Siapa pun yang berpuasa sudah barang tentu akan merasakan lapar dan dahaga. Apalagi di hari-hari pertama berpuasa. Pada siang hari Anda merasakan lesu atau lemas, tak bertenaga atau kurang bergairah. Adakah cara untuk mengatasinya? Secara awam, barangkali bisa dijawab dengan, “Makan sahur saja sekenyang-kenyangnya”.

Tetapi makan sahur terlalu kenyang ternyata bukanlah jawaban yang tepat untuk mengatasi rasa loyo tersebut. Karena justru apabila makan sahur terlalu kenyang, maka tubuh akan lebih cepat mencerna makanan tersebut sehingga rasa lapar lebih cepat terasa.

Selain itu, makan sahur terlalu kenyang akan menyebabkan aliran darah akan menumpuk pada bagian perut sedangkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Hal inilah yang akan mengakibatkan rasa ngantuk di pagi hari, badan lesu/lemas dan daya tahan tubuh berkurang.

Berikut ini adalah Tips bagaimana menangkal rasa lesu/lemas selama puasa, menurut Mochammad Yuwono, Dosen Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga Surabaya:

1. Meningkatkan Kadar Protein Dari Menu Sahur.

Go to fullsize image

Pemilihan menu makanan sahur ternyata memegang peranan penting. Menu makanan pada umumnya sebagian besar terdiri atas karbohidrat, hanya sebagian kecil berupa protein dan lemak. Dengan demikian, apabila selama berpuasa Anda menginginkan agar tidak cepat lapar dan loyo, serta berat badan tidak berkurang, maka menu makanan sahur sebaiknya mengandung protein yang cukup tinggi -selain konsumsi karbohidrat dan lemak- seperti daging, ikan, susu, telor, keju (protein hewani) serta buncis, kacang hijau, kedelai dsb (protein nabati).

2. Memilih Minuman Yang Manis (Bergula).

Go to fullsize image

Karena rasa loyo badan berkaitan dengan kadar gula dalam darah, maka minuman sahur hendaknya yang berasa manis, bukan air putih. Rasa manis ini bisa diperoleh dari gula (tebu), madu atau gula jenis lainnya. Jangan menggunakan pemanis buatan, karena pemanis ini tidak berkalori.

3. Melakukan Makan Sahur Pada Kesempatan Terakhir.

Go to fullsize image

Maksudnya adalah melakukan sahur pada saat-saat akhir waktu sahur berakhir. Mengapa? Secara logika, jika makanan sahur makin mendekati waktu imsyak, tentunya proses pencernaan akan lebih tertunda. Akibatnya rangsangan lapar dan rasa loyo badan pun akan tertunda pula.

4. Menghindari Porsi Makan Sahur Melebihi Takaran Lazim.


Go to fullsize image

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa makan sahur yang berlebihan ternyata membuat Anda menjadi lesu, ngantuk dan kurang gairah di pagi hari. Sebaiknya Anda ambil saja porsi yang lazim. Demikian pula pada saat Anda berbuka puasa, tentunya dengan alasan yang sama Anda hendaknya tidak langusng mengisi perut secara membabi buta.

5. Tetap Melakukan Aktifitas Kerja Secara Normal.

Di dalam tubuh terdapat hormon2 yang berperan untuk meningkatkan kadar gula darah yang bekerja melawan hormon insulin. Berdasarkan percobaan, hormon2 anti-insulin ini lebih aktif bekerja apabila Anda melakukan aktifitas. Sebaliknya hormon ini akan berkurang apabila Anda menurunkan aktifitas fisik (tidur dan bermalas-malasan). Oleh karena itu, sebaiknya selama bulan puasa Anda tetap melakukan aktifitas normal. Hindari tidur dan bermalas-malasan (khususnya setelah makan sahur), tapi bukan berarti Anda bebas melakukan aktifitas kerja yang terlalu berat.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam

Sumber:tipsanda.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

23 responses »

  1. adek says:

    Kalo sedang loyo, bisa enggak ya tetap produktir menulis artikel ilmiah? hehehe
    ================================
    Harus bisa Dek,
    kan nggak boleh loyo…………..:)🙂🙂
    Salam.

  2. iddev says:

    Assalamu’alaikum bunda..
    kalo di atas ada gambar es teh, nah, itu kalo pake es direkomendasikan apa ndak..??

    makasi bunda🙂
    ================================
    boleh2 saja…………..
    namun akan lebih baik kalau lambung yg setelah beristirahat setengah harian
    diberikan minum yang hangat2……….
    Salam.

  3. nh18 says:

    Baca lagi aaahhh …

    Itu fotonya …
    “menggiurkan sekaleeee …”

    Salam saya

    ===================================
    he…………..he……..jangan batal lho Mas Enha……….:)🙂
    Selamat berbuka puasa……….
    Salam.

  4. nh18 says:

    Aaahhh …
    Tips yang paten ini …

    Coba aaahhh

    Makasih bu

    ====================================
    Sama2, terima kasih juga Mas………..
    Semoga bermanfaat……..:D😀😀
    Salam.

  5. ~noe~ says:

    tips yang mantabs.
    rupanya pandanganku tentang asupan sahur masih salah. selama ini diriku berpedoman pada karbohidrat saja🙂
    langsung diterapkan nih
    trmakasih bunda
    ====================================
    Alhamdulillah, semoga manfaat Mas Noe.
    Salam.

  6. Wandi thok says:

    Ngom-ngom, link ane boleh dunk diganti bunda, tinggal ngilangin “wordpress” doang kok😆 tengkiu
    =============================
    Sudah kok Pak Guru…………….:)🙂
    lalu, yang lama, bener2 dah ”ditinggal” kan ya………….??
    Salam

  7. Wandi thok says:

    Ane setuju semua Bunda, hanya pengin nambah aja:
    1. Segeraken berbuka
    2. Konsumsi kurma ketika sahur, insya alloh perut anteng n gak mudah laper.🙄

    ===================================
    Cocok, Pak Guru………….
    terima kasih atas tambahannya ya…………….:)🙂
    Salam.

  8. guskar says:

    tips yg sangat berguna, dan sepertinya cukup mudah untuk dilakukan tuh
    thanks ya bun
    ====================================
    Alhamdulillah, Gus……….
    Semoga manfaat ya,
    kritik dan sarannya juga ditunggu…………..:)🙂
    Salam.

  9. casrudi says:

    Alhamdulillah…
    Bunda selalu dgn tips nya…
    Seandainya sahur bisa makan banyak… saat sahur kadang hilang napsu makan, apa karena masih ngantuk ya?… Hehehe…

    Selamat berpuasa buat Bunda dan keluarga…
    Salam
    ======================================
    Bener Kang, harus tetap dilawan
    rasa ngantuk dan malasnya……..he…….he………:😀😀
    Salam.

  10. bibit m says:

    Lha klo caraku sehat gak Bun? Aq klo buka minum sepuasnya, tp gak makan besar (nasi). Makan ntar klo sahur plus minum air putih sepuasnya lagi … Mau niru? Dijamin hoooekkk …
    ===========================================
    Ya, Mas Bibit tuh mirip dgn suami saya,
    kalau minum air putih hobi banget sampai…………….hooooek gitu…………….:D😀
    Salam.

  11. muamdisini says:

    wow..kadang karena kesiangan justru saya sahur mepeeeet sekali dengan imsak..hehehe…
    kalau melebihi porsi biasanya saat berbuka bunda..🙂
    ==============================
    Wah, Mas Muam sudah mengikuti sunah Rasul,
    dgn mengakhiri waktu sahur………..:D😀
    Salam.

  12. berarti tar sahur menu di rumah bunda ini semua ya… duh mau dong dikirim ke soroako hehehe🙂

    ===============================
    Boleh Mas, nanti dikirimi ya…………:D😀
    dgn menu digital he……….he…………
    silakan dinikmati Mas…………..
    Salam.

  13. Puspita says:

    Selamat sore Bunda, selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin. I miss you bunda.
    ===============================
    Sore juga Mbak,
    kemana saja ? mudah2an selalu sehat ya………..:D😀
    Selamat berpuasa juga Mbak Wulan,
    mohon maaf lahir bathin.
    Salam.

  14. nyegik says:

    Saya jadi ga baca tipsnya, malah mlototin makanannya, yummy.. masyaallah padahal lagi puasa hehehe MMakasih tipsnya Bunda

    =================================
    Bikin laper ya, Mas……………:)🙂
    Selamat berpuasa ……………….
    Salam.

  15. fadielajah says:

    jadi laper ne liat2 fto mkanan ntu..hehhe

    ===========================
    Silakan dinikmati Mas,
    tapi…………nanti ya………….pas maghrib………….:)🙂
    Salam.

  16. Yep says:

    Terima kasih Bun…yang point no.3 kayaknya harus saya rubah sesuai tips dari Bunda….biasanya itu duluan 😆
    ============================
    Alhamdulillah, Yep.
    Semoga bermanfaat ya…………:D😀
    Salam.

  17. kawanlama95 says:

    tentu bagus neeh tipsnya, kalo mau ditambah tapi ga terlalu penting seeh. Vitamin kaliee ya.

    ===================================
    wah, betul tuh, vitamin……………penting tuh Mas…….
    Terima kasih ya tambahannya……….:)🙂🙂
    Salam.

  18. Rigih says:

    wedew, saya ga semangat je klo sahur. padahal keknya kuncinya di makan sahur itu ya bunda..?

    ==================================
    Betul Mas Bayu,baca juga artikel saya dgn judul ” shalawat bagi yg makan sahur ”.
    Salam.

  19. Zulhaq says:

    alhamdulillah.
    jebetula saya memang lagi lemes dan ngantuk hari ini
    semoga apa yang disampaikan bisa saya aplikasikan dengan baik agar supaya puasa tetap semangat tanpa lemas amien…

  20. omagus says:

    beres…!
    sudah di laksanakan bunda…!
    Tipsnya manjur…
    saya masih tetap semangat walaupun siang-siang panas gini..

  21. blogpopuler says:

    Tipnya sangat bermanfaat sekali.Saya jadi tidak loyo lagi nih bunda setelah membaca tipnya.Beberapa tip diatas sudah dilaksanakan.

  22. RitaSusanti says:

    Wah Bunda, tips yang bermanfaat…
    Memang terkadang kalau kita kurang memperhatikan pola makan dan menu makanan yang sehat, bisa-bisa puasa jadi kurang khusyu, karena kebanyakan tidur untuk menghilangkan rasa lapar atau lemas. Terima kasih Bunda tipsnya:)

  23. Pakde Cholik says:

    Saya sepertinya sudah melaksanaka point2 diatas mbak kecuali minum susu karena saya nggak gitu suka susu kecuali dikasih kopi sedikit.

    Aktifitas memang agak berkurang, karena sudah pensiunan, ya kerjanya ngeblog ama nonton tv saja.
    Thanks tipnya yang sangat berguna.
    Salam dari Surabaya

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s