Go to fullsize image

Pernahkah Anda mengeluh pusing setelah kembali dari acara makan-makan, entah setelah menikmati sate kambing, atau barbekyu ?

Mendadak kepala senut-senut, padahal udara tak begitu panas, atau tidur Anda cukup ? Betulkah makanan yang menjadi penyebabnya ? Sebab Anda merasa tak terlalu sering menikmati makanan berdaging seperti ini; pada hari-hari biasa Anda cenderung makan lebih sehat.

Para ahli berpendapat, kemungkinan orang mengalami sakit kepala akibat beberapa makanan tertentu.

Buah sitrus bisa saja memicu sakit kepala, karena orang yang mengonsumsinya mungkin kekurangan enzim. Enzim ini diperlukan untuk menetralisasi amina di dalam makanan. Bila makanan yang dinikmati memiliki kadar amina yang tinggi namun tanpa enzim, saat itulah sakit kepala mulai terjadi.

Ada pula teori baru yang menunjukkan bahwa ketika kita ngidam makanan tertentu (tentu bukan saat sedang hamil), saat itu tubuh sedang memberikan sinyal akan datangnya migrain.

Migrain jenis ini sebenarnya dapat diprediksi sebelumnya, karena mengonsumsi makanan tersebut mungkin tidak memicu rasa sakit setiap waktu. Makanan tersebut juga dapat bekerja sama dengan pemicu lain (seperti stres) yang bisa berimbas ke migrain.

Melihat begitu banyaknya pilihan makanan di sekitar kita, mungkin ada baiknya kita mulai memperhatikan apa saja yang masuk ke mulut kita. Catat bagaimana makanan tertentu mempengaruhi tubuh, sehingga lain waktu Anda bisa menghindarkan sakit kepala.

Inilah makanan yang dianggap menjadi penyebab sakit kepala:

1. Keju yg sudah tua,

dan keju yang mengandung tyramine, substansi alami yang terbentuk ketika usia makanan bertambah. Kadar tyramine yang tinggi telah terbukti dapat menyebabkan hipertensi.

Keju dalam berbagai rupa, seperti blue cheese, brie, cheddar, Stilton, feta, gorgonzola, mozzarella, muenster, Parmesan, Swiss, dan keju-keju lain yang telah diproses seringkali mengandung tyramine yang tinggi.

2. Makanan yg dikalengkan,

Go to fullsize image

atau diproses, yang tinggi kadar tyramine-nya. Bila Anda tak begitu ingat apa yang telah Anda makan sebelumnya, cobalah mengingat bagaimana reaksi tubuh Anda jika Anda makan acar, buah zaitun, dan sup kalengan. Kacang-kacangan juga bisa mengandung tyramine yang memicu sakit kepala, khususnya fava, pinto, garbanzo, dan buncis.

3. Alkohol,

yang dapat mendorong sakit kepala ketika dicerna di dalam tubuh. Beri perhatian lebih saat Anda menikmati anggur merah, bir, wiski, dan sampanye. Jenis minuman inilah yang diidentifikasi sebagai pemicu sakit kepala.

4. Masih banyak jenis makanan yg dapat menimbulkan sakit kepala dan migrain.

Anda mungkin tak akan menyangka, karena ternyata selai kacang, keripik kentang, pizza, buah-buahan segar seperti kiwi, persik, dan rasberi, roti dan biskuit, adalah beberapa di antaranya.

Salam.

Sumber:shine

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

21 responses »

  1. hudaesce says:

    Alahamdulilah……,dapet tips gratis dari bunda, langsung dilaksanakan deh Bun 🙂

  2. Daun says:

    Saya punya pengalaman lain bunda klo minum minuman yg mengandung soda langsung kepala saya pusing karna lambung saya memang sudah tidak sehat makanya saya selalu menghindari meminumnya

    sama dong dgn bunda,
    paling gak bisa minum minuman bersoda,
    krn memang dah ada gangguan lambung juga😦
    kita minum air putih dan teh aja yuk…🙂
    salam

  3. dafiDRiau says:

    Baru kali ini Biji Jarak bisa dimakan Pakde..???

  4. joomlatutor says:

    waduhhh…. berarti saya harus kerja keras nij mengubah pola makan. trims ya infonya
    =========================================
    Memang kadang aroma makanan yg
    membangkitkan selera, agak susah utk ditolak ya, Mas.
    Salam

  5. RumahBelanja says:

    kalo aku lebih suka makanan tradisional
    lebih segar dan sehat
    ==============================
    betul sekali, kita memakannya juga senang dan tenang ya……….
    Salam

  6. bibit m says:

    Keju aq tak suka, makanan kaleng .. kalengnya tak pernah kumakan. Klo alkohol .. say god bye! Lha klo buah2an apa yg aman? Masak cuma buah mengkudu yg aman Bun?!
    ===============================
    masih, banyak kok Mas Bibit,
    pepaya, semangka, melon dll……:D😀😀
    Salam

  7. Babesajabu says:

    Wow, boleh juga nih infonya. Makasih ya, Bunada…! Makanan jaman sekarang memang udah mulai aneh-aneh, terbukti dari munculnya berbagai macam penyakit yang selama ini tidak pernah ada…
    ===========================
    Kalau makanan ibu kita, sehat semua ya Babe……….:)🙂
    Salam.

  8. perigitua says:

    haddiirrr….
    malam2 mengunjungi sahabat tersayang… Apa kabar sahabat? smoga bahagia selalu menyertaimu….

    Bun…, kalo senut2 gara makanan belum pernah, tapi kl abiss makan jadi kliyengan bin pucat pasi pernah…

    ceritanya waktu itu abiss gajian biasa… nyenengin diri dgn jalan2 sekeluarga… makan di resto, pass beres makan en mo bayar, buka dompet, hayah… tinggal uang 20 rb yang nyisa, di dompet inno, ternyata dompetnya baru dibuat mainan afra trus ditumpahin itu isinya.. sedangkan dompetku pun tak beda jauh jadi korban kejahilannya afra hehehe… untung aja resto itu nerima kartu kredit krn cuma kartu itu satu2nya yang tersisa di dompetku en inno, hehehe… slamet..slamet…!

    cu…
    ===============================
    Duuu……hh Mas Fazaaaaaa……….
    sangkain krn darting nya kambuh……….
    ternyata………….:(😦
    tapi, nggak tahu kan………..???
    kalau sama Afra dititipin ke eyang bunda , uangnya…………..:D😀
    Salam.

  9. bri says:

    __ooh iabundo..indomie rebus termasuk gak??bri jd sering__
    ___migran abs mkn indomie…..semangaat..ciaat hahay___
    ========================
    sepertinya termasuk tuh Bri,
    karena mereka menggunakan pengawet utk mie dan bumbunya
    yg berlebihan kandungan garamnya………..
    kalau sekali2 sih, kayaknya gak apa apa…….bunda juga suka makan mie……….:D😀😀
    Salam.

  10. KangBoed says:

    ma kasih atas infonya bundo
    ========================
    I love You fulllllllllllllllllll……….KangBoed……………….
    Salam.

  11. Patahati says:

    baru tau nih maknan bisa ngaruhi kepala, sering juga ngalamin tapi gak pernah nyangka karena ngaruh makanan, main embat aja…heee…salam kenal aja.
    ==================================
    Salam kenal juga,
    terima kasih sudah menyempatkan berkunjung kesini……….
    Salam.

  12. casrudi says:

    Ini dia yg sering saya derita Bun, setelah makan makanan yang terlalu manis, misalnya brownies, kepala rasanya cenut2 seketika… makan daging kambing juga kalau berlebih efeknya ke kepala… jadi penyebabnya kadar amina yang tinggi?… atau memang bawaan kurang tidur?… Makasih infonya Bun…

    Selamat jelang buka puasa… di jakarta 15 menit lg lho… hehehe…

    Salam
    ==================================
    Kayaknya memang gitu Kang………….
    habisnya makan brownies + sate, yg enak2 bunda nggak diajak sih………..hiks, jadi ngiler………
    Selamat berbuka puasa Kang………
    jakarta sama tangerang sama kan ya waktu berbukanya…………..
    Salam.

  13. Pakde Cholik says:

    Saya pernah makan makanan yang bikin cenut-cenut

    1. Waktu SD, tahun 1960an, saya makan biji jarak di kuburan, enak, tapi habis itu muntah2. Kata orang kampung, itu namanya mendem alis mabuk.

    2. Tahun 2008-Desember , saya makan dengan lauk ikan, ternyata ikan itu bikin saya dan anak saya pusing dan muntah2. Mungkin ikannya sudah kadaluarsa.

    Jadi kita mesti hati2 ya mbak menyantap makanan.
    Makasih infonya.
    Salam dari Surabaya
    ==================================
    Cocok PakDhe…………
    ternyata sudah halal belum tentu juga menyehatkan ya……….
    jadi harus yg halal thoyiban ya PakDhe…………
    Salam.

  14. muamdisini says:

    ups…makanan terakhir yang sering saya konsumsi..
    ===================
    kalau begitu, mulai dikurangi ya Mas………..
    Salam.

  15. Oelil says:

    wah pernah dulu “pertama” kali mana burger…
    rasanya aneh…kepala jadi aneh…perut juga aneh…
    ==============================
    Memang perut kita cocoknya
    hanya makanan yg sehat2 Mas…………:)🙂🙂
    Salam.

  16. Rachel says:

    Informasi yang bermanfaat. Untuk lain kali saya bisa mengurangi makanan yang disebut diatas.
    Berkunjung dan salam kenal sahabat,

    salam
    ===========================
    Salam kenal juga………….
    terima kasih sudah berkujung……….
    besok2 datang lagi ya……………..:D😀😀
    Salam.

  17. Abdi Jaya says:

    untungnya tinggal di pinggiran, dekat-dekat kampung, makanannya masih alami😀
    ==========================
    Wah, bikin iri Bang………..
    Selalu sehat ya Bang Jaya……………
    Salam.

  18. Zulhaq says:

    kalo saya, gak ada masalah sih dengan makanan. dan belum pernah mengalami pusing karena makanan. pusingnya kalo telat makan aja he2. dan palingan karena minuman yang terlalu dingin, tiba2 kepala nyut2 tuh….

    selamat menunaikan ibadah puasa bunda🙂
    ==================================
    Tetapi……………….kenapa kok turun terus berat badannya Mas………..
    bunda pingin turun berat badan, kok malah jadi ” kelas berat” …………….:D😀😀
    Selamat berpuasa juga Mas Zulhaq……………
    Salam.

  19. kawanlama95 says:

    kalo sakit kepala setelah makan itu dinamakan:
    Chiness restoran syendroom.artikelnya selalu bagus bu
    ===========================
    Kenapa ya di bilang begitu…???
    padahal kalau habis makan cap cay, nggak pusing tuh…………
    Salam.

  20. blogpopuler says:

    Seringkali tanpa disadari kita mengkomsumsi jenis2 makanan tersebut.Kayak susah juga sih mau menghindar.Nice Info ,Bunda.
    ============================
    karena terbiasa, lama2 jadi ketagihan
    makanan yg kurang sehat………………
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s