Jacky Onassis, Soekarno, ataupun Suharto, memilikinya. Pesona/daya tarik, merupakan senjata ampuh seorang komunikator. Dengan hal ini, Anda dapat berkomunikasi mudah dengan setiap orang.

Go to fullsize imageGo to fullsize image

Berikut ini 5 Tips yang dapat Anda gunakan untuk memunculkan pesona diri Anda dalam berkomunikasi:

1. Pertama: Fokus.

Tidak ada yang lebih penting dalam mengembangkan sebuah percakapan, selain menganggap lawan bicara Anda seolah-olah hanya dia seorang yang ada dalam ruangan tersebut. Dalam konteks ini, Anda sebaiknya mampu menempatkan atau menomor duakan ego Anda di belakang keinginan lawan bicara Anda. Ubah dan salurkan ego Anda tersebut dalam bentuk pertanyaan balik, sehingga mampu mengesankan Anda sebagai pendengar yang baik.

Toni Alessandra, Ph.D, pengarang buku Charisma, mencontohkan beberapa pertanyaan yang dapat Anda pergunakan sebagai pertanyaan feed back seperti:

1) Sampaikan respon verbal, “Hemm”, “Benarkah?”, dan “Wow?”.

2) Sampaikan respon bahasa tubuh seperti senyuman, anggukan, dan tatapan mata antusias.

3) Garis bawahi poin-poin yang diutarakan lawan bicara Anda, agar Anda dapat menyampaikan pertanyaan yang relevan.

2. Kedua: Bantulah lawan bicara Anda agar merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan Anda.


Berusahalah menemukan sesuatu atau apapun yang membuat Anda tertarik dengan lawan bicara Anda, karena lawan bicara Anda akan dapat merasakan ketertarikan Anda. Ini dapat Anda lakukan dengan memandang lawan bicara Anda secara penuh empati. F. Scott Fitzgerald, menyampaikan bahwa hadiah terbaik yang dapat Anda berikan pada seseorang adalah dengan memberikan perhatian, sebesar perhatian yang ingin mereka dapatkan.

3. Ketiga: Senyum.

Go to fullsize image

Victor Borge, seorang pianis dan komedian, menyampaikan bahwa ‘senyum’ mampu menempatkan Anda dan audiens/lawan bicara Anda pada jarak yang paling dekat. Semua orang bias tersenyum, namun senyuman yang tulus dapat terpancar dari mata Anda dan dapat membuat suasana ‘mencair’.

4. Keempat: Ingat, Seorang yang penuh pesona selalu memperhatikan hal-hal kecil.


Anda dapat memulainya dengan mengingat nama lawan bicara Anda, dimana sebagaian dari kita seringkali mudah melupakannya. Kalaupun Anda mengalamai kesulitan, buatlah catatan kecil. Sebagai tambahan, Seorang Top Salesman, mengelola dengan serius data-data pelanggannya. Dengan mengacu pada data tersebut, dia dapat lebih dekat dekat dengan kehidupan pribadi pelanggannya.

5. Kelima: Energik dan antusias/bersemangat.


Go to fullsize image

Seseorang yang mempunyai ‘magnet’ atau daya tarik diri, biasanya memiliki percaya diri yang tinggi. Energik dan antusias biasanya mudah menjalar dan menular kepada lawan bicara Anda dengan mudah.

Bagaimana dengan anda para sahabat ?

Apakah anda termasuk orang berkharisma ?

Salam.

Sumber : dari berbagai sumber.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

12 responses »

  1. Bujang kawak says:

    Okelah klw begitu

  2. Bujang kawak says:

    Woww bun boleh tuh ..coba ah

  3. yuliani says:

    tq, walaupun hal terlihat biasa saja, klo dilakukan kan menjadi yg besar

  4. [[bondiebluesy]] says:

    top dah..

  5. Galuh Ardi says:

    yang penting rutin gosok gigi agar gigi sehat dan senyum semakin mantap.. hehehe.

    Salam.
    ===============================
    Selamat menjalankan ibadah puasa.
    Salam.

  6. kolojengking says:

    Kharisma?

    Hm… Gak setiap orang memilikinya bunda. Terutama bung karno, konon katanya, mendengar pidatonya orang bisa begitu terpana. Apalagi jika sampai berbicara empat mata…

    Salam,🙂
    ===================================
    Ya memang hanya orang2 tertentu yg memilikinya ya Mas.
    Salam.

  7. blogpopuler says:

    hehehe..kelihatannya saya perlu banyak belajar biar jadi orang yang punya kharisma

    ============================
    Wahhh…..sekarang saja blog nya sudah penuh kharisma Mas……
    saya yakin, pemiliknya juga………….:)🙂🙂
    Salam.

  8. Aldy says:

    Lha ini lagi sakit gigi kok bunda, nggak bisa senyum bisanya cuma nyegir doang…., orang-orang besar memang selalu memiliki kelebihan dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan. Tips diatas pada dasarnya bisa kita laksanakan, cuma yang menjadi benturan ada konsistensi kita melakoninya.
    ==========================================
    Betul Mas,
    karena tdk semua orang selalu konsisten dgn apa yg
    mereka katakan dan lakukan.
    tapi, kalau ngeblog sih, slalu konsisten……………:D😀😀
    Salam.

  9. Yep says:

    Mmmm….Wow… 🙂
    Saya lagi mempraktekkan Bun…. 🙂
    Salam Sayang Selalu 🙂

    =========================
    Hmmm………..saya yakn,
    sahabat saya yg terbaik ini, memang sudah berkharisma………:D:D😀
    Salam.

  10. kawanlama95 says:

    dan sering tersenyum ,lebih cepat meyapa orang, .

    terima kasih tipsnya.

    ==========================================
    terima kasih atas tambahan masukannya Mas.
    salam.

  11. Disamping beberapa ulasan di atas, tambahan aja nih.. biasanya mereka itu juga pekerja keras, di samping bawaan lahir kali ya..😀
    ====================================
    Mungkin juga ya Mas,
    ada bakat ……………:)🙂🙂
    salam.

  12. celetukansegar says:

    Mantap ulasannya!

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s