Guyonan ini kerap tercetus. Ketika bau kentut (maaf) merebak, orang Inggris yg kebetulan ” membuang” nya mengaku dengan bilang ”Pardon me”, tapi kalau  kebetulan orang Australia yang melakukannya ia akan berkata ” forgive me”, sedangkan orang Amerika ”excuse me”. Tapi, apa kata orang Indonesia ? ”not me”.

Pasti ada keprihatinan yg dalam sehingga kita begitu sinis kepada bangsa sendiri. Ya. Barangkali.

Lalu lintas jalan raya adalah wujud keprihatinan itu. Rangkaian sepeda motor bagai tak putus, mempersulit mobil yg akan membelok – bahkan ketika lampu sein telah lama berkedip – memberi isyarat.

Para pengemudi itu seolah bilang  ” Beloknya nanti saja setelah saya lewat ” . ”Biar orang lain saja yg memberi jalan, bukan saya”.

Heran nya, itu tak cuma terjadi di Jakarta, iringan sepeda dan becak di sebuah kota kecil di Jawa-Tengah tak juga memberi kesempatan ketika ada sesama pengguna jalan ingin memotong. Mereka tetap santai menggenjot pelan, tapi juga tdk mengerem utk memberi jalan Biar orang lain yg mengalah, bukan saya ”.

Kita tidak mau mengalah, itu bagus kalau konteksnya tepat.  Tapi, saat harus memberi kesempatan pada orang lain ( yg mungkin  lebih ) membutuhkan, semangat ogah mengalah itu, jelas salah.

Kalau konteksnya adalah pemenuhan nurani yg egosentris, lagi2 jalan raya tak kurang menyajikan bukti, misalnya; kecelakaan krn pelanggaran rambu, atau bus penuh penumpang yg dihajar kereta-api  setelah menerobos palang pembatas.

Mental ”asal bukan saya” juga menjadi pertanda lepas tanggung jawab, bahkan pengecut, ” Kalau ada apa2 biar orang lain saja, asal bukan saya”

Maka di setiap seminar atau rapat besar, kursi terdepan sering kosong, karena orang enggan menanggung resiko kalau ada apa2, asal bukan saya.

Padahal di saat lain, orang saling sodok di depan loket karcis, saling injak berebut kupon sedekah atau BLT. Disini yang berlaku adalah ” Biar saya duluan ”. Tak peduli orang lain kebagian atau tidak.   Ironis ya ??

Salam.

Sumber :lentera [sl].

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. casrudi says:

    memang ironis sekali Bun… menyinggung soal sedang rapat, memang betul kursi depan suka kosong… orang-orang lebih memilih kursi belakang atau tengah, kursi paling aman untuk menutupi kelemahan/kekurangan… saat pembagian BLT atau sejenisnya, banyak orang saling sikut untuk menjadi yg terdepan… yg ini kontras, justru untuk menunjukan kekurangan… semoga dengan artikel ini banyak orang yg tersadarkan, termasuk saya…

    Selamat Pagi Bunda, semoga kesehatan selalu menyertaimu…
    ===================================================
    Iya Bener Kang Cas,
    miris juga ya…:(😦
    Mari kita mulai dr diri kita sendiri dulu
    utk merubah kebiasaan2 yg ”ogah” itu
    salam.

  2. Yep says:

    Hi…hi…jadi malu Bun ? Saya yakin semua yang komen disini klu mau jujur pernah melakukan hal ini bukan ?
    Tapi mungkin dengan versi yang berbeda dan ….. 🙂

    ===========================================
    Iya bener tuh,
    tetapi mungkin nggak separah seperti yang
    saya tuliskan disini kali ya Yep….:)🙂
    salam.

  3. agoesman120 says:

    Mental “not me”.. sudah dicontoin oleh penguasa… jadi rakyatnya juga ngikut lagi-lagi kalo salah “not me” tapi “kambing hitam”
    Salam Hangat
    Merdeka….

    ============================
    Merdeka juga……………….
    semoga kita dpt merubahnya ya Mas Agoes…..
    dimulai dr diri sendiri dulu…..:)🙂
    salam.

  4. chokey says:

    Hehehe….typikal Indonesia emang ghitu ya Bunda ?
    salam sukses

    =============================
    he…………..he……….kayaknya gitu ya Mas Chokey………..
    mari kita mulai merubahnya dr diri kita
    sendiri dulu ya……………..
    salam.

  5. KangBoed says:

    SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLL
    =====================================
    i luv You full juga..::)🙂
    utk sahabat tersayangku KangBoed…………….
    salam

  6. dinoyudha says:

    Indonesia oh indonesia…

    ==========================
    namun………………….tetap kucinta……….:)🙂
    salam.

  7. D3pd says:

    Selamat sore Bunda, saya juga pernah mengalaminya lho Bun, ^_^…V

    ============================
    hampir setiap hari, kalau di jln raya,
    kita pernah mengalami hal yg serupa ya Mas Dyka.
    salam.

  8. Imam Setiyo says:

    Salam hangat sobat. Saye Imam Setiyo

    Terima kasih sobat telah berkunjung ke blog ane, sama2, sebenarnya blog ane cuma blog sederhana yang saya gunakan tuk berbagi info aja sekalian buat tugas dri guru it, jadi jarang ada artikel yang bermanfaat di blog ane.
    😉 Semoga silaturohim kita tetap terjaga, salam blogger Indonesia !🙂
    ===========================================
    Terima kasih atas kunjungannya Mas Imam,
    saya juga masih belajar, dan merasa terhormat atas kunjungannya,
    salam.

  9. abifasya says:

    ya bund, kondisi bangsa kita memang dah seperti itu. hal itu terjadi bukan hanya dikalangan awam tapi dikalangan ataspun saling jegal dan saling mendahului itu juga terjadi.
    ya… biarkanlah mereka begitu “asal bukan saya”😆 :mrgreen:

    =================================
    ”asal bukan saya”nya Mas Abi
    konteksnya positif ya Mas………….:):)
    salam.

  10. trieand says:

    Siang bunda, waduh kirain mo posting artikel “kentut” kayak blog aku bun, gak taunya cuma buat prolog aja… bagus bunda artikelnya…

    ===================================
    waaa…..hh trie bikin posting ttg itu ya………:)🙂
    terima kasih juga Trie.
    salam.

  11. bener juga ya, kadang kita cari selamat sendiri padahal kita juga salah…makasih sobat

    =================================
    Sama2, terima kasih jg Mas Iwan.
    salam.

  12. iya, ya…
    sering juga saya berlaku seperti itu…
    makasi uda diingetin, bunda…😉

    ==================================
    memang begitu Mas,
    lebih mudah memulainya dr diri kita sendiri
    lebih dulu.:)🙂
    salam.

  13. mascayo says:

    hehehe… bener banget nih.
    kok kita bisa begitu yaa?

  14. bibit m says:

    Ada mobil mau belok, aq berhenti … eee, malah diklakson motor2 di belakangku! Laen waktu, ada ibu2 mau nyebrang, kukurangi kecepatan … eee, motor di belakangku malah nyelip dgn kencang! Bener2 gak mau toleransi.
    Tp syukurnya, jk ada sesama motoris tabrakan, yg laen nolong, laennya berusaha nutupi jalan agar arus kendaraan melambat, biar gak terjadi tabrakan beruntun. Lumayan … msh ada torensi!

    =================================
    Alhamdulillah, tapi………kenapa hrs nunggu tabakan dulu ya……………?
    salam.

  15. alamendah says:

    Sosok yang dulunya digambarkan penuh tenggang rasa ternyata tak punya rasa.
    Egoisme telah mengalahkan segalanya di bangsa kita.

    ================================
    Kenapa ya………………?
    kalau Mas Ebiet.G.Ade bilang……………..
    tanya pd rumput yg bergoyang………….
    salam.

  16. siais says:

    kalo bukan kamu syapa lagi??
    ===========================
    Siapa ya……………..
    kamu aja deh…………….mau nggak ???:)🙂
    salam.

  17. guskar says:

    cerita di atas mmg endonesa banget bun…🙂
    1. berbuat salah, pake ilmu taichi master(perhatikan gerakan tangan yg spt menolak, termasuk menolak mengakui kentut sendiri)
    2. perkara disiplin lalu lintas, antri, dsb : lupa bertenggang rasa
    3. menolak duduk di barisan depan, maaf, kita masih bermental begundal.
    4. urusan perut? penginnya nomor satu…😦

    ===================================
    Sedih juga ya Mas, melihat keadaan seperti ini
    disekeliling kita.
    Semogalah kita tdk termasuk diantaranya, amin.
    salam.

  18. hehehh… betul tuh bun.. soal ‘not me’.

    btw soal kue rangi, bunda, aku nitip dunk klo lagi ke mayestik. di mayestik mananya bun?? aku mau banget beliiii…:mrgreen:

    ================================
    Kesukaan kita sama ya Dila……….:)🙂🙂
    di mayestik banyak kok Dila,
    di pinggir2 jalan di dlm pasarnya selalu ada yg jual tuh………
    salam.

  19. nh18 says:

    “Rangkaian sepeda motor bagai tak putus, mempersulit mobil yg akan membelok – bahkan ketika lampu sein telah lama berkedip – memberi isyarat …”

    Ini bener bangeeeettt …
    Saya sebel sekali kalo mau belok tapi ndak bisa-bisa … gara pating njeruntul motor yang ndak mau ngalah …
    nyelip-nyelip pula …

    ah …
    ===========================
    dan……………..kalau kesenggol, sudah bisa
    dipastikan, selalu kita yg salah dan kena maki………….:(😦
    salam.

  20. Dalmuji says:

    memang ironis sekali bunda, kalo bicara kedisiplinan bangsa kita ini.

    =====================================
    Semoga kita dpt mengambil pelajaran,
    dan tdk berperilaku seperti mereka ya Pak……………
    salam.

  21. celoteh says:

    Semoga suatu saat Indonesia bisa berubah
    Amiinnn

    ================================
    Amin, selama masih ada yg berusaha kearah sana
    insyaAllah, bisa Mas………………………..
    salam.

  22. nakjaDimande says:

    klo di minang ada pepetahnya bun:
    tahimpik nak di ateh, takuruang nak dilua..

    dalam keadaan apapun ngga mau kebagian susahnya
    maunya hidup tanpa resiko

    kentut, tapi ga ngaku..
    mau BLT.. tapi saling injak.. pengen duluan..

    seolah di dunia ini hanya ada dirinya seorang
    nya..??? siapa ya bun.. jangan” aku..

    ==================================
    Lho……………..? yg lainnya…………ngontrak ya Bundo……….:)🙂🙂
    salam.

  23. haniifa says:

    Wah… @Bunda, artikelnya sederhana tapi menyentil… hehehe
    Mungkin orang kita kelak bilang: ”not me, believe in me… plis atuh lah”.

    Salam hangat selalu.

    #Haniifa.
    ===============================
    Ha……………..ha………..:D😀😀
    ditambahin believe me ,plis atuhlah,
    biar tambah yakin ya Mas……………..
    salam.

    • haniifa says:

      @Bunda don’t worry
      😀
      Tapi kalau saiyah mpunya kiat lain…
      “Denger nggak sihhh, bunyinyah…. ”😀

      (maksudnya kalau nggak denger, yach saiyah juga nggak denger kok !! cuma merasa ada yang bocor dibawah…:mrgreen: )

      Salam hangat @Bunda.

      #Haniifa.

      ================================
      Duuuu…..hh maksudnya apa nih Mas Haniifa…..?
      jangan2, setelahnya terus bilang ”not me”…………………:)🙂
      salam.

  24. kolojengking says:

    Bunda, postingannya mantap kali…

    Itu hanya contoh kecil dari fenomena tidak mendidik yang ada di sekitar kita bunda. Entah mengapa, bangsa kita yang konon katanya berbudaya timur bisa seperti itu.

    Salam bunda…🙂

    =================================
    betul sekali Mas Kojeng,
    semoga kita nggak ikut2an kayak gitu ya Mas………
    kita coba memperbaiki diri sendiri dulu ya…………..
    salam.

  25. kolojengking says:

    Pertamx duluxs bunda…🙂

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s