Go to fullsize image

Alih-alih bahagia dan kembali segar, tak jarang sepulang liburan pikiran kembali kusut karena keuangan kacau selama liburan. Simak tips dibawah ini agar tidak tekor selama liburan.

Menabung.

Sebelum memutuskan berlibur, menabunglah jauh2 hari. Akan jauh lebih baik bila setiap bulan menyisihkan uang untuk dimasukkan dalam pos khusus untuk berlibur yang tidak bisa diutak-atik hingga saat berlibur tiba.

Paket Promo.

Bila memilih berlibur ke luar negeri, cari negara yang sedang mengadakan promo atau diskon untuk produknya. Anda bisa menanyakannya kepada agen-agen perjalanan.

Pada musim liburan ini, yang sedang mengadakan promo adalah Singapura, Malaysia, dan Hongkong. Sedangkan negara-negara Eropa biasanya berpromo menjelang musim dingin.

Bisa diibaratkan, potongan harga tersebut bisa untuk menambah dana oleh-oleh atau tiket. Kalau sedang tidak ada tawaran diskon, terkadang harganya tidak jauh berbeda dibanding Indonesia.

Rencana Matang.

Tentukan dengan matang negara, kota, atau tempat wisata mana saja yang akan dituju, lalu sesuaikan dengan lamanya waktu berlibur. Buat daftar tempat-tempat yang akan didatangi, dan kunjungi sesuai skala prioritas.

Untuk mengirit tenaga, biaya, dan waktu, tempat2 yang searah lokasinya bisa dikunjungi dalam satu waktu. Dari perencanaan ini bisa diketahui alat transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat tersebut dan biaya yang harus dikeluarkan.

Dana Harian.

Buat bujet harian selama berlibur, termasuk biaya menginap, makan, transportasi di tempat tujuan dan oleh-oleh.

Bila Bersama si Kecil.

Cek lebih dulu apakah di kota yang akan dikunjungi tersedia makanan atau perlengkapan yang biasa dipakai si buah hati. Kalau memang tersedia, tidak perlu repot terlalu banyak membawa makanannya, karena justru akan memberatkan barang bawaan sebelum ditambahi oleh-oleh. Malah, bukan tidak mungkin di sana harganya jauh lebih mahal dari kota Anda.

Berbekal Peta.

Sesampai di kota tujuan, jangan lupa membeli peta. Di situ biasanya tertera alat transportasi apa saja yang bisa mengantar ke tempat-tempat wisata lokal.

Tiket Terusan.

Saat berlibur ke luar negeri dan berencana menginap di sebuah kota agak lama, akan lebih praktis bila membeli tiket terusan yang berlaku untuk beberapa alat transportasi sekaligus, misalnya kereta dan bus.

Cara seperti ini terdapat antara lain di Hong Kong, Singapura dan Australia, dan bisa dibeli di kantor pos setempat. Bila kita menyewa mobil untuk jalan-jalan, tiket tol terusan juga bisa dibeli di kantor pos.

Naik Taxi.

Bila pergi beramai-ramai, terkadang naik taksi untuk menuju suatu tempat lebih murah dibanding naik bus atau kereta.

Manfaatkan Sarapan.

Manfaatkan sarapan pagi bila disediakan hotel, dan makanlah sampai kenyang, terutama saat berlibur ke negara-negara Eropa. Sebab, biaya makan di sana sangat mahal bila dibandingkan dengan Indonesia.

Makan Murah.

Hindari sering makan di hotel, karena harganya lebih mahal dibanding makan di luar.

Oleh-oleh Murah.

Internet banyak menyediakan informasi belanja murah.Untuk barang yang sama persis, harganya bisa berbeda di tempat belanja yang berlainan pula.

Di Melbourne misalnya, jauh lebih murah bila membeli oleh-oleh di Queen Victoria Market dibanding di mal atau bandara.

Oleh-oleh Seperlunya.

Untuk menghindari pembelian barang dalam jumlah berlebih , catat semua nama anggota keluarga atau teman yang akan diberi oleh-oleh. Lalu, catat pula oleh-oleh yang sudah dibeli untuk mereka, sehingga orang yang sama tidak mendapat oleh-oleh bertumpuk2.

Jangan Kalap.

Beban bagasi Anda di pesawat yang terlampaui karena banyaknya barang yang dibawa saat pulang, hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang untuk membayar mahal kelebihannya.

Buang Kardus.

Bila membeli barang dalam kotak besar, tinggalkan kardus pembungkusnya. Barang dalam ukuran terlalu besar tidak boleh masuk bagasi pesawat.

Bentuk koper yang menggembung karena terlalu banyak muatan juga akan membuat petugas bandara di luar negeri memaksa Anda menata ulang isi koper di bandara. Repot, kan?

Siapkan Dana Cadangan.

Go to fullsize image

Setidaknya 20 persen dari anggaran yang sudah ditentukan untuk menghadapi hal-hal di luar dugaan. Misalnya membayar kelebihan beban di bagasi pesawat, pembelian oleh-oleh yang jumlah atau harganya membengkak dari anggaran.

Tunai Lebih Baik.

Sebisa mungkin gunakan uang tunai untuk membayar semua pengeluaran. Terutama bila berlibur ke luar negeri, karena di sana Anda dikenai bunga tinggi bila menggunakan kartu kredit.

Bawa Kartu Kredit.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan, misalnya mendadak harus berobat ke rumah sakit.

Kapan Boleh Boros.

Bila dana liburan masih tersisa, sementara waktu berlibur sudah hampir berakhir. Anda bisa membelanjakannya lagi untuk menambah jumlah oleh-oleh untuk orang-orang tercinta.

Selamat berlibur.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. Yep says:

    Thanks tipsnya Bunda….
    Selamat Berencana Berlibur ya ? (he…he…rencana berlibur ada ucapannya juga ya Bun ๐Ÿ™‚ )
    ================================
    he……….he………..ada dong,
    khusus dari Yep utk Bunda…………
    terima kasih……………:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  2. muamdisini says:

    ah..saya lebih memilih berlibur mengunjungi ayah dan bunda saja, selain lebih murah sekalian melepas rindu dengan orang-orang tersayang….

    salam ceria selalu bunda…
    ====================================
    dan…………..pastimya juga makanan nya pasti enak2 ya Mas Muam,
    karena yg masak ibu sendiri………….
    hiks…jadi rindu masakan ibu……….
    Salam.

  3. yani says:

    bunda, cocok banget tips no 1, 3, 4 dan 6 buat aku, karena itu yg sering kulakukan untuk jalan2 di Korea. ttg oleh2 siy belum kepikiran, krn di sini masih lama belajarnya, hehe…
    ========================================
    duuuuuuuuu…….hhhhh senangnya Mbak Yani……….
    bisa bahasa korea dong ya…………:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  4. blogpopuler says:

    Saya kerja jauh dipedalaman dan jauh dari kota.Kalau berlibur atau cuti kedalam kota (kebalikannya) ibarat “orang kampung” masuk kota, semua mau dibeli hehehehe…
    Tip ini sangat membantu untuk mengurangi keborosan,Trims bunda
    =====================================
    Tapi…..nggak sampai ” kalap ” kan Mas………..:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Salam.

  5. Pakde Cholik says:

    Sip dan kumplit tipnya. Saya belum pernah je piknik ke luar negeri yang mbayar sendiri. Pengin yang trip ke negeri dekat-dekat saja, tapi kok malah ingin kembali ke Makkah-umrah ya mbak.

    Sewaktu di Honolulu ada teman yang menyarankan saya untuk mengunjungi stand PKL dekat stadion olahraga, kalau nggak salah mereka menyebutnya Flea Market. Benar, disitu harganya lebih murah dibanding di toko, walau T-Shirt baru2.

    Ketika di Tokyo kai juga makan mi di warung tenda karena di hotel mahal. Dinegeri Sakura ini taxi juga minta ampun mahalnya.
    =====================================
    Waa….hhhh memang jepang itu yg paling mahal deh PakDhe…….
    lagipula, kalau ada uangnya ,
    saya sama dengan PakDhe,
    pengennya ya ke Mekkah lagi…………..rinduuuuuuuuuuuuu…pd Rumah Allah.
    Salam.

    Salam hangat dari Surabaya

  6. KangBoed says:

    mampir subuh bundo
    =====================
    I love you fulllllllllllllllll………………..KangBoed………….
    Salam.

  7. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllll

  8. Babesajabu says:

    Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia. Hasil kerja setahun, habis dalam sebulan….Tips nya Bunda akan sangat membantu buat para pemudik…
    ====================================
    dan……..tradisi unik ini hanya ada di negeri kita……………….:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  9. Babesajabu says:

    Wah, mau nabung tapi udah telat nih…keburu gak ya nabung sebelum lebaran….???
    =================================
    Keburu kok Babe……………..
    mulai sekarang sahur dan buka puasanya
    cukup dgn air putih dan kurma seperti Rasulullah……………….:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  10. hadi says:

    Kalau mudik lebaran tips ini kurang pas bunda, lha wong harga2 tiket semua kendaraan melambung. Jadi nambah lagi khan ongkosnya…….
    ==================================
    kan dari jauh2 hari pesan/belinya Mas Hadi……………..:)๐Ÿ™‚
    Salam.

    • Babesajabu says:

      Hehehehe, kalau gitu mudiknya sebulan sebelum lebaran aja, kan murah tuh ongkosnya….Wakakakakkkk….
      ====================================
      Mudiknya kemana tuh Babe……………….?????:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      Salam.

  11. hadi says:

    Aku juga mau nabung dulu ah, biar sampe jalan2nya…….
    =============================
    kalau sudah cukup,
    ajak2 bunda ya………………………..:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Salam.

  12. adirossi says:

    Tips yang mantap bunda, biasanya biaya mudik habis untuk transport, konsumsi, oleh2 dan jalan2 di kampung๐Ÿ˜€
    ======================================
    Mungkin seninya disitu ya Mas Adi,
    karena tradisi mudik hanya ada di negeri kita, uniknya………………:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

  13. zipoer7 says:

    Salam Takjim Bunda
    Wah terima kasih mengingatkan, pesan sederhana tapi jitu agar perjalanan pulang kampung menjelang hari raya dapat diperketat anggarannya, dan lebih mencari manfaat ketimbang mudorat.
    Salam Takjim Batavusqu
    ===================================
    Salam takzim juga Mas,
    semoga tips ini bermanfaat.
    Salam.

  14. sakurata says:

    Waduh..point bawalah kartu kredit nggak membahayakan itu Bund? Kan kalo lupa daratan dalam hal belanja bisa berabe bayarnya, hehehe…
    Lebaran tahun ini malah bagus kalo dilihat dari tanggalnya, karena belum gajian, otomatis akan ngirit:mrgreen:
    =====================================
    Makanya jangan kalap kalau belanja Mas Sakura,………:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    jadi kartu kredit hanya digunakan utk keperluan yg benar2 mendadak, misalnya
    harus masuk rumah sakit, atau terpaksa membayar kelebihan bagasi.
    Salam.

  15. Iklan Gratis says:

    wah .. tipsnya ok banget nih .. lengkap buenerr ..
    jadi pulang jalan2 gak mumet karena dah tongpes ..

    Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    ===================================
    terima kasih Mas,
    semoga manfaat ya………..
    Salam.

  16. ~noe~ says:

    diriku punya temen dari singapura. kebiasaan menabung untuk plesir sudah menjadi budaya di sana. mungkin sebagai bagian masyarakat yang sekuler, orientasi dia hanyalah bersenang-senang setelah capek mengumpulkan duit.
    ====================================
    Memang umumnya orang2 luar negeri, selalu
    menyisihkan uang utk ditabung agar nanti benar2
    menikmati liburannya.
    Salam.

  17. yusupman says:

    Tips yang sangat mengena sekali..tapi…. tipsnya udah ada komplit,..tinggal berliburnya nich bunda yg gk kesampaian
    ==================================
    nanti satu saat pasti bisa Mas,
    nabung dulu ya……………..lalu berdoa…………..:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s