Agar selama menjalankan ibadah puasa ini, kita tetap merasa dan berpenampilan segar, ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan, seperti dibawah ini :

1. Perbanyak cairan, batasi karbohidrat.

http://www.guidaconsumatore.com/english/guides/food_beverage/mineral-water.html

Konsumsilah karbohidrat kompleks yg banyak mengandung serat, karena serat mampu bertahan lebih lama di dalam lambung. Β Saat sahur perbanyak minum air putih, dan hindari minum manis.

2. Jangan lupa sari buah.

Pilihan menu berbuka yg paling baik adalah sari buah, karena mengandung gula buah yg dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.


3. Konsumsi vitamin dan Mineral.

Beberapa vitamin, seperti vitamin A, B, C, dan E, wajib ada, walaupun dlm dosis kecil. Vitamin bermanfaat utk daya tahan tubuh, jenis mineral yg harus dipenuhi asupannya adalah zat besi, Kalium dan Natrium.

Kekurangan zat besi mengakibatkan tubuh lemas, pusing dan sulit konsentrasi. Kalium dan Natrium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Salam.

Sumber ; dr berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

16 responses »

  1. Rychan says:

    tips sehat dari bunda……….coba ah………πŸ™‚
    ====================================
    Alhamdulillah, Mas Rychan,
    semoga bermanfaat ya……………:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  2. muamdisini says:

    sari buah bisa digantikan dengan es buah?
    hehehe…
    makasih bunda tips-tipsnya bisa di terapkan dalam Ramadhan kali ini dan seterusnya nih..
    ================================
    Kalau sari buah, nggak pakai gula,
    rasa manisnya dr buahnya sendiri,
    kalau es buah, selalu ditambah gula atau sirup, gitu ya, Mas…………:)πŸ™‚
    Salam.

  3. Yep says:

    Waduh..siang2 begini, lagi jam2nya nih BunπŸ™‚
    baca minum dan makan buah….jadi gimana gitu rasanya Bun…Wuakakaka πŸ˜†

    ===============================
    Yaa…………hh maaf ya Yep,
    jadi tergoda ya…………….:DπŸ˜€
    Salam.

  4. Pakde Cholik says:

    Wah saya sudah 3 hari ini kok belum ketemu sari buah ya, kolak terus nich, apa karena tanggal tua yaaaaa. ha..ha..ha
    Terima kasih tipnya mbak.
    Salam dari Surabaya

  5. Dan jangan lupa berdo’a, biar diberi kekuatan!
    ==================================
    Beneeeerrrrrrrrrrr, Mas Seegaaaaarrrrrr……….
    apa kabar Mas Segar ?
    kemana saja ? cuti ya………………
    Salam.

  6. bibit m says:

    Itu yg kulakukan Bun kec yg nmr 3. Aq tdk biasa pake ‘dopping’. Buka bisanya banyak minum (kadang tdk mkn nasi) dan mkn sayur saja. Puasa kan lawan plg berat (secara fisik) kan cuma haus?! Waktu sahur … minum air putih sampe hooeekkk (wah berlebihan)
    =================================
    Lho, kok nggak makan tho Mas ?
    nanti lebaran, kurus kering, gmana ?πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  7. nakjaDimande says:

    bener bun, say goodbye to kolak..πŸ˜€
    tapi pengeeeennnn, hehhhe
    =============================
    sama, Bundo…………….kan enak ya……
    apalagi yg dr Bukittinggi tuh Bundo, yg isinya macam2,
    itu lho Bun……………..bubur kampiun…………:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  8. wah bunda, hari pertama Ramadhan saya sahur dengan karbohidrat semua hehehe… thanks ya tipsnya
    ================================
    pasti besok2, ditambahin sayuran nya ya Mas…….:)πŸ™‚πŸ™‚
    Selamat berpuasa, Mas.
    Salam.

  9. alamendah says:

    jadi kepengen makan lagi, bun.
    Padahal habis saja buka.
    he.. he..
    ======================================
    Masih laper ya Mas……………
    nanti pulang taraweh, makan lagi ya……………:)πŸ™‚
    Salam.

  10. kanglurik says:

    Selalu semangat Bunda…
    puasa tahun ini kanglurik Ujian Akhir…
    Doanya nggih,,,,
    =====================================
    Semangat terus ya Kang…………….
    Bunda selalu mendoakan, mudah2an Kanglurik sukses ujiannya, amin…………..:DπŸ˜€
    Salam.

  11. chokey says:

    Waduh..harus segera pulang kantor neh bunda..
    Thank atas jadi komen pertamaxx di blogku ..jarang-jarang neh bunda jadi yang pertama..biasanya Kangboed dah duluan nangkring atau si YEp hehe

    ==================================
    Rejeki dong , Mas Chokey…………..
    Biar nanti Yep yg kedua………………
    Salam.

  12. perigitua says:

    haddiirr…
    sore sore gini ngunjungin sahabat… sapa tau ada bekal buat buka nanti…..

    hhmmm…hadow bun, kenapa cuma satu yang nyangkut di kebiasaanku bun… yang pertama aja…😦
    harus diperbaiki ya bun???

    cu…

    ================================
    Kalau memungkinkan, lebih baik kali ya Mas Faza………
    kan Mbak Inno tercinta bisa bantu……………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  13. kolojengking says:

    Bener bunda… pesen simbah saya sejak masih SD dulu, kalo puasa minum air putih yang banyak. Tips itu saya praktekkan hingga sekarang dan memang manjur…

    Salam,πŸ™‚
    ======================================
    Biasanya orang tua2 dulu, banyak benarnya Mas Kojeng……………:)πŸ™‚
    Salam.

  14. Sakurata says:

    Info yang sangat berguna Bunda, terimakasih.

    *ingat istri* mode onπŸ™‚
    ===================================
    Istrinya Mas Sakura juga
    tadi bilang bunda, dia ingat Mas Sakura juga…………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  15. dinda27 says:

    Kebetulan sangat jarang minum yg manis2.
    Kalau buah doyan banget, nyaris segala macam buah.
    Banyak minum air putih itu memang sangat bagus buat kesehatan.
    Membantu mempermudah terbuangnya cairan yg tidak diperlukan tubuh.
    akh sok tau aku ya mbak.
    kalau obat meskipun itu vitamin … jujur ga’ doyan.

    Mbak, maaf lahir bathin, selamat menjalankan ibadah puasa.

    =============================================
    Duu….hh senangnya…………..:DπŸ˜€πŸ˜€ sahabat lama berkunjung…………
    Mohon maaf lahir bathin juga Mbak,
    Selamat menunaikan ibadah puasa, Mbak.
    Kebiasaan Mbak Dinda sehat dan bagus banget ya……………..:):)πŸ™‚
    cocok jadi contoh yg baik……………
    terima kasih Mbak utk masukannya.
    Salam.
    Maaf baru sempat BW.

  16. kupatahu28 says:

    Penting nih…

    ==============================
    Gitu ya………………?
    Alhamdulillah, mudah2an manfaat.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s