Go to fullsize image

Kopi merupakan minuman harian bagi jutaan orang orang. Setiap hari orang menikmati kopi, baik pagi, siang, sore maupun malam hari seluruh warga dunia menikmati kopi, entah buatan sendiri atau menikmatinya di kafe.

Namun beberapa tahun ini kopi mendapat pemberitaan jelek karena dianggap berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Di Inggris ada laporan tentang dokter yang menasehati Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, agar mengurangi minum kopi.

Namun tampaknya pandangan mengenai kopi ini terbalik . “Jangan hirauan cerita-cerita buruk itu,” kata seorang pakar gizi, Dr. Chiara Trombetti dari Lembaga Humanitas Gavazzeni, di Milan.

Go to fullsize image

Menurutnya, ada alasan untuk menikmati esspreso di pagi hari tanpa perlu khawatir dampaknya bagi kesehatan. “Kopi bisa baik bagi Anda”, katanya dan semakin keras kopinya maka semakin baik pula. Itulah sebabnya ia merekomendasikan espresso dan bukannya kopi instan.

Manfaat kopi Dr. Trombetti juga mengatakan ia sendiri membenci kopi, namun ia menunjukkan banyak-bukti ilmiah terhadap manfaat kopi. Kopi mengandung tannin dan antioxidant, yang terbukti baik bagi jantung dan pembuluh nadi.

Kopi juga bisa menghilangkan pusing kepala dan bagus untuk jantung serta bisa mencegah gangguan liver dan batu empedu. Selain itu caffeine dalam kopi bisa mengurangi serangan asma dan membantu memperbaiki sirkulasi dalam jantung.

Namun, jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menambah kegugupan dan menyebabkan detak jantung lebih cepat serta tangan gemetar.

Untuk para wanita hamil, pasien jantung, dan orang yang menderita maag biasanya dinasehatkan untuk tidak minum kopi. Dr. Trombetti juga mengingatkan supaya orang tidak minum kopi lebih dari tiga atau empat cangkir sehari.

Go to fullsize image

Nasehat lainnya adalah secangkir kopi dengan susu mungkin merupakan awal yang baik bagi para pencita kopi masa depan, yaitu anak-anak sekolah karena merangsang kerja otak.

Nasehat ini mungkin sangat bermanfaat bagi anak-anak Italia yang sering mengantuk di sekolah karena pelajaran berlangsung dari mulai jam 08.30 pagi sampai 16.30.

Salam.

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

17 responses »

  1. hair color says:

    *I’d have to check with you here. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

  2. Limewire says:

    I’ve been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made good content as you did, the internet will be a lot more useful than ever before.

  3. robbymilo says:

    Bund, kalo kopi instant itu efeknya belum tentu positif.
    1. Gulanya tidak terbukti asli
    2. Packaging, dan apakah bebas pengawet
    lebih baik beli kopi biasa, better kalo masih dalam bentu bean (jadi bener2 murni).
    oh iya, untuk ngeliat kopi local itu murni kopi or dicampur, pada saat diseduh dengan air mendidih tidak ada dedak yang mengambang.
    hehe ini masih ada stok Kopi Bengkulu, Toraja, dan Aceh lho…. Bunda mau coba?
    ============================================
    terima kasih banyak utk tambahan masukannya, Mas Robby,
    memang kopi pasti lebih enak yg asli ya, hmmmm….harum pastinya……..:)πŸ™‚
    bener nih………? bunda mau dikasih kopi dr berbagai daerah……………..:DπŸ˜€
    salam.

    • robbymilo says:

      Bunda, kopi bengkulu udah dipesen. Gimana cara nyampe ke tangan Bunda? kirim kemana Bund? itu nanti dikirim langsung dari bengkulu
      ===============================================
      Subhanallah, Mas Robby.
      bunda merasa terharu dan berterima kasih sekali atas perhatian Mas Robby.
      nanti bunda kirim alamat bunda via e-mail ya, Boleh ?
      apa yg bisa bunda berikan sebagai ungkapan terima kasih ini ?
      Salam.

      • robbymilo says:

        email aja ke robby.ikh@gmail.com

        ah nyantai aja Bund.. sesama coffee lover huhuhu
        ======================================
        terima kasih banyak Mas Robby.
        Semoga Allah swt menggantikannya dgn yg lebih baik utk Mas Robby, amin.
        salam.

  4. mamaray says:

    Saya juga suka kopi Bunda, yang 3 in 1
    Kadang pagi, kadang sore… karena saya bekerja, kadang pas nyampe rumah saya sudah ngantuk, saya tidak semangat nemani anak-anak main, nemenin suami melek. Ngelonin anak, langsung ikut bablas tidur saya, Bunda, akibatnya suami senewen.Hehehe… karena itu saya ngopi di sore hari, gak ngantuk lagi tuh Bun…

    Salam kenal, Bunda…
    ========================================
    kalau bunda hanya sekali sehari saja ngopi,
    dan sisanya lebih banyak minum air putih dan teh hijau saja.
    salam hangat utk keluarga ya Mamaray.
    semoga selalu sehat.
    salam.

    Ly

  5. ganesha says:

    I luv coffe..,

    Salam kenal,,

  6. bibit m says:

    Mbah Surip (alm) setdknya 20 kopi setiap hari … sambil bilang ai lop hyu puuulll. Aq ..??? Wah musuhan sama kopi, punya maag Bun. Kalo kadang2 ya pernah, tp hrs dicampur susu … itu pun blm tentu sebulan sekali
    =====================================
    wah, padahal ngopi tuh enak lho Mas,:)πŸ™‚
    tapi ya kalau ada sakit maag, nggak bisa minum juga ya……..
    saya ngopi cuma sekali sehari , pagi hari saja, selebihnya air putih dan teh hijau…..
    Salam

  7. dinoyudha says:

    kalo saya kopi thok g bisa, g kuat… harus kopi susu, atau moccacinno…atau javacinno latte (ini mah susu y?)….

    jd inget mbah surip…
    ==================================
    Yang penting, siang ini nggak lagi minum kopi susunya
    kan Mas Dino…………….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam.

  8. Zulhaq says:

    kalo saya, gak berani minum kopi bunda
    asam lambungnya pasti naik, makanya sebisa mungkin saya hindari. apalagi puasa seperti ini

    ==================================
    jadi minum teh atau air putih saja ya Mas ?
    lebih sehat kok, saya ngopi cuma sekali, pagi hari,
    sisanya minum air putih dan teh hijau.
    Salam.

  9. Pakde Cholik says:

    Saya dulu pernah kliyeng-kliyeng pusing dipagi haru di Namibia, setelah minum kopi langsung weeeeehhhhhhh, ceria lagi.Saya minum kopi sehari 2x, pagi dan sore. kalau lagi kepingin extra ya cappucino rentengan lebih murah, ha..ha..ha.
    Soal kopi memang beritanya macam-macam mbak, ada yang melarang dan ada yang menganjurkan. Saya ambil tengah-tengah saja deh” jangan berlebihan dalam segala hal”. Mandi itu baik, kalau sehari mandi sampai 25x kan malah jadi nggak baik yho mbak.
    Terima kasih pencerahannya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    =====================================
    Saya juga setuju Pak,
    segala yg berlebihan ya nggak baik,
    ambil yg tengah2 saja…………..:DπŸ˜€πŸ˜€
    Salam,

  10. guskar says:

    klo puasa gini minum kopi saya berkurang satu gelas bun… biasa 3 gelas/hr jd 2 kali saja. ketika pulang taraweh dan saat sahur…πŸ™‚

    ===================================
    Ternyata 2x sehari sudah cukup ya Mas…………..:DπŸ˜€
    Salam.

  11. Jajang says:

    saya sich jarang minum kopi, tapi artikelnya bagus bun. saya jadi tau keuntungannya kalo gak minum.

    ====================================
    Saya juga ngopi cuma sekali sehari, pagi hari saja, Mas.
    Selebihnya banyak minum air putih dan teh hijau.
    Salam.

  12. Yep says:

    Wah saya juga suka ngopi Bun…pagi dan siang hari pasti dan harus πŸ™‚

    Kalau ngak dapat kopi…seperti ada yang gimana gitu… ??? πŸ˜†

    Thanks infonya Bun…jadi sedikit menenangkan kekhawatiran saya tentang kopi πŸ™‚

    ====================================
    Saya juga ngopi Yep,
    tapi cuma sekali sehari, pagi hari,
    selebihnya minum air putih dan teh hijau.
    Salam.

  13. Den Mas says:

    Bun, kalau sampai ketagihan kaya saya gimana neh? Waduh, sampai nggak bisa kerja kalau belum minum kopiπŸ™‚
    ==================================
    Nggak apa 2 kok Den Mas,
    yang penting kan Den mMas tetap sehat ya………….:)πŸ™‚πŸ™‚
    Salam.

  14. Bang Dje says:

    Cocok nih. Saya dan istri hanya minum masing2 secangkir kopi setiap pagi.
    Segala sesuatu kalau terlalu memang tidak baik …
    ==========================================
    Bener Bang Dje.
    Allah swt hanya menyukai yg sedang2 saja,
    yg tidak berlebihan.
    Salam utk istri tercinta…….:DπŸ˜€πŸ˜€
    Selamat meuanaikan ibadah shaum.
    Salam.

  15. deeedeee says:

    saya suka bgt minum kopi, bun… tapi bukan kopi yg hitam pekat, tp kopi mix.. enak rasanya:mrgreen:

    makasih infonya, bunπŸ˜‰
    ==========================================
    Sama dong Deee Deee,
    saya juga minum kopi sekali sehari, kopi nescafe.
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s