Go to fullsize image

Ramadhan mencapai 10 hari. Apa yang telah didapat di 10 hari ini ? Sebuah pertanyaan yang tak perlu dijawab dengan lisan, tetapi dijawab dengan hati dan berbagai tindakan amal baik kita.

Sudah sering kita dengar dari berbagai ceramah bahwa di bulan ini banyak hal (amal) yang bisa kita dapatkan, namun entah mengapa banyak pula hal yang membuat kita lalai untuk mendapatkan berbagai amal tersebut.

Ramadhan yang sarat dengan janji pahala dan ampunan itu sudah sering kita dengar bahkan berkali-kali, karena Ramadhan terus berulang,namun ikhtiar kita untuk mendapatkannya pun terkadang terjebak di keinginan saja, atau di planning saja, atau di awal2 saja, boleh jadi hal itu terjadi karena kita lebih sering mentolerir diri dengan berbagai dalih, daripada mentolerir berbagai janji yang Allah berikan, namun Wallahualam, hanya diri kita yang tahu sejauh mana amalan yang kita perbuat.


Go to fullsize image

Alkisah, Ramadhan lalu ada seseorang Β yang mengisi hari-harinya dengan berbagai amalan yang menjanjikan pahala, berbagai buku, hadist, dan kajian tentang Ramadhan diikuti dan diamalkannya, bahkan di 10 hari terakhir, orang ini mengkonsentrasikan hari-harinya untuk beri’tikaf disebuah masjid, dengan sebuah harapan agar Allah memberikan seorang teman shalih yang akan menemaninya dalam beribadah dan agar mendapatkan pahala lebih banyak di sisi Allah.

Satu keyakinan yang tertancap di dirinya ini adalah: bahwa Allah Pasti Akan mengabulkan doa dan harapannya, jika dirinya bersungguh-sungguh dalam memohon dan menghiba harap dihadapanNya.

Walhasil, beberapa bulan setelah Ramadhan orang ini dipertemukan dengan seseorang Β yang tidak pernah diduga sebelumnya, sebagai gambaran, ia ini memiliki daya pikat yang luar biasa, selain seorang yang cerdas, memiliki pemahaman agama yang luas, juga segudang prestasi dalam berbagai hal, termasuk studinya yang mendapat predikat cum laude, sikapnya yang vocal dan kritis membuatnya memiliki harapan bahwa suami yang kelak mendampinginya-pun seorang yang kritis dan mendalami berbagai ilmu.


Go to fullsize image

Singkatnya, ia ini dipertemukan dengan seorang yg nyaris biasa dalam segala hal, yang biasanya mendata kriteria tatkala ada seseorang yang ingin berta’aruf dengannya, kali ini tanpa basa basi hatinya langsung bisa menerima kondisi apapun yang dimilikinya.Β 

Maha Suci Allah yang telah menggerakkan hati setiap manusia yang dikehendakiNya, beberapa bulan kemudian iapun menikah, dan sungguh beruntung karena suami yang dia kira biasa2 saja, ternyata memiliki kelebihan lain yang tidak dimilikinya, yaitu perhatian dan rasa sayangnya yang luar biasa terhadap wanita dan memiliki karakter romantis (sebuah karekter yang mungkin diharapkan setiap wanita) dalam perjalanannya mengarungi bahtera rumah tangga.

Namun, ia mulai merasakan kegelisahan, amalan2 hariannya mulai luntur satu persatu, dipuncaknya Allah memberikan sebuah ujian yang sarat makna dan sarat hikmah, dalam sujud panjangnya di awal Ramadhan ini, ia bergumam:


Go to fullsize image

”Ya Rabb hari ini, hamba datang kepadaMu untuk kembali menjemput pahalaMu yang sempat tenggelam oleh kenikmatan yang Engkau Anugrahkan, terima Kasih Ya Rabb masih Engkau beri hamba kesempatan untuk bertaubat hari ini, dengan segala keterbatasan (materi maupun fisik) yang kumiliki, izinkan hamba merengkuh segala Kasih dan Sayang Mu, terimalah taubat hamba ”


Sebuah kisah biasa, nyata dan sederhana, yang mungkin pernah juga menimpa diantara kita, sebuah penurunan ketaatan tatkala Allah swt memberikan nikmat dan anugrahNYA yang besar pada kita.

Beruntunglah jika kita masih dikaruniai Allah kepekaan terhadap naik turunnya keimanan kita,karena tidak sedikit orang yang diingatkan Allah, namun hatinya tidak lagi peka, sehingga dia menjadi orang yang lalai.


Go to fullsize image

Ramadhan adalah moment yang tepat untuk merubah segalanya menjadi lebih baik. Ibarat seorang pedagang yang mengetahui adanya masa untuk meneguk laba yang luar biasa, maka Ia akan memilih dan memilah. mana barang-barang dagangan yang akan memberikan laba besar ketika ia jual. Pun demikian seorang muslim akan berkonsentrasi untuk mengetahui mana aktivitas positif yang akan menyebabkan diraihnya banyak pahala. Wallahualam.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

17 responses »

  1. Zulhaq says:

    10 hari pertama, momen indah, momen untuk perubahan. saya tiap hari selalu menanyakan pada diri saya “kenapa kok belum ada perubahan yang berarti”. saya merenungi kembali, betapa banyak dosa yang telah saya toreh, betapa banyak kehinaan yang telah saya ukir, sehingga rasa malah akan amalan2 di bulan ramadhan itu masih terus menggoda. sehingga setelah 10 harian pertama puasa ini, saya masih harus menghadapi cobaan melawan emosi saya yang terkadang suka muncul. seharusnya ketenangan jiwa itu sudah di dapati…mohon doanya bunda, semoga sisa ramadhan ini bisa membawa saya pada perubahan yang berarti
    =====================================
    Kita sama2 saling mendoakan ya Mas…………
    bunda juga merasa masih saja selalu kurang dlm tiap amalan di bulan Ramadhan,
    Semoga Allah swt selalu memudahkan kita dlm menyusuri jalanNYA dlm keridhaan, amin.
    Salam.

  2. Yep says:

    Saya malu menjawab pertanyaan apa yang sudah saya dapat Bun πŸ™‚

    Tapi paling tidak saya banyak mendapat berkah dan pencerahan dibandingkan tahun lalu dan juga selama berkunjung keblog ini πŸ™‚
    ===============================
    Alhamdulillah…………….semoga Allah swt selalu memberikan
    rahmat dan berkahNYA pd kita
    di bulan Ramadhan ini ya Yep……………..
    Salam.

  3. D3pd says:

    Alhamdulillah bunda, saya mendapatkan hidayah dan kesadaran atas upaya ibadah sebelum bulan puasa dan juga diberikan izin oleh Tuhan untuk menyayangi serta melindungi kaum hawanya versi http://dykapede.wordpress.com/2009/08/28/susinya-d3pd/ posting yang bagus bunda, salam
    ============================
    Alhamdulillah, Mas Dyka…………..:)πŸ™‚πŸ™‚
    saya ikut merasakan kebahagiaan nya……….
    Memang tiap Ramadhan, Allah selalu ”obral” kebahagiaan dan berkah utk kita………
    Salam.

  4. kawanlama95 says:

    aku hanya tertunduk malu, kebahagian di hati dan romadhon kali ini memang berbeda dengan sebelumnya. kali pertama kali ngeblog di bulan romadhon. semoga kita mampu mengoptimalkan romadhon ini
    ===========================================
    Alhamdulillah, Mas.
    semua kita berusaha menggapai ridhaNYA di bulan penuh rahmat ini,
    Salam.

  5. dedekusn says:

    Aduh bunda…. saya jadi malu… apa yang saya dapat ya? puasa, tarawih, tadarus, … sudah betulkah?
    ======================================
    Alhamdulillah, Mas Dedekusn………..
    semoga tetap istiqomah hingga hari kemenangan tiba, amin.
    Salam.

  6. Bunda… tak terasa dah 10 Ramadhan ya. kita akan memasuki Bab 2 dari lembaran ramadhan kita. Selamat berbuka puasa bunda…:)
    ===============================
    Benar Mas, tak terasa cepat sekali waktu berlalu ya……….
    semoga di bab 2 ini kita dpt kemudahan utk
    meningkatkan nilai ibadah kita, amin.
    selamat berbuka puasa juga ,Mas……………..:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  7. alfaroby says:

    ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan “keunikan”, dimana bulan ini setan terbelenggu, pintu rahmat dan hidayah di buka dengan lebar dan pintu neraka di tutup,
    Ya Allah… berkatilah kami di bulan Ramadhan…. AMIN…
    ===============================
    Amin, ya Robbal alamiin………
    Semoga berkah Ramadhan benar2 kita dapatkan ya Mas,
    Salm.

  8. casrudi says:

    Bunda… Sebelumnya makasih ucapan nya ya…πŸ™‚

    Ga bisa komen apa-apa kalau sudah baca artikel bunda, rasa-rasanya semua benar… tips nya bermanfaat… kisah diatas bercerita tentang naik dan turunnya iman… sebagai manusia biasa saya juga merasakan demikian… kadang nikmat bisa melenakan… betul kata bunda, seorang muslim harus bisa menimbang mana income yang positif dan mana yang negatif… makasih sharing nya ya… semoga Bunda dan selalu dalam lindunganNya…
    ========================================
    Duuu….hhh Kang Cas ini, benar2 sahabat yg baik, senang memuji dan selalu
    memberi saya support utk terus menulis…………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Saya beruntung mempunyai sahabat seperti Kang Cas,
    Semoga selalu sehat ya Kang…………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Utk memelihara keimanan yg kadang turun naik
    ini memang hrs disertai niat yg kuat ya Kang,
    Salam.

  9. fandy says:

    alhamdullilah saya masih blom ada yang bolong mas..
    semoga sampe akhir puasa nanto gak ada yang bolong
    ==============================
    Alhamdulillah, Mas Fandy.
    Semoga Allah swt memudahkan kita dlm beribadah, amin,
    ngomong2, saya Bunda ( cewek) bukan mas………….:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam

  10. Gostav Adam says:

    Sebagai insan yang harusnya lebih mendekatkan diri kepada NYA di aktu yang berkah ini, aku merasa, 10 hari ini berlalu begitu saja. Hari demi hari lari melewatiku, tidak ada yang mengesankan dari ibadahku. Tidak ada yang menakjubkan dari akhlakku. Semua biasa aja, seperti pada bulan-bulan yang lain, tak ada yang istimewa. Tak ada yang spesial yang pernah aku lakukan di bulan ini.

    Aku pun sudah menyadarinya. Namun selalu hawa nafsuku yang aku pentingkan.Semoga malam ini, akan menjadi pertanda yang lebih baik bagiku untuk lebih mendalami keidahan bulan yang penuh berkah ini. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang dekat dengan NYA.

    salam, mampir ke blog kami. Link sudah kami pasang, link balik kami tunggu. Terimakasih
    =============================================
    Jangan pernah berputus asa dr RahmatNYA, Mas……..
    dgn menyadari akan diikuti dgn perbaikan, semoga………..
    saya akan add juga linknya, dan segera berkunjung………….
    Terima kasih Mas………..
    Salam.

  11. chokey says:

    Jazakallah bunda ! ini mengingatkan daku akan masa lalu

  12. meonkk says:

    insya alloh aku dapet ilmu dr ceramah slama traweh bun.. klo pahala?? mudah2an amiennnnnn…
    nikmat bangettttttttt puasa yahun ini..
    ======================================
    Alhamdulillah…………
    semoga Allah swt selalu mencurahkan rahmatnya utk Romi ya……………..
    Salam.

  13. Pakde Cholik says:

    Cobaan Tuhan bukan hanya kesedihan atau kesengsaraan, nikmat, kesenangan dan kegembiraan juga merupakan bentuk ujian Allah. Kita ingat kisah Fir’aun,dll yang tak mau mengakui ke Esaan Tuhan, dan manusia-manusia yang lupa diri manakala sudah kaya dan punya kedudukan. Mereka lupa bahwa suatu saat Yang Maha Kuasa itu bisa mencabut apapun yang pernah diberikan kepada manusia.
    Semoga pada tahapa berikutnya iman dan taqwa kita tetap kokoh-kuat mbak.
    Salam dari Surabaya
    =======================================
    Amin, ya Robbal alamin…………
    manusia memang tdk hentinya mendurhakai nikmat Allah swt.
    Semoga kita dijadikanNYA makhluk yg selalu bersyukur ya Pak…………..
    Salam.

  14. abifasya says:

    Al hamdulillah sih bun di 10 pertama ini saya udah dapat kurma dua dos, baju koko 2, peci 1, sarung 2 tapi sarungnya longgar ga ada yang pas. heheheπŸ™‚ πŸ˜† :mrgreen:
    ========================================
    Terus kapan kurmanya di transfer kerumah saya , Mas Abi……( ngarep mode on )………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  15. indra1082 says:

    Subhanallah………..

  16. bibit m says:

    10 hari Ramadhan dpt apa? Ya … setidaknya aq dah dpt shof depan klo tarweh … sblm-nya … jgn harap! Iman, naik turun … biasa, mirip listrik di perumahanku Bun! Biar konsistensi iman terjaga … bacalah postingan Bunda!
    ==============================
    Alhamdulillah, semoga Ramadhan ini membawa berkah
    ya Mas Bibit………….
    Salam.

  17. bibit m says:

    Yg pasti hrs dpt petromaaaxxxx ….

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s