Bau mulut menjadi problem yang biasa dialami saat puasa. Jangan sampai problem ini mengganggu puasa dan aktivitas Anda . Nah,bagaimana cara mengatasinya? Bulan puasa telah tiba.  Anda pun sudah bersiap-siap menjalankan dengan khusyuk.

Namun, bagaimana dengan bau mulut yang selalu menghampiri saat puasa? Inilah yang membuat Anda merasa tak percaya diri, apalagi bila harus berkomunikasi dengan banyak orang.

Mungkin tidak aneh lagi bagi kita untuk merasakan sesuatu yang tidak sedap menghampiri mulut saat kita sedang menjalani kewajiban berpuasa selama 14 jam.

Beberapa pertanyaan pun muncul, mengapa bau tak sedap pada mulut, menyerang saat kita berpuasa?

Gigi putih bersih, senyum menawan, serta napas segar adalah dambaan sebagian masyarakat modern dewasa ini. Namun, apabila bau mulut atau yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah halitosis terjadi, bisa2 menjadi masalah tersendiri dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Mulut merupakan gerbang masuknya makanan menuju tubuh dan menjadi gerbang keluarnya udara dari dalam tubuh, di samping memiliki fungsi yang sangat aktif dalam bersosialisasi sehari hari.

Setiap hari kita tersenyum, tertawa,dan berbicara dengan melibatkan organ ini,  dan saat berpuasa, keterlibatannya pun tidak kalah penting.

Dokter gigi dari Dharmawangsa  Dental Care, drg Aditya Pribadi SpOrtho, menjelaskan bahwa apabila dikaitkan dengan puasa :

penyebab utama bau mulut karena lambung yang kosong dalam waktu yang lama dapat merangsang timbulnya aroma yang kurang sedap, yang kemudian keluarkan melalui rongga mulut ”.

Selain itu,berkurangnya produksi air liur (saliva) karena berkurangnya rangsangan makanan yang masuk.

Saat saliva berkurang, bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut,” ujarnya.

Bau mulut saat puasa merupakan keluhan yang normal dijumpai. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita hindari. Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mulut kita tetap bersih dan napas terasa segar selama berpuasa.

Berdasarkan data yang disebutkan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), pada dasarnya bau mulut disebabkan tiga faktor utama :

Faktor pertama

yaitu dari dalam mulut. Faktor di dalam mulut sendiri karena ada gigi berlubang, banyak plak atau karang gigi, serta gigi rusak bahkan sampai menjadikan gigi busuk karena dibiarkan atau tidak dirawat.

Faktor kedua

datang dari luar mulut. Faktor dari luar mulut, tetapi masih dari saluran napas atau cerna, atau penyakit umum lainnya. Peradangan atau penyakit pada bagian-bagian ini menyebabkan hal serupa seperti pada faktor yang pertama. Sebagai contoh: penyakit tuberkulosis (TBC paru) menyebabkan bau mulut agak amis, diabetes menyebabkan bau mulut seperti aceton (cairan pembersih cat kuku).

Faktor ketiga

adalah konsumsi makanan dan minuman yang bisa meninggalkan bau setelah beberapa jam mengonsumsinya, misalnya : petai, kopi, atau minuman keras.


Aditya menyarankan selama bulan puasa memberikan perhatian ekstra dengan menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, yakni setelah makan sahur dan malam sebelum tidur.

Hindari tidur setelah makan sahur dengan kondisi gigi dan mulut yang masih ada sisa makanan, dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang beraroma tajam.

“Dengan solusi yang tepat, menjalankan ibadah puasa pun akan lebih terasa nyaman,” ujarnya.

Salam.

Sumber: De’Rarz.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

15 responses »

  1. edratna says:

    Hmm..ni memang masalah kita semua ya….
    Dan jika sikat gigi siang hari, kawatir kualitas puasa kita menurun…..

    padahal menjaga kebersihan adalah sebagian dr iman ya Bu🙂
    salam

  2. Zulhaq says:

    bau mulut memang sangat umum dijumpai di bulan puasa. dan kadang bikin gak pede mengeluarkan kata2 depan ornag banyak. alhamdulillah sikat giginya masih teratur dan habis sahur langsung di sikat dl, biar gak perlu di sikat2 lagi nantinya. kan bisa aja odolnya ketelan beserta air kumurnya he he he
    ======================================
    Duu…hhh kalau di hutan, memangnya odol bisa utk cemilan ya Mas………..:)🙂
    Selamat berpuasa, semoga Allah meridhai, amin.
    Salam.

  3. D3pd says:

    Bukan bulan puasa aja mulut saya kadang bau bunda, lalu gimana mengatasi kebauan pada mulut ya, ^_^…V
    ======================
    selain harus selalu menjaga kebersihan dgn sering gosok gigi,
    mungkin perlu ke dokter gigi utk diperiksa,
    apakah mungkin ada gigi yg berlubang atau mulai ada plaknya,Mas Dyka…….
    karena kalau diusahakan dgn memakan permen, setelahnya malah berakibat lebih bau lagi.
    Salam.

  4. Pakde Cholik says:

    Bulan puasa gini memang mulut bau karbit, makanya agak malas ngomong sama orang lain, takut saling menyerang dengan bom bau napalm dari mulut kita.
    Thanks info dan tipnya mbak
    alam dari Surabaya
    =====================================
    Wah, PakDhe………..serem banget ……….:D😀😀
    tetapi kan tetap harum kesturi Pak…………..:)🙂🙂
    Salam.

  5. bibit m says:

    Gosok gigi sblm tdr dan sesudah sahur … itu plg afdol. Jgn lupa, isi perut kita dgn buah dan air putih. Itulah alasannya mengapa aq lbh banyak minum saat buka puasa maupun sahur … ya air putih (mineral), terserah soal mereknya.
    Klo tetep bau juga … kukira krn kebanyakan dosa … puasa msh ngomongin org mlulu … he3
    ===============================
    dan………..minum air putihnya
    sampai hoooooooooeek………….seperti sahabat saya ……… (siapa ya……..):D😀😀
    Salam.

  6. meonkk says:

    hahhhh.. wangi kan bun??seharum kasturi..

  7. Metropolis says:

    Jangan khwatir bau mulut karena puasa. Kata ustad bau mulut itu bau surga dihadapan allah ketika berpuasa🙂
    ======================================
    Di mata Allah swt baunya seperti minyak kesturi,
    haruuuuuum skali……………
    Salam.

  8. nakjaDimande says:

    uraian yang lengkap dari Bunda..!!! **Bunda memang paling jago bikin tips😀
    makaciy bundaaa
    ===========================
    Terima kasih Bundo ku…………
    Akh, jadi malu sama ibu dokter sayang………..
    Salam.

  9. muamdisini says:

    upss..faktor pertama sangat melekat dgn saya…
    solusinya apa yah bunda?

    owh..selesai sahur nih,lupa blm sikat gigi..
    mau sikat gigi dulu ah..
    makasih bunda,sudah diingatkan…
    ===============================
    mungkin mengunjungi dokter gigi ya Mas Muam,
    utk membersihakan plak atau gigi yg bolong…………..:)🙂🙂
    tetapi kan mulut yg bau selama puasa seperti harum kasturi………..:D😀😀
    Salam.

  10. Andy says:

    Absen ah, hadir saya bun…
    Allah SWT berfirman orang yang sedang berpuasa mulutnya harum bagaikan melebihi kasturi… Tapi kalo gak pernah gosok gigi masyarakat berfirman bau mulutmu bagaikan jamban…😀😛🙂😆
    Salam sejuk dari lampung…
    =================================
    ha……….ha………:D😀
    ya iya lah Mas Andi………..
    harus rajin sikat gigi juga …………….
    Salam.

  11. rismaka says:

    Tapi bagaimanapun juga, baunya aja lebih mulia daripada minyak kasturi, apalagi wanginya… Hehehee
    ===========================
    Amin, semoga Allah swt merahmati.
    Salam.

  12. rismaka says:

    Iya bunda, Bau mulut orang puasa bagaikan baunya kasturi..

    Gimana tuh?🙂
    =====================================
    Begitulah bau mulut orang berpuasa
    dihadapan Allah,…………….
    Salam.

  13. guskar says:

    mencegah bau mulut selama puasa yg paling tepat mmg gosok gigi, sebelum tidur dan stlh makan sahur. menggosok gigi di saat/waktu berpuasa (siang hari) agar dihindari untuk mempertahankan kualitas puasa kita.
    ======================================
    Setuju, Gus……….
    apalagi kalau pekerjaan kita banyak berhubungan dan
    berbicara dengan banyak orang……………
    terima kasih utk tambahan masukannya Gus………..:)🙂
    Salam.

  14. Afif says:

    Bau mulut orang puasa bagaikan baunya kasturi.. hhe🙂
    Salam Hangat bun
    ====================================
    InsyaAllah, amin.
    Salam hangat juga Mas Afif……….:)🙂🙂
    Salam.

  15. andif says:

    nice info gan
    makasih..

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s