

Cara untuk menilai tidur Anda cukup dan berkualitas atau tidak adalah dengan melihat kesehatan kulit. ” Orang yang tidur cukup dan berkualitas kulitnya lebih bagus karena proses regenerasi sel berjalan dengan baik,” ujar lulusan FK Universitas Atmajaya ini.


Daya tahan tubuh akan bekerja dengan baik dan meningkat bila kita cukup tidur. Rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 8 jam per hari. Kalau jumlah ini tidak dipenuhi, setiap kekurangan waktu tidur akan menjadi utang.

Namanya utang, tentu akan menjadi beban bagi tubuh. Untuk melunasinya bisa dengan menyiasati waktu tidur.

Salam.

Sumber: health today.

Gambar:shutterstock.com

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

14 responses »

  1. Oelil says:

    Haduh kok ya pas ya…kemarin dikampung ketemu…..( ehhm )…
    eh semalem mimpi ttg (ehhm) …ahhh…jadi pengen balik lagi ke kampung….wakakaka

    salam bunda
    ========================================
    Ehhm………:).ehhm…………:)…..memang
    kemarin waktu mudik, ketemu si…….ya……….Mas Oelil……….:) πŸ™‚
    Salam.

  2. Pakde Cholik says:

    Wah saya itu tiada tidur tanpa mimpi je mbak. Mesti mimpi kok, walau kadang lupa alur critanya. Paling sedih kalau mimpi naik pangkat, dapat uang sak kotak dan lain-lain2 yang enak, ternyata setelah bangun yaaaaa…hanya mimpi. Sebaliknya kita menjadi lega manakala kita mimpi buruk dan lalu terbangun. huh, kayak lelas dari penjara deh.
    Tapi yang paling nggak enak adalah mimpi pipis, rasanya pipis kok nggak ada habis2nya gitu loch.

    Salam hangat dari Surabaya
    ============================================
    Tapi…….nggak lantas jadi ngompol kan PakDhe………:D πŸ˜€ πŸ˜€
    khan malu, sama Bella…………….:D πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Salam.

  3. muamdisini says:

    sama dengan yang lain,,,dimana pun, kapan pun, kalo ngantuk saya gampang tertidur…

    oh iya, katanya kalo kita memimpikan seseorang. berarti orang tersebut sedang rindu dengan kita…benar begitu bunda?…
    =======================================
    ho….ho….Mas Muam sedang mimpi siapa sih ?
    bukankah kemarin sewaktu mudik dan lebaran, sudah bertemu semua
    yg dirindukan……………..? πŸ™‚ πŸ™‚
    Salam.

  4. agung says:

    mimpi itu memang indah..salam kenal ya bunda.
    ============================
    Salam kenal juga Mas Agung,
    terima kasih sudah menyempatkan mampir disini.
    Salam.

  5. nh18 says:

    Sleep Technologist ??

    Waw … ini pengetahuan baru bagi saya …

    Alam bawah sadar kita memang luar biasa sebetulnya …
    ada banyak yang bisa di eksplor …

    Salam saya Bunda …
    =================================
    Betul Mas,
    semakin maju ilmu pengetahuan
    yg makin menguak berbagai rahasia.
    Salam.

  6. dedekusn says:

    Betul bunda…
    Selamat Malam….
    Semoga mimpi Indah… πŸ™‚
    ==========================
    Amin, terima kasih Mas Dedekusn.
    Salam.

  7. yusupman says:

    tidur dgn mimpi meski mimpi yg sebentar namun bisa memberikan suatu respon otak pada memory atau daya ingat akan sesuatu yang pernah terekam,shg bisa sbg analisa bahwa kita masih punya kesadaran yang optimal.
    =====================================
    dalam keadaaan sedang tidurpun,
    ternyata ada beberapa bagian otak kita
    yg tidak pernah ikut tidur.
    Mereka terus bekerja, Subhanallah.
    Salam.

  8. Hary4n4 says:

    Saya tidurnya jarang..tapi sering mimpi… Dan mimpinya sering aneh2..seperti dunia lain dan keadaannya belum pernah saya ketahui sebelumnya… πŸ™‚
    Oh yaa, mumpung masih suasana lebaran..sekalian mau ngucapin..Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin…
    Met lebaran yaa Bunda, bersama Keluarga dan orang2 tercinta… Makasih banyak udah mampir ke tempat saya…
    Salam hangat dan damai selalu…
    ===========================================
    Sama2 Mas Hary4n4,
    saya pribadi dan keluarga juga mohon maaf
    lahir dan bathin ya.
    Salam hangat utk keluarga,
    semoga selalu sehat.
    Salam.

  9. sobatsehat says:

    semoga mimpi yang baik-baik ya bunda
    ==============================
    Amin, sama2 juga ya Mas .
    Salam.

  10. Indo Hijau says:

    satu hari satu malam cukup 4-5 jam saja bunda, kebanyakan lembur untuk menambah penghasilan demi keluarga πŸ˜†
    =======================================
    Alhamdulillah, semoga berkah ya Mas,amin.
    dan semoga selalu sehat.
    Salam hangat utk keluarga.
    Salam.

  11. Aldy says:

    8 Jam perhari ? kalau saya sama dengan cahbanjar bunda, paling lama saya tidur 4 jam, biasanya dimulai jam satu atau setengah dua malam dan paling lama jam 5 pagi sudah melek.
    =================================
    Nggak apa apa juga kok Mas Aldy,
    yg penting bangunnya tetap meraa segar.
    selalu sehat ya Mas.
    Salam.

  12. bocahbancar says:

    Wah minimal 8 Jam….

    Saya biasanya tidur hanya 3-5 jam sehari saja…
    atau kadang 5-7 jam sehari….
    Namun sangat jarang sekali tidur 8 jam…
    ==============================
    Gak apa apa juga kok Mas Jo,
    yg penting kan sewaktu bangun sudah merasa segar, tidak loyo.
    salam.

  13. kolojengking says:

    Saya mudah sekali tidur bunda… juga mudah mimpi. Namun sayangnya saya juga mudah lupa sama mimpi-mimpi saya… Jadi ya gak bisa dicatet… he.he.

    Salam,bunda. πŸ™‚
    ============================================
    Kalau nanti tidur Mas Kojeng, jangan lupa mimpi bawa pinsil,
    jadi bisa dicatat mimpinya, dan cerita ke bunda ya…… he……..he…….:) πŸ™‚ πŸ™‚
    Salam.

  14. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    Saya selalu nikmat jika tidur. Dimanapun dan kapanku. Termasuk di lapangan sekalipun.
    ==========================================
    Ha…….ha……….:D πŸ˜€ πŸ˜€
    sekarang sudah jadi raja pertamax ya Mas,
    Wah, kenikmatan yg patut disyukuri Mas.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s