Salah satu ciri khas seseorang bertambah umur adalah postur tubuh yang tidak lagi tegap dan lurus, bahkan ada beberapa yang menjadi bungkuk. Namun, hal itu bukanlah hal yang tidak dapat dihindari, menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi sehat dan bugar di masa tua adalah pilihan.

Osteoporosis atau yang dikenal dengan penyakit pengkeroposan tulang ini salah satu penyebabnya adalah karena produksi kedua hormon tersebut yang menipis.

Namun, seperti yang dijelaskan oleh dr. Meisy Adriana, Sp. RM yang juga hadir sebagai pembicara, bahwa penyebab Osteoporosis adalah ketidakseimbangan antara pembentukan tulang baru dan penyerapan tulang lama, selain itu juga karena kurangnya mineral seperti fosfat dan kalsium yang biasanya membantu pembentukan dan pengerasan tulang.

Go to fullsize image

Umumnya Osteoporosis menyerang wanita, karena pria memiliki tulang yang lebih besar dan kuat dibanding wanita. Angka kejadian di Indonesia untuk kasus Osteoporosis pada wanita adalah 24% untuk umur 50-59 tahun, dan 62% untuk umur 60-70 tahun. ”Presentase naik hampir tiga kali lipat di usia senja pada wanita,” ujar dr. Meisy.

Osteoporosis ini ditandai dengan massa tulang rendah, perubahan mikroarsitektur tulang, penurunan kualitas jaringan tulang, dan timbul kerapuhan tulang, sehingga dapat menyebabkan patah tulang.

Tiga lokasi yang paling sering patah tulang karena Osteoporosis adalah pergelangan tangan, tulang panggul, dan tulang belakang.

Hal lain yang menjadikan Osteoporosis berbahaya adalah karena terjadinya bisa tanpa gejala sehingga dapat saja tiba-tiba patah.

Beberapa orang menyatakannya sebagai ”silent disease”. Perilaku masyarakat juga menjadi salah satu faktor risiko yang dapat meningkatkan pengkeroposan tulang, seperti contohnya konsumsi alkohol, merokok, dan makan-makanan seperti soft drink, kafein dan lain sebagainya.

Go to fullsize image

Lifestyle sangat mempengaruhi, apalagi anak-anak sekarang sukanya makan burger, atau macam-macam fastfood, jarang yang makan semanggi, padahal semanggi dapat menunjang kesehatan tulang kita.


Selain pemilihan makanan yang tepat, olahraga juga menjadi pilihan tepat untuk cegah Osteoporosis, karena dapat meningkatkan kekuatan otot, dan apabila massa otot meningkat secara otomatis tulang akan lebih kuat.

Go to fullsize image

Bagi para penderita Osteoporosis beberapa program rehabilitasi dapat menjadi jalan keluar, seperti contohnya program latihan, terapi setelah patah tulang, dan program untuk menghindari jatuh. Karena dalam hal ini, para Usila (Usia Lanjut) biasanya bermasalah dengan keseimbangan mereka.

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. guskar says:

    semanggi yg dimaksud tanaman di pinggiran sawah itu kah bun?
    klo benar, ntar makan pecel lalapnya pake semanggi🙂

    =========================================
    Ya, bener Gus………..
    enak rasanya juga sehat……………:)🙂
    Salam.

  2. casrudi says:

    Tua itu pasti, sehat dan bahagia adalah pilihan… saya memilih sehat dan bahagia, cuma motivasi buat berolahraganya yang kadang naik turun…🙂

    Semoga Bunda dan keluarga selalu sehat adanya… amin
    ============================================
    Sama pilihan kita Kang Cas,
    semoga Kang Cas juga selalu sehat, amin.
    Salam.

  3. Yep says:

    Yang penting rajin olahraga ya Bun 🙂
    =================================
    Betul, Yep.
    Padahal saya termasuk yg jarang banget olah raga tuh………
    jadi, kadang suka dipaksa sama suami……….he……..he……:)🙂
    Salam.

  4. Zulhaq says:

    saya paling malas olahraga bunda
    makanya fisik saya gak begitu bagus
    dan gampang sakit🙂

  5. Pakde Cholik says:

    Semoga dihari tuaku tetap sehat,segar,sejahtera dan bahagia agar saya tetap bisa berkarya walau sekecil apapun.
    Ternyata penyakit itu cukup membahayakan dan menyengsarakan ya mbak.
    Emakku kayaknya banyak minum susu.
    Salam dari Surabaya mbak.

  6. Gostav Adam says:

    Tua itu sapa aja pasti akan mengalami namun kondisi yang sehat, kondisi yang bugar belum pasti. Banyak yang sudah tua malahan terkena penyakit yang aneh2 karena dahulu mudanya tidak pernah menjaga kebugaran badan kita baik makannya, maupun kurang oah raga

    salam mampir ke blog kami
    ============================================
    Setuju Mas, kalau kita selalu menjaga
    kebugaran sewaktu muda, mesti tuanya sehat ya………….
    Salam.

  7. nakjaDimande says:

    iya niyh bun, aku perhatiin posturku mulai membungkuk, akibat posisi kerja dan jarang olahraga juga.. semangat! olahraga lagi..!
    ===========================================
    he……….he…………:D😀 :DBundo yg kasih komen, jadi malu ambo,Bundo…………..
    yang dokter siapa ya……….????????
    Maafkan ya Bundo, kalau ada penulisan yg keliru………………..:D😀
    Salam.

  8. bibit m says:

    Lha harus bagaimana Bun? Apa yg pas utk dikonsumsi? Apa setiap makan perlu kita campuri batu gamping?

    =====================================
    Sabar, Mas Bibit, sabar ya……………..:D😀
    kok gitu aja terus marah………..:)🙂
    kalau utk Mas Bibit, makan boleh kok, tapi nanti ya, pas Maghrib…….:D😀😀
    Salam.

  9. Den Mas says:

    Bun, salah satu sebabnya kafein ya? Kalau sering minum kopi ngaruh juga nggak?
    ============================
    Kayaknya gitu, Den Mas,
    jadi kurangilah kopi, jgn terlalu sering,
    yang sedang2 saja…………………:D😀😀
    Salam.

  10. Hariez says:

    Malam Bunda..duhh jadi inget mamaku semoga beliau sehat selalu..dan semoga Bunda juga dalam keadaan sehat ya..ohh ternyata daun semanggi juga bisa mencegah ya Bunda..?? semoga Bunda dan mamaku sehat selalu😀

    Marhaban Ya Ramadhan..Mohon maaf bilamana Ada kata-kata yang menyinggung ataupun menyakiti baik sengaja ataupun tidak disengaja..mari sambut Ramadhan ini dengan hati yang bersih😀

    -salam- ^_^
    ================================================
    Sama2, Mas Hariez, saya juga mohon maaf lahir bathin atas segala kata2 yg kurang berkenan,
    Semoga dlm bln Ramadha ini, Allah swt meridhai ibadah kita, amin.
    Salam hormat saya utk Mama tercinta,
    semoga beliau selalu diberi kesehatan oleh Allah swt, amin
    Terima kasih doanya ya Mas……………..:)🙂🙂
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s