Kesuksesan seseorang dalam hidupnya sedikit banyak juga tergantung pada kreatifitas atau kemampuannya untuk “menciptakan” sesuatu hal yang baru, baik suatu produk barang ataupun cara penyelesaian permasalahan sekalipun. Kreatifitas bukan bakat, melainkan usaha. Karena itu Anda dapat meningkatkan kreativitas dengan melakukan latihan-latihan berikut ini:

1. Mencari Sudut Pandang Lain.

Salah satu latihan untuk mengasah kreatifitas adalah dengan mencoba memandang sesuatu dari perspektif lain -yang sama sekali baru. Misalnya : ambil sebuah pensil, lalu pikirkanlan dan tuliskanlah sebanyak mungkin ide anda terhadap kegunaan pinsil tersebut – selain untuk menulis – misalnya sebagai tusuk konde, sumpit makan, dsb. Hal ini dapat pula Anda terapkan di lingkungan kerja Anda, misalnya carilah alternatif solusi sebanyak-banyaknya terhadap sebuah masalah. Untuk kedua contoh di atas, berikan batasan pada hal-hal yang bersifat ‘mungkin dilakukan’ dan masuk akal.

2. Menciptakan Sesuatu.

Salah satu kegiatan yang menuntut tingkat kreatifitas tinggi adalah menciptakan karya seni. Untuk itu cobalah untuk menciptakan sesuatu yang bisa digolongkan kepada sebuah karya seni. Cobalah untuk membuat barang-barang seni dari benda-benda di sekitar Anda. Tekankanlah pada prosesnya, bukan pada hasilnya. Misalnya, jika Anda gemar menggambar, cobalah menggambar benda imajinatif yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Atau apabila Anda suka menjahit, ciptakanlah potongan baju yang baru dari potongan kain yang Anda miliki.

3. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya.

Salah satu kunci kreatifitas adalah penguasaan informasi. Contoh, jika Anda ingin menggambar dengan warna hijau namun cat hijau Anda habis, informasi tentang warna biru dicampur kuning akan menjadi hijau tentu akan sangat bermanfaat.

4. Teka-Teki Silang (TTS).

Mengisi teka-teki silang (TTS) secara teratur juga dapat menajamkan pemikiran dan meningkatkan kreatifitas Anda. Karena dalam TTS Anda diharuskan berpikir keras mencari alternatif kata sebanyak mungkin dan bagaimana kata tersebut sesuai dengan kata yang lain.

5. Disiplin.

Kata Disiplin disini lebih ke arah disiplin pada diri Anda sendiri.Paksa diri Anda untuk menyelesaikan proses melatih kreatifitas Anda. Lakukan dengan target tertentu. Misalnya: mengisi 1 TTS setiap hari, mencari minimal3 alternatif penyelesaian setiap permasalahan di kantor atau memikirkan minimal 5 kegunaan lain dari sebuah benda.

Selamat berkrestivitas…….!!!!

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

16 responses »

  1. memang kreatifitas di jaman sekarang ini betul-betul sangat di perlukan

  2. guskar says:

    proses kreatifitas saya..salah satunya baca2 tips a la bunda ini… tuing… keluarlah ide…
    thanks ya bun
    =========================================
    Alhamdulillah…………..
    tapi, nanti jadi buessaaaarrr kepala saya,:)🙂🙂
    salam.

  3. Babesajabu says:

    Wah, keren banget nich tipsnya. Saya udah lakukan point 1 sampai 3 Bunda, tapi kalau yg ke 4 jarang banget, hehehehe…
    ====================================
    he……he……….:)🙂
    Babe ,kan namanya juga manusia, nggak ada yg sempurna
    salam.

  4. Koko says:

    Bunda saat kita susah mikir alias blank bgt, gimana cara ngatasinnya ya…

    ====================================
    Kalau saya pribadi sih,
    paling melakukan hal2 yang menyenangkan seperti membaca ataupun hanya memandangi bunga2 di halaman rumah yg cuma segitu2nya ….:)🙂
    tetapi, mungkin berbeda utk tiap orang Mas Koko…..
    salam.

  5. Endang Kusmana says:

    Hallo bunda jumpa lagi..

    tips yang bagus, memang kreatifitas itu akan lenyap jika kita kurang melatih diri kita untuk berkreasi.

    Sukses…
    blognya sudah semakin mantap.
    ===================================
    Terima kasih Pak Kusman.
    Namun saya masih harus banyak belajar Pak………….:)🙂
    terima kasih juga atas supportnya.
    salam.

  6. blogpopuler says:

    Cara yang keempat nggak pernah aku lakukan.nggak ada waktu untuk itu.salam

  7. haniifa says:

    @Bunda
    Saiyah ingin tahu bagaimana pendapat @Bunda dari sudut pandang lain… bukan sulap bukan sihir, Insya Allah.

    http://haniifa.wordpress.com/2009/08/11/konsep-bilangan-biner-berawal-dari-al-quran/

    Salam hangat selalu, Haniifa.

  8. isnuansa says:

    Kalo saya lebih suka yang nomer 3 Bund. Cari informasi sebanyak-banyaknya. banyak baca berarti makin banyak pengetahuan😉
    ===================================================
    Setuju tuh Mbak,
    makin banyak baca, makin banyak juga tahu ya………..:)🙂
    terima kasih sudah mampir Mbak.
    salam.

  9. Pakde Cholik says:

    Point 1 sudah saya lakukan lho mbak.Misalnya saya melihat uban dirambut isteri saya, lalu saya buat coretan judul awal untuk masuk ke blog ” Uban bertebaran, benarkah karena keturunan ?”. Sekali waktu lihat isteri membuat sambal, lalu saya buat coretan judul awal :” Membuat sambal dengan menggunakan palu, why not “.

    Kayaknya point lain juga sudah saya terapkan dink.
    Mantap mbak.
    DSalam hangat dari Surabaya.

    ==========================================
    Saya yakin itu,
    Pak Cholik pokoknya pwaling muanteb deh…………..:)🙂🙂
    apaaaa………..aja bisa jadi bahan tulisan ya Pak…………….
    saya jadi suka iri deh…………:)
    salam.

  10. omen says:

    salam kenal bunda….
    setuja bun, kreativitas didalam diri ini sebenarnya sangat besar bun, cuma terkadang kita tidak menyadarinya dan juga kita tidak mengetahuinya…
    kreativitas ini bisa kita manfaatkan untuk memudahkan kita dalam melakukan segala kegiatan, sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dalam melakukan kegiatan saperti biasanya yang kita kerjakan…

    salam kenal bun😀
    ===========================================================
    Salam kenal juga Mas Omen,
    terima kasih atas masukannya ttg tulisan diatas,
    dan terima kasih jg sudah berkunjung.🙂🙂
    salam

  11. keren banget tuh tips n triknya…
    klo yg no 5 saya masih sering langgar tuh hehehe…
    klo 1-4 sie saya suka banget…
    salam hangat bundaku😀

    ==============================================
    Alhamdulillah, ya Mbak Kartika …………..
    salam.

  12. casrudi says:

    Nah, disini ada kesukaan saya Bun… ngisi TTS… Hehehe… Menjelang puasa ramadhan biasanya marak orang jualan TTS, selain melatih kreatifitas dalam hal kata, juga melewati senggang menunggu adzan magrib…😀
    Makasih tips nya Bun, inspiratif dan mudah dilakukan…😀

    =======================================
    Terima kasih Kang Cas,
    alhamdulillah, kalau ada manfaatnya……..
    saya juga suka ngisi TTS tuh……………..:)🙂
    salam.

  13. Yep says:

    Terima kasih tips dan sarannya ya Bun… 🙂
    Sangat memberi inspirasi untuk saya 🙂

    ====================================
    Alhamdulillah, kalau memang bermanfaat Yep…:)🙂
    salam.

  14. muamdisini says:

    waduh..ngisi TTS yah bunda?…
    udah jarang melakukannya, rasanya kalo ngisi TTS terlalu lama waktunya bunda,,
    ada alternatif yang lain?…hehehe..

    ============================
    Kan ngisi TTS nya nggak usah
    langsung selesai, dicicil aja kali ya Mas…………..:)🙂
    salam.

  15. chokey says:

    Sebelum Kang boed datang dengan keduaxxxx,
    Izinkan saya mengambil tempat bunda heheh.
    Lagi iseng neh …

    ===========================
    idiii…hh Mas Chokey…..
    lomba pertamax dan keduax dgn KangBoed ya………..:)🙂
    salam.

  16. chokey says:

    Alhamdulillah saya jadi pertamaxx…hehehe
    akan dipraktekkan sarannya bunda

    =================================
    Amin, mudah2an sukses ya Mas
    dlm mempraktekkannya……………..:)
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s