Zaman dulu, ada jargon “berkeringat itu sehat” yang sampai kini masih dipercaya banyak orang. Padahal, jargon itu berasal dari negara sub tropis, itu pun di musim dingin (salju).


Go to fullsize image

Saat itu, orang “dipaksa” berkeringat dan rajin berolahraga, supaya lebih sehat dan tidak kedinginan. Tetapi di negara tropis, tanpa olahraga pun, tubuh sudah berkeringat. Dalam keadaan berkeringat badan pun terasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan jatuh sakit.


Salah satu penyakit yang dapat datang akibat kebanyakan keringat adalah pneumonia. Pneumonia (long ontsteking, radang paru-paru atau paru-paru basah) dewasa ini begitu populer, karena sering muncul sebagai komplikasi penyebab kematian pada penderita flu burung.

Pneumonia juga menjadi pemicu komplikasi dan penyebab kematian dari penyakit campak dan influenza, terutama pada anak anak. Terjadinya pneumonia sebagai komplikasi dan penyebab kematian penyakit lain ini sebenarnya dapat dicegah, jika tubuh tidak terganggu dalam menjalankan salah satu tugas pentingnya.


Go to fullsize image

Tugas penting itu ialah pekerjaan yang biasa dilakukan sel-sel yang melapisi bagian dalam saluran pernapasan. Tiap sel mempunyai kira-kira 200 silia (sejenis rambut yang sangat halus) dan mengeluarkan cairan encer di permukaannya. Silia itu bergerak secara teratur 10 – 20 kali per detik tanpa henti, menyapu cairan dengan kecepatan 1 cm per menit menuju tenggorokan, untuk kemudian tanpa disadari ditelan.

Normalnya, debu, kuman, asap, dan sejenisnya akan melekat pada cairan, lalu disapu bersih dari saluran pernapasan. Selain itu, cairan tersebut juga menjaga agar saluran napas selalu basah.

Nah, terlalu banyak mengeluarkan keringat, akan menyebabkan cairan itu menjadi kering dan lengket, sehingga tidak dapat dialirkan dan mengumpul menjadi dahak, plus menyumbat saluran napas.

Saluran napas yang tersumbat menyebabkan sesak napas dan batuk. Lalu, berkembangbiaknya kuman-kuman dapat menyebabkan penyakit bronkhitis dan paru-paru basah.


Go to fullsize image

Untuk penyembuhan jangka pendek bisa dengan mengencerkan dan mengeluarkan dahak menggunakan alat dan obat, atau biasa dikenal dengan“inhalasi uap”. Masalahnya, sampai kapan dahak akan terus diencerkan dan disedot lewat inhalasi ?

Ada cara yang lebih rasional dan bersifat jangka panjang, fisiologis dan mudah, yakni dengan mencegah keluarnya keringat secara berlebihan.

Minum banyak pun akan sia-sia, kalau ruangannya masih pengap, karena akan keluar lagi melalui keringat. Maklum, udara di negara tropis sangat lembab (banyak mengandung uap air) sehingga kita sangat mudah berkeringat.

Uap air yang keluar ketika mengeluarkan napas mencapai 11 kali lebih banyak dibandingkan dengan udara yang dihisap ketika menarik napas. Jadi, dalam ruangan yang ventilasinya kurang, udara akan makin bertambah lembab, bertambah Co2 dan berkurang oksigennya, sehingga badan menjadi sangat lemah, penyakit pun merajalela.

Go to fullsize image


Untuk mengatasinya, ruangan tidak ber-AC haruslah selalu terbuka agar udara segar dari luar bisa masuk. Kipas angin tidak ada gunanya kalau tidak ada udara segar dari luar yang masuk ke dalam ruangan.

Hindari asap rokok yang mengandung banyak monoksida yang tidak dapat dibersihkan oleh AC dan mengalahkan oksigen masuk ke dalam sel darah.

Salam.

Sumber : healht today.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. dealer pulsa says:

    aku tiap hari berolahraga n berkeringat

  2. blogpopuler says:

    walah, saya termasuk yang banyak keringat nih.Ternyata kebanyakan nggak sehat juga rupanya.Trima kasih
    =======================================
    ya Mas, terlalu banyak keringat
    belum tentu sehat…:)🙂
    Salam.

  3. chokey says:

    Duh keringatan Gw bacanya..hehehe canda sore hari bunda
    =============================
    sudah keringatan karena lapar puasa ya Mas Chokey………..
    Salam.

  4. meonkk says:

    bundaaaaaaaaaaa.. aku sering neh bun, klo mau mandi suka lari2 di kamar gag jelas biar keringetan,trus langsung mandi..

    =======================================
    Yang jelas2 aja dong Meonk……….
    mau lari2 apa mau mandi………..
    Salam.

    • meonkk says:

      namaku romi bun..bukan meonkk..
      meonkk kan kucing..hehe

      masukin sahabat jg dunk bun..
      okk
      ======================================
      Oh……..maaf romi,
      habis di e-mail namanya juga bukan romi……..
      ok, romi, saya add jadi sahabat ya………………..:D:D
      tapi, mana alamat url nya ? kok nggak ada ya…………….
      Salam.

  5. muamdisini says:

    hmm…kipas angin itu ndak ada gunanya yah (garuk2 kepala..)
    padahal kalo saya berkeringat habis olahraga, langsung menghadap ke kipas angin utk menghilangkan keringat…

    =====================================
    Kalau di dlm ruangan yg tertutup, benar nggak ada gunanya,
    jadi……….tetap harus ada ventilasi udara pd saat kipas angin dinyalakan……..Mas.
    Salam.

  6. gombile says:

    Terima kasih bunda tas info nya, bs jd tmbahan koleksi info kesehatan ne…

    sama dengan yg lainnya, saya jg bru tahu klo bnyak kluar kringat mlh gak bgus😐

    ==================================
    semoga bermanfaat ya…………..:)🙂
    Salam.

  7. Yep says:

    Terima kasih Bunda infonya….. 🙂

    =============================
    Sama2 Yep……………
    Semoga bermanfaar ya……:)🙂🙂
    Salam.

  8. kawanlama95 says:

    kawan saya dulu sering keringetan terutama tangannya. tapi sekarang udah tidak lagi. aku juga sering bu tapi kalo panas ajah
    =================================
    Ya Mas, sepertinya keringat memang tdk bisa
    dipisahkan dr udara di negeri kita yg tinggi kelembabannya………
    Salam.

  9. waaahhhh….ternyata ndak boleh ya banyak keringat, klo keringatnya banyak sendiri gimana? di rumah aja kan juga panas, walau pintu dan jendela dah di buka…emmm….kipas2 aja ya kayak sate hehehehe….makasih ya infonya ^_^

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    =======================================
    Nanti kalau satenya sudah matang, boleh dong ya
    dikirimin utk berbuka puasa……………:D😀😀
    Salam.

  10. sakurata says:

    Info Menarik Bund.
    Kalo Saya kayaknya nggak olah raga aja kadang berkeringat, tidak jarang bangun tidur itu kayak habis menyangkul🙂
    ====================================
    Duuu………hhhh Mas Sakura …
    kalau nyangkul jangan di tempat tidur dong………..:D😀😀
    di sawah aja ya………..:)🙂
    Salam.

  11. Zulhaq says:

    saya juga sering memaksa untuk berkeringat, lari2 gak jelas, terus ke kamar selimutan he2.

    apakah karena itu saya pernah mengalami banyak dahak. padahal gak dalam kondisi sakit…penyembuhan dengan alat atau di sedot saya belum pernah tau, pengen sih bunda buat jaga jaga da membersihkan segala sesuatunya. karena pada dasarnya anak bunda yang bandel ini, ngerokok…

    ========================================
    Pantesan aja , baru seminggu puasa
    dah turun 2kg………..bikin iri…………:(😦
    untuk mengurangi dahak, bisa dengan minum perasan air jeruk nipis Mas……
    coba deh, InsyaAllah, manjur….jur…
    Salam.

    • Zulhaq says:

      sering bunda minum itu, sampe yang sepet banget he2
      bikin iri??? saya malah pengen gemuk bunda he2
      =================================
      kok tau sih, bunda ngiri………….:)🙂
      yg penting.kan tetap sehat ya Mas………………
      Salam.

  12. alamendah says:

    Terima kasih infonya, Bun.

    Memang aktifitas berat yang menguras keringat belum tentu membuat sehat. Karena olah raga yang baik adalah yang teratur dengan proporsi yang sesuai dengan ketahanan tubuh.
    =============================
    Cocok, itu betul sekali Mas,
    Allah swt pun tidak suka yg berlebihan, yg sedang2 saja , yg proporsional .
    Salam.

  13. omagus says:

    kadang orang menyamaratakan arti mencari keringat dan mencari sehat…
    padahal berkeringat belum tentu sehat.

    ==============================
    Apalagi keringat dingin, sudah jelas orang itu lagi nggak enak badan ya Omagus.
    Salam.

  14. antokoe™ says:

    mau nyari keringet ato nyari sehat…
    ===============================
    Sudah pasti pilih sehat……………:D😀😀
    Salam.

  15. abifasya says:

    Info yang sangat bermanfaat bun, sebab samapai sebelum saya baca artiukel ini saya termasuk orang yang beranggapan seperti itu.
    Pantes saat saya sakit panas dulu waktu SMA, karena ingin berkeringat saya paksakan berolahraga, dan apa yang terjadi ?
    emang betul sih berkeringat tapi kemudian jadi tipes deh…,
    selamat menunaikan ibdah puasa.
    ===================================
    Jadi ternyata malah kecapekan, kena tipes ya Mas Abi,
    Selamat menunaikan ibadah puasa juga Mas………
    Salam.

    • abifasya says:

      yah begitulah bun kalau melakukansesuatu tanpa ilmu
      ==================================
      Kurang lebih begitu ya Mas Abi………
      Gravatarnya baru ya Mas…………………
      jadi lebih jelas melihat wajahnya Mas Abi………….
      Salam.

  16. iya bunda, ini sama waktu di kecil demam, saya pengennya dia pakai jaket, eh justru umminya bilang pakai baju biasa saja. ternyata ini toch alasannya…terima kasih bunda. met berbuka puasa🙂
    ============================
    ternyata , bener Ummi nya ya Mas………….:D😀
    Salam.

  17. Pakde Cholik says:

    OOOO, baru ngeh deh, kirain banyak keringat itu seperti membersihkan badan yang ada di dalam melalui ir seni dan keringat.
    Lha emakku berarti salah ya dulu. Kalau saya sakit malah diselimuti tebal2 agar keringat keluar.
    Terima kasih atas tipnya mbak.
    Salam dari Surabaya
    ==================================
    Untung dulu ibu saya kasih tahu,
    waktu anak2 masih balita, kalau mereka demam, malah nggak boleh dipakaikan
    baju yg tebal atau selimut…………….pakai baju kaos yg tipis saja,
    Salam.

  18. nh18 says:

    HHmmm …
    Saya baru tahu ini …
    Terima kasih bu Infonya …

    Salam saya
    =================================
    Kalau selesai olah raga,
    keringatannya sih sehat ya Mas….
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s