Go to fullsize image

Orang-orang berdaya ingat kuat memiliki beberapa kebiasaan yang tidak akan mereka lewatkan tiap harinya. Melatih kebiasaan itu mungkin bisa membuat Anda menjadi salah satu dari mereka yang berdaya ingat kuat.

Melindungi dan meningkatkan kemampuan otak sangatlah mudah. Cukup melatih beberapa kebiasaan kecil dan ubah pola hidup yang tidak baik. Otak akan tetap hidup bahkan meningkat kemampuannya jika terus dilatih dan digunakan.

Sebuah survei online dilakukan oleh para peneliti Australia terhadap 29.500 orang responden yang telah diseleksi dan termasuk kategori orang-orang yang memiliki daya ingat kuat.

Para responden sebelumya menjalani beberapa tes ingatan seperti mengingat kejadian-kejadian 1, 5 atau 20 tahun yang lalu, menghafal daftar belanja, mengingat wajah orang, nama-namanya serta pekerjaannya masing-masing.

Peneliti juga menganalisis pola hidup dan pola makannya sehari-hari. Akhirnya setelah melakukan beberapa analisis, para peneliti mengetahui dan menyimpulkan 7 kebiasaan orang2 yg berdaya ingat kuat.

Go to fullsize image

Dikutip dariΒ Prevention, ini dia 7 kebiasaan sederhana mereka yang berdaya ingat kuat yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan otak.

1. Tidak mengonsumsi alkohol


Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman2 beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

2. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya.


Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan2 yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.

3. Sering membaca novel.


Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.

4. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data.


Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung2kan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

5. Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan.


Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

6. Meminum teh atau kopi.


Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun konsumsi yang berlebihan, terutama kopi bisa berakibat fatal. Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.

7. Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil.

Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, maka kita dapat melihatnya kembali ketika lupa. Mencatat juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20 persen.

Salam.

Sumber:detikhealth.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

16 responses »

  1. bibit m says:

    Bunda utang padaku … aq ingat! Aq punya utang pada Bunda … aq lupa!
    =============================
    Kok, bisa sama ya kita……..he……….he…:DπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  2. Babesajabu says:

    Mantaps….Info nya benar2 bermutu. makasih atas info nya, Bunda…
    ==============================
    Alhamdulillah, semoga manfaat ya Babe………….:D :
    Salam.

  3. perigitua says:

    haddiirrr….
    malam2 mengunjungi sahabat tersayang… Apa kabar sahabat? smoga bahagia selalu menyertaimu….

    hhmmm…. bun, baru kali ini kriteria bunda nyaris semua masuk pada diriku kqkqkkqkq…. bahagia betul rasanya…πŸ™‚
    cuma no. 2 yg nggak… trus baca novel dulu sering… sekarang lebih suka buku2 yg rada2 beratan dikit… kecuali kopinghoo jalan teruss….
    tapi kok ingetanku biasa2 aja ya bun…

    cu……..
    ==============================
    Lho, pasti ingatan nya Mas Faza kuat…..
    tuh buktinya……………masih ingat sama bunda………..:)πŸ™‚
    dulu bunda juga suka tuh baca kho ping ho……
    tapi sekarang sudah lupa2 ingat ceritanya, malah banyak lupanya………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  4. nakjaDimande says:

    Bundaaa.. gawat! tak satupun dari 7 hal diatas yang aku lakukan..πŸ˜€
    klo rajin baca tips dari bunda gimana? cukup membantu daya ingat aku lho bun, terimakasih atas semua tips bunda selama ini..
    =========================
    he………..he………Bundo ku sayang……..
    yg penting masih ingat BW kesini………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  5. bri says:

    __bun bun artikelnya bgs..nanti bri mainlagih…__
    __oia kalau org yg menggunakan otak kananya gimana??__
    __kan sedikit menggunakan logikanya bundo??__
    ================================
    Terima kasih,Bri………
    Bri bisa baca di salah satu tulisan bunda disini
    Salam.

  6. KangBoed says:

    Manstaaaaaaaaaaaaaaaabs

  7. casrudi says:

    Dulu-dulu sering baca novel, sekarang udah jarang, pantes daya ingat saya makin turun…πŸ™‚ nyambung engga bun?… lagi menyilang-nyilankan data nih… Hehehe…

    Salam bahagia buat Bunda…
    ===============================
    utk Kang Cas, sih nyambung aja deh………..:DπŸ˜€
    Selalu sehat ya Kang………….
    Salam.

  8. meonkk says:

    KAYAKNYA NO.2 AKU PALING PARAH BUN!!

    pantesan aja saya suka luping.. hadooh-hadiihhhh

  9. Pakde Cholik says:

    Untung saya nggak minum alkohol. Ngopi,mbuat catatan kecil sering saya lakukan. Dulu saya dijuluki teman seangkatan sebagai ” kamus berjalan “. Sekarang kamusnya hilang tinggal ” kakek berjalan”, ha..ha..ha..ha.

    Katanya mengisi TTS juga bisa mencegah kepikunan, ini masuk nomor 4 ya mbak.

    Makasih infonya.
    Salam dari Surabaya
    ===============================
    Wah, sama itu PakDhe, kan haram………….
    saya suka tuh PakDhe ngisi TTS………:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  10. muamdisini says:

    4 dari 7 kebiasaan sudah saya lakukan bunda…
    harus segera dipraktekan nih…
    ==============================
    Waaa……h hebatnya……………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    selamat ya Mas Muam…………..
    Salam.

  11. Abdi Jaya says:

    harus dipraktekkan nih, karena saya suka lupa nama orang bunda
    ============================
    Untung sama bunda selalu ingat…………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  12. Zulhaq says:

    kalo saya, gak tau masuk kategori orang yang berdaya ingat kuat atau gak, tapi yang jelas saya mau menanggapi 7 kebiasaan di atas

    1. Saya paling gka suka memang dengan minuman yang satu itu. baunya aja dah gak kuat

    2. Gak terlalu betah nonton TV

    3. Kalo bacaannya menarik, bisa larut dalam cerita, dunia serasa milik sendiri he3

    4. saiah banget tuh, menyambung2kan kata

    5. ikan itu suatu keharusan bagi saya. karena terbiasa dari kecil

    6. saya suka teh, kalo kopi gak kuat perutnya

    7. pulpen dan buku kecil selalu dibawa bawa, biar ada momen yang tak terlewatkan
    ==================================
    Lho kok……………….???? .ternyata bunda menuliskan
    semua tentang diri Mas Zulhaq ya………………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  13. blogpopuler says:

    Diantara kebiasaan diatas ada cuma 3 yang menjadi kebiasaan saya, berarti belum memenuhi sebagai orang yang berdaya ingat kuat.:-)
    ==============================
    Sudah kok, Mas…………..
    tuh buktinya, selalu ingat mengunjungi bunda….he….he……:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  14. vizon says:

    alhamdulillah, yang nomer 1 tidak pernah saya lakukan,tapi yang nomer 2 masih perlu menguasai diri nih, waktunya masih lebih dari satu jam…

    thanks bunda sudah berbagi informasi penting ini…πŸ˜€
    ===================================
    Sama2 Mas………….
    semoga bermanfaat ya……………..
    Salam.

  15. SQ says:

    wow, blognya inspiratif.emmm..kalau banyak merokok ada pengaruhnya juga mbak? trus, apakah benar? seiring usia, sel2 otak makin mengkerut sehingga bisa mempengaruhi kinerjanya?

    salamπŸ™‚
    ==================================
    terima kasih Mas…………
    semoga bermanfaat…………
    jawabannya bisa dibaca disini
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s