Apakah Anda sedang marah, namun tetap tampil manis, kedengarannya sangat sederhana. Namun kebanyakan dari Anda seringkali mengalami hari-hari buruk yang menyebabkan bad moodbad temper (BeTe) sehingga Anda tidak dapat tampil manis di depan orang-orang sekitar Anda.

Beberapa Tips berikut ini akan sedikit mengendalikan ‘aura BeTe’ Anda, sehingga tidak menyakiti orang-orang di sekitar Anda:

1. Identifikasi Diri.

Bagaimana Anda tahu bahwa hari ini Anda tengah BeTe ? Apakah Anda baru saja menendang kucing ? Memberikan ‘Jari’ Anda ke pengendara mobil yang lain ? Membanting pintu di depan muka tetangga Anda ? Atau baru saja meninju seseorang ?

Jika memang ada satu dari beberapa contoh di atas sesuai dengan kondisi Anda, maka Anda benar-benar mengalami mood yang sangat buruk (rotten mood). Anda harus segera duduk dan biarkan Anda merasakan betapa buruknya mood Anda saat itu.

2. Cari Penyebabnya.

Go to fullsize image

Setelah itu, cobalah cari penyebab mengapa mood Anda sangat buruk hari itu. Seseorang baru saja menabrak mobil Anda dalam perjalanan ke kantor ? Cewek Idaman Anda mengacuhkan Anda dan berpaling pada cowok lain ? Tagihan Kartu Kredit sampai di meja Anda dan Anda tidak memiliki uang sepeser pun untuk membayar ? Atau perusahaan Anda bangkrut dan Anda kehilangan pekerjaan ?

Semua contoh-contoh tersebut merupakan alasan yang ‘bagus’ untuk membuat Anda mengalami hari yang buruk.

3. Tenangkan Diri.

Go to fullsize image

Sediakan beberapa waktu untuk menenangkan diri. Apakah 10 menit sambil menikmati kopi di lounge kantor atau ijin pulang kantor awal untuk menenangkan diri di rumah. Singkatnya, berikan waktu pada Anda untuk menghilangkan tekanan-tekanan yang ada.

4. Tengok Kanan-Kiri.

Selanjutnya, cobalah lihat orang-orang di sekeliling Anda. Mereka semua cukup kuat dan tabah dalam menghadapi problem-problem hidupnya. Dan tanyakan pada diri Anda sendiri, Apakah pantas Anda menimpakan rasa BeTe Anda kepada mereka ? Sedangkan mereka tidak pernah ‘mengusik’ Anda dengan permasalahan mereka.

5. Ubah Pola Pikir Anda.

Go to fullsize image

Tahap selajutnya adalah merubah pola pikir Anda. Setelah mampu merasakan keberadaan mereka di sekililing Anda, tanamkan komitmen pada diri Anda bahwa Anda tidak boleh menyakiti mereka.

6. AIM Process.

Aware, Identify dan Modify merupakan langkah dasar mengatasi rasa BeTe Anda. Setelah tahap tersebut, Anda tinggal mencari cara agar Anda bisa menghargai dan bersikap manis pada diri Anda sendiri. Karena dengan Anda mampu menghargai diri Anda, Anda akan dengan mudah menghargai dan bersikap manis pula kepada orang lain.

7. Pesan Orang Bijak :

“Lakukan sesuatu pada orang lain, sebagaimana mereka memperlakukan diri Anda”. Jika Anda tidak bisa berbicara dengan manis, lebih baik Anda diam. Jadi, ketika Anda menghadapi hari-hari buruk dan tidak mampu menguasainya dengan cepat, maka sebaiknya Anda segera menghindari ‘orang-orang tak bersalah’ yang ada di sekeliling Anda.

Semoga hari2 anda selalu indah, sahabat.

Salam.

Sumber ;health today.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

4 responses »

  1. tips yang hebat bunda, tapi gimana… kadang wajah tak bisa membohongi orang lain kalau lagi marah? pasti bawaannya kusut mulu’ hehehe🙂
    ===============================
    Betul ya ,Mas.
    kalau pas mukanya lagi kusut, pergi dulu menyendiri
    mungkin akan lebih baik utk kita dan orang lain .
    Salam.

  2. Pakde Cholik says:

    Saya kalau marah kadang masang “muka sengak dan full nggak enak”, staf saya dah tahu kok.
    Kalau dengan isteri, selain muka sengak juga sering diam saja. Ditawari makan, njawab pendek-pendek. Marahku berakhir manakala isteri sudah mulai berlinang air mata. ha..ha..ha. Itu dulu, sekarang sudah tua ya jarang marah.\
    Salam hangat dari Surabaya.
    =======================================
    sampai sekarang saya kalau marah ya masih sama,
    diam saja, nggak ngomong2.
    Salam.

  3. Yep says:

    Terima kasih Tips-nya Bun…tapi masih sulit kadang 😆
    Lagi marah disuruh tampil manis 🙂

    ===============================
    ha…………..ha………
    saya juga gitu Yep,
    kalau marah, ya..diam saja, emoh ngomong…
    Salam.

  4. Suasana hati kita yang sedang be-te tidak lantas memberi kita hak istimewa untuk menyakiti orang lain.
    ============================
    Tepat sekali, Mbak🙂🙂🙂
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s