Lebaran sebentar lagi. Pastinya Anda sudah mulai mengambil ancang-ancang untuk mempersiapkannya. Seperti biasa, pengeluaran menjelang hari raya pasti akan lebih besar daripada hari-hari biasa.

Untuk itulah semua perusahaan memberikan tunjangan hari raya, atau yang biasa kita kenal dengan THR untuk para karyawannya. Namun, seringkali bonus tahunan ini menjadi sia-sia karena penggunaannya yang tidak tepat.

Padahal, jika tepat guna bukan tidak mungkin Anda memiliki uang tambahan yang bisa ditabung untuk keperluan lain sesudah hari raya. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa menggunakan THR dengan tepat?

Berikut beberapa tipnya:

* Menu makanan dan minuman untuk hari raya biasanya berbeda dari hari2 biasanya.

Go to fullsize image

Yang harus diingat adalah, jangan berlebihan dalam penyediaannya. Perkirakan berapa jumlah orang yang akan menjadi tamu Anda, lalu sediakan porsi makanan dan minuman yang sesuai dengan jumlah tamu.

Siapkan porsi cadangan untuk tamu-tamu yang tak terduga. Dengan begini, tak akan ada makanan yang terbuang sia-sia karena jumlahnya yang berlebihan.

* Lebaran identik dengan baju baru.

Go to fullsize image

Bagi Anda yang sudah memiliki anak, pastinya berbelanja baju lebaran menjadi sebuah keunikan tersendiri. Ingat, tetap perhitungkan semua kebutuhan anak-anak, agar tidak kalap ketika berbelanja.

Beri pengertian pada anak-anak Anda, bahwa berhari raya bukan berarti berfoya-foya. Tidak semua barang harus baru, yang penting bersih dan rapi. Tanamkan pengertian ini sedini mungkin pada anak-anak agar mereka tidak memiliki sikap boros.

* Sudah jadi tradisi juga, jika lebaran tiba Anda dan keluarga juga ditinggalkan oleh asisten rumah tangga pulang ke kampung halamannya.

Go to fullsize image

Daripada menyewa pembantu infal yang biasanya harus dibayar jauh lebih mahal daripada tarif yang normal, lebih baik memberdayakan seluruh anggota keluarga yang ada di rumah.

Bagi tugas dengan seluruh anggota keluarga yang lain. Jika anak-anak Anda sudah cukup besar, delegasikan tugas-tugas yang bisa mereka kerjakan. Dengan begini, Anda bisa berhemat cukup banyak.

Nah, jika semuanya direncanakan dengan baik, dan dipergunakan sebagaimana mestinya, THR pun tidak akan habis dengan sia-sia dan bisa memberikan tambahan untuk tabungan Anda.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

8 responses »

  1. Zulhaq says:

    THR saya dah di bagi bagi bunda he2…
    maklum, tidak ada keperluan lagi, karena lebaran masuk kerja alias jaga hutan. habis shalat id, kembali bekerja dengan normal.
    ================================
    Yang utk bunda, sudah sampai kemarin………….( ngarep mode on)πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  2. perigitua says:

    haddiirrr….
    malam2 mengunjungi sahabatku sayang… adakah secangkir kopi tuk menghangatkan badan…

    hadowww.., makasih bun… sekali lagi tips bermanfaat…

    cu…….
    ===============================
    Terima kasih, Mas Faza………..
    Salam utk Mbak Inno dan Afra…………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  3. Yep says:

    Hi….hi….dah mau dapet THR….Bun….
    Biasanya malah ngak cukup πŸ™‚
    =========================
    Kalau begitu, jatah yg utk bunda
    tahun ini nggak usah dulu Yep, supaya cukup ya…………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  4. trieand says:

    halo bunda, bagus neh bun tip-2nya… bisa dicoba neh bunda. Tapi klo aku biasanya THR emang abis buat keperluan lebaran (baju dll) dan juga gak lupa buat zakat pada sodara n tetangga yang masih kekurangan…

    ===========================
    THR nya habis utk yg manfaat
    juga membuat bahagia ya Trie………:DπŸ˜€
    Salam

  5. bibit m says:

    Bagi laki-laki (suami), jika semua jatah sdh terbagi rata baru bisa tdr nyenyak meskipun dia sendiri terpaksa telanjang (baca : pake baju yg sdh usang)… tp hatinya sdh senang.
    ======================================
    Duuu….hhh Alhamdulillah
    Mas Bibit, benar2 laki-laki(suami) ideal , amin.
    Salam.

  6. isnuansa says:

    THR biasanya langsung habis dipake pulang kampung, Bund…
    ========================================
    Wah, senangnya Mbak Nunik…………
    masih bisa pulang kampung,
    kalau saya nggak pernah mudik, krn semua keluarga ada disini………
    THR nya keluar lebih banyak utk cucu dan ponakan…………
    Salam.

  7. ~noe~ says:

    dari sekian banyak artikel yang terposting, diriki langsung menjujug ke THRπŸ™‚
    tips yang mantabs, bunda. semoga THRku bisa teralokasikan dengan bijaksana.
    satu masukan lagi, untuk ngasih angpau ke keponakan.
    ini anggaran yang lumayan besar juga lhoπŸ™‚
    ========================================
    Ya udah, Mas Noe……….
    tahun ini jatah angpao saya , nggak usah dikirim deh……………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  8. Pakde Cholik says:

    Karena saya sudah nggak punya THR maka ya dari uang pensiun itu yang dikelola untuk lebaran dengan segala keperluan tradisionalnya itu. Mbuat kue, antar2 wewehan,angpao untuk ponakan dan cucu,baju untuk cucu, bingkisan untuk imam dan bilal di mushola, dll.
    Membuat kue juga harus mulai di reformasi, maklum tetangga juga sudah mulai meninggalkan incip2 kue. setelah salaman paling hanya ngobrol sebentar terus pamit pulang. Yang laris justeri permen.
    Salam dari Surabaya
    ==================================
    Wah, Bude sebagai menteri dlm negeri merangkap menteri keuangan
    seperti saya, mesti cermat dlm penggunaan dana moneter ya PakDhe…………
    Salut utk Bude………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s