Go to fullsize image

Hari Raya Idul Fitri kurang dari dua minggu lagi. Pesta hari raya umat muslim ini, lekat dirayakan dengan menghidangkan makanan dan minuman mewah yang lain dari hari-hari yang biasa.

Menanggapi hal ini, Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Dr. Epistel Simatupang mengingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan kendati tengah merayakan hari raya.

“Meski Idul Fitri tetapi jangan makan yang berlebihan. Tetap pada pola diet yang sehat,” ujar Epistel.

Saat Idul Fitri memang kerap menghidangkan makanan bersantan dan pedas, seperti opor ataupun rendang. Selain itu, juga banyak dihidangkan kue-kue dan minuman bersoda yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Menurut Epistel jika jenis makanan dan minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka akan memicu asam lambung berlebih dalam tubuh ataupun mengakibatkan stroke.

Karena itu, dia mengingatkan agar pintar memilih makanan dan tetap menghindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi dan berlemak.

“Perlu juga tetap konsumsi makanan berserat dan minum yang cukup untuk menjaga hidup sehat,” katanya.

Salam.

Sumber:health today.


About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

29 responses »

  1. Pakde Cholik says:

    Halo, ini khususnya untukanak-anak muda, jangan forget land alias lupa daratan lho ha..ha..ha.
    ” Bahwa sesungguhnya manusia yang makan nasi setelah menggasak lontong maka ia termasuk orang-orang yang merugi, karena masih ada siomay, karedok dan batagor yang enak-enak ”

    Makanan berserat itu seperti keset, handuk, kaos kaki dan sikat sepatu ya mbak ?
    Salam hangat dari Surabaya
    =====================================
    πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ :D:DπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  2. Babesajabu says:

    Wah, kalau makanan2 lezat udah di depan mata, susah juga ya…???
    ============================
    Jangan kalap dong Babe……………..:DπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  3. Batavusqu says:

    Langsung aja ya bun, mengenai hari yang satu ini ga kuat, disini disana makanan lezat-lezat, namun saya bisa ngerem bun, untuk menjadikan 7 perut satu mulut. Tetap seimbang deh pokonya
    Salam Takjim Batavusqu
    ==============================
    Salam takzim juga Mas,
    persiapan utk jangan ” kalap” melihat
    rendang dan opor ada dimana2..
    Salam.

  4. bibit m says:

    Wah … bukan soal ngabisin makanan yg enak2 itu Bun yg kupikirkan. Tp … bgmn caranya menghindar dari tamu / ajakan makan2 / traktir2 … demi berjuang agar puasaku yg 6 hari (Syawal) bisa segera lolos.
    ====================================
    harus berjuang lebih kuat lagi Mas Bibit…………
    kalau nggak bilang ke teman2 nya………….
    kalau makan2 banyak terus nanti kena marah bunda lho……………..:(😦😦
    Salam.

  5. Wandi thok says:

    Bener bunda Lily, jue selalu memperhatiken pola dan macem jenis makanan kalo pas idul fitri, karena itu ibarat musim pancaroba.πŸ˜†
    ===================================
    agar setelah lebaran, tetap sehat ya Pak Guru…………..
    Salam.

  6. KangBoed says:

    doooooh hidangannya enak buatan bundo memang enak banget deh
    ================================
    Silakan lho KangBoed……………….
    I love you fulllllllllllllllllllllllllllll……………………….Kang…………………….
    Salam.

  7. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  8. Yep says:

    Hi…hi…tapi suika ngak tahan Bun….. πŸ™‚
    =============================
    apalagi kalau opor + ketupat ya Yep…………..
    hmmmm…….yummy………….
    Salam.

  9. kolojengking says:

    Kalo lebaran paling susah nyari sayuran bunda… Biasanya seminggu setelahnya pasar baru buka. padahal orang rumah biasanya lupa nyetok makanan sehat untuk lebaran… He.he.

    Lebih sehat lagi kalo habis lebaran bisa puasa syawal bunda, dijamin ndak stroke.πŸ™‚

    Salam.πŸ™‚
    =======================================
    Benar Mas Kojeng, sayuran jadi barang langka……………
    Allah swt memang Maha Kaya , setelah puas2 makan di hari raya
    kita dipersilakan utk puasa enam utk menetralisir kembali……………..masyaAllah……..
    Salam.

  10. guskar says:

    di hari lebaran, biasanya sebagai ajang balas dendam makan ini-itu setelah sebulan sebelumnya menahan lapar dan haus… rasa2nya gemblengan iman selama sebulan penuh nggak berbekas sama sekali…
    jd saat lebaran nanti, kita menkonsumsi makanan/minuman secara wajar..πŸ™‚
    ================================
    padahal balas dendam kan nggak boleh, dosa ya Gus…………..
    semoga nanti hari raya ada hasil dr gemblengan ramadhan, amin……
    Salam.

  11. casrudi says:

    Cukup satu ketupat ukuran sedang + opor daging… Siap berangkat salat ied… Hehehehe…. (lagi puasa begini jd ngehayal yg enak-enak…πŸ˜€ )

    Selalu ya Bun, berhenti sebelum kenyang… Tapi kadang-kadang susah, kalau lagi enak suka keterusan sampe kenyaaang…πŸ™‚
    ===================================
    padahal waktu puasa bisa menahan nafsu,
    eh, begitu lebaran, kenapa jadi kalap ya Kang ??
    Salam.

  12. Gostav Adam says:

    Semuanya harus sesuai porsinya. Tidak berkebih dan juga tidak kurang. Apalagi pasca puasa, euforia untuk menikmati makan siang…Mari kita jaga perut ini

    mampir ke blog kami
    =========================================
    Betul Mas, Allah swt memang senang dgn yg sedang2 saja,
    tdk berlebihan juga tdk kekurangan…………..
    Salam.

  13. Rivanlee says:

    kalo di tempat saya sih bund , yang udah rutin makanannya ketupat sama opor ayam hhehee dimakan sebelum maaf2an sama sebelum mudikπŸ™‚
    =================================
    duuu….hhhh membayangkan nya jadi pengen……….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  14. RitaSusanti says:

    Iya betul sekali Bunda, meski kita sedang merayakan kemenangan tapi bukan berarti kita jadi lepas kendali. Harus tetap dijaga keseimbangan dalam menkonsumsi makanan.
    ======================================
    Apalagi kalau seperti orang kalap,
    nggak banget deh ya Mbak Rita………
    Salam.

  15. nh18 says:

    Bunda …
    Terima kasih atas warningnya …
    ini early warning nih …

    (dan aku pikir ini juga berlaku untuk Berbuka dan Makan Sahur ya …)(tidak boleh berlebihan …)
    ================================================
    Setuju Mas Enha………
    yg sedang2 saja , jangan kurang juga jangan berlebih.
    Salam.

  16. blogpopuler says:

    Hati-hati bagi pengidap darah tinggi, tar kolesterolnya naik πŸ™‚
    =============================
    kan bahaya ya Mas, bisa2 stroke……….
    Salam.

  17. Iklan Gratis says:

    Wah iya bener bundo, dulu waktu lebaran saya sering sekali makan yang belebihan, mungkin karena seneng. dan akhirnya perutsaya mules terus. abis puasa yang jarang makan, terus lebarannya makan penuh terus.
    makasih bundo infonya. jadi lebaran nanti bisa hati-hati hehe..
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    ==================================
    yang paling baik, memang yg sedang2 saja ya Mas…….
    tidak kurang tidak juga berlebihan.
    Salam.

  18. Saka says:

    hehehe… Agama kita juga tidak mengajarkan kita untuk berlebih2an BundaπŸ˜†
    ================================
    yang sedang2 saja ya Kang…………..
    Salam.

  19. Assalamu’alaikum………….Kunjungan balik bu dari SuryaπŸ˜€

    semoga kerasan main ketempat sayaπŸ˜€
    ==========================================
    Terima kasih banyak Mas Surya,
    saya senang sekali bertamu ke ”rumah” nya Mas Surya……….
    banyak ilmu yg bisa diambil disana………….
    tetaplah berbagi ilmu pada kita semua yg membutuhkan ya Mas…………..
    Salam.

  20. Hadi says:

    Diet waktu idul fitri, ga lah yau.. Kl saya mah sikat aja tapi jgn lupa puasa yg seminggu di bln syawal agar kita diumpamakan sprt shaum setahun penuh
    =====================================
    Betul juga sih, tapi kalau lebaran2 harus ke dokter, ya nggak mau akh……….:(😦😦
    Subhanallah, Maha Besar Allah , dgn adanya puasa enam, tubuh kita kembali
    di detoks dr racun2 makanan hari raya.
    Salam.

  21. Hadi says:

    Keduaxxxxx….nya puas, mantap. Xixixi
    ==============================
    wah, sukses ya Mas…………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  22. Hadi says:

    Ha ha ha pertamaxxxx lagixxxx

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s