Nah ! Ini dia……………………7 cara untuk ”memacu” otak kita agar menjadi lebih baik, lebih cepat dan………..lebih pintar.

1. Ayo, gerak…!

Apa hal yg paling penting kita lakukan untuk melatih otak ?

Go to fullsize image

Mengerjakan kalkulus ? bermain catur ? Β memecahkan soal fisika ? ternyata bukan, karena pengasah otak yg paling baik adalah………………olah raga. Tak diragukan lagi bahwa olah raga dpt membuat kita pintar, selain dpt menangkal penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan penyakit2 lain yg meningkatkan resiko pd otak, seiring pertambahan usia.

Go to fullsize image

2. Nutrisi prima.

Cara lain utk mendapatkan otak yg sehat adalah melalui perut. Nah, mengkonsumsi makanan yg mengandung zat2 penetralisir radikal bebas berbahaya, seperti buah2an, sayur2an berwarna, jenis2 padi2an, kacang2an, dan rempah2 memberi manfaat bagus bagi otak kita.

3. Latihan……….

Untuk menjaga otak tetap muda dan fleksibel satu dr jutaan aktivitas yg menantang atau membuat kita semangat, misalnya; mengerjakan puzzle, mempelajari bhs. asing, kursus musik atau les dansa.

Go to fullsize image

4. Relaks, dong……………….

Mengasah otak memang penting, tetapi menjaga ketenangan otak juga tdk kalah penting, utk itu dapat kita lakukan aktivitas yg lebih relaks, seperti; yoga, dan meditasi atau mendengarkan musik, yg penting kita tetap santai dan bersenang2 (menikmati ).

Go to fullsize image

5. Tertawa, yuu…………..kk !

Tertawa itu menyenangkan, dan sedikit membuat otak kecanduan, karena itu tertawa termasuk aktivitas yg selalu baik utk kita lakukan.

Go to fullsize image

6. Tidurlah, tidur………………..zz………zzzzzzzz

Otak yg tidur sangat mampu utk menyatukan informasi yang kompleks, istirahat yg baik di malam hari meningkatkan kemungkinan utk dapat menyelesaikan permasalahan pada saat bangun tidur esok paginya.

7. Bersosialisasilah.

Dukungan sosial bisa datang dr hubungan baik dengan teman, kerabat, maupun pemerhati kita. Pertemanan2 sosial dapat meningkatkan dan menstimulasi intelektualitas fungsi memori .

Masih ada lagikah kegiatan2 lain yg dapat membuat fleksibel otak kita ?

Bagaimana menurut anda ????

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. Yep says:

    He…he…rasanya dah semua deh…Bun :
    Thanks untuk tips nya ya ?
    ================================
    sama2, terima kasih juga ya Yep,
    saran dan kritiknya sangat diharapkan Yep,
    salam.

  2. Ayam Cinta says:

    Bersosialisasi sambil tidur… bisa ga ya? hehehehe

    =============================
    aduu……….hhh Yam,
    kok tidur lagi sih ?
    khan dah siang…………….:)πŸ™‚
    salam.

  3. ouch…
    tidurr..
    baiknya berapa jam, bunda?
    *muka bantal mode: on*

    ================================
    ha…….ha………:DπŸ˜€πŸ˜€
    yg penting kualitas tidurnya mas,
    salam.

  4. m3on9 says:

    waduh…
    tips2 nya keren-keren banget nih…
    klo ngikutin tips ini, bisa awet muda terus nih hehehe…
    thx for the tips…

    ditunggu kunjungan baliknyaπŸ˜€

    =============================
    terima kasih juga mas,
    semoga manfaat.
    salam.

  5. wah kalo pekerja kantoran kayak saya mah susah buat bergerak terus. pas pulang dah magrib. tapi kalau sosialisasi insyaAllah jalan terus, MamiπŸ™‚
    ================================
    Alhamdulillah, kan silaturahmi justru
    memanjangkan umur dan mempermudah rejeki.
    salam.

  6. finda says:

    mkasih..bwt tips2nya bunda..slm Knal dr saya!!! =)

    =======================
    salam kenal juga,
    terima kasih sudah menyempatkan berkunjung.
    salam.

  7. guskar says:

    ngeblog, BW dan kasih komeng ke blog teman… jg bisa merangsang otak untuk lebih aktif loh..

    ===========================
    setuju Mas Guskar,
    membuat otak jadi terlatih terus ya,
    berbagi ilmu dan pengalaman antar sahabat , Mas.
    salam.

  8. kanglurik says:

    Kemampuan otak kanglurik menurun neh waktu tingkat 3 bun padahal bentar lagi ujian komprehensif tertulis. Masalahnya kuliahpun juuaarang buuaaanget…
    *curhat neh*…
    Kalo olah raga, tertawa, tidur sudah sering dilakukan bun… Makasih info nya…

    ======================================
    wah, hebat ya Kanglurik.
    olah raga, tertawa, tidur nya sudah ok banget.
    tapi…………….jangan males dong KangπŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    ayo…………….semangat lagi, biar cepet kelar ujiannya dgn hasil gemilang
    ayo……….Kanglurik, semangat ya.
    salam.

  9. dinoyudha says:

    Kemarin sampai sekarang, diberi fasilitas sakit oleh Allah swt. Jadi instrospeksi diri, dan saya sudah menyadari kalo saya MALAS BEROLAHRAGA. Sudah sadar sih, cuma tidak lantas mencari solusinya… ada nasihat bunda?

    ===================================
    Tapi sekarang sudah sehat khan mas Dino ya.
    mungkin solusinya, lakukan olahraga yg ringan, murah meriah dan mudah
    yaitu berjalan kaki, bisa pagi sebelum berangkat kerja.
    atau sore hari setelah pulang kantor.
    mohon maaf kalau kurang berkenan.
    salam utk keluarga. semoga selalu sehat.
    salam.

    • dinoyudha says:

      masih dalam tahap pemulihan bunda.
      Semoga bisa menjalankan..aamiin.
      Insya Allah salamnya akan disampaikan.πŸ™‚
      Semoga juga bunda dan keluarga sehat selalu.

      =================================
      amin, sebagai sesama muslim,
      marilah kita saling mendoakan ya………..Mas Dino.
      salam.

  10. Septa says:

    Postingannya bermanfaat sekali…
    terima kasih…

    Salam

  11. casrudi says:

    Assalamualaikum Bunda… Semoga Bunda selalu ada dalam LindunganNya… Amin…

    Saya ikut membaca tips-tipsnya Bunda… Simple tapi manfaatnya dalem… Terus berkarya ya Bun…
    ————-
    Makan malam dulu ah, tapi kayaknya ga memenuhi gizi… Makannya mie goreng terus…πŸ˜€
    ================================
    duuu………hh senangnya, sahabat lama berkunjung.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    alhamdulillah Kang Cas, saya dan keluarga sehat2 berkat doa Kang Cas.
    Selamat makan dan selalu sehat ya Kang.
    salam.

  12. Jajang says:

    terima kasih bunda, tipsnya akan sangat berguna sekali
    tapi yang no 2 tuch kalo saya susah banget makan sayur, makannya lebih nikmat pake tangan jadi lauknya jarang dengan sayur-sayuranπŸ˜€

    ================================
    sayurannya bisa diganti dengan buah yg berwana-warni mas.
    salam.

  13. zulham yusuf says:

    Tips yang sangat bagus bunda, sederhana dan menyehatkan… membuat hidup lebih lama… he he he

    ===========================
    karena sehat itu murah, mas.
    yang mahal kalalu sakit..he…….he……:)πŸ™‚πŸ™‚
    terima kasih sudah berkunjung mas.
    salam.

  14. bibit m says:

    Msh ada 1 tips lagi Bun! Agar otak kita jd pintar dan fresh, resepnya “jauhilah utang”! he3. Tanggal segini (terutama mas GusKar) msh ketawa-ketiwi, ntar klo bulan dah jln separo … pasti nyengiiir! he3. Jd saranku utk posting mendatang judulnya “Tips agar tdk punya hutang!”. Dijamin Bundo gak perlu nulis panjang2, cukup 3 kata “Milikilah buanyaaak duit”. he3 … Lho kok jd ngomongin utang, bahasan kita kan ttg otak?

    ===============================
    yaa…………..hhh kalau Mas Bibit OOT ( out of topik)
    saya maklum, pasti lagi buanyak utang ya, eh salah, banyak uang
    he..he…….:)πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  15. intinya olahraga ya bun… hohoooo

    bunda, main2 ke blog aku dunkkk… aku punya tulisan baru lhooo.. hehehh gapapa aku ngarep kunjungan bunda. :mrgrenn:

    ================================
    ho ho maafkan saya ya Dila,
    belum sempat berkunjung lagi,
    sekarang segera berangkat menuju ”rumah”nya Dila sayang.πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  16. kolojengking says:

    Sekalian minta ijin pasang link ke blog ni ya bun… bisa ditengok di blogroll saya, link ke blog jenengan dah mejeng dengan cantiknya…πŸ™‚

    ==========================
    terima kasih Mas Kojeng,:)πŸ™‚
    segera di add juga linknya.
    salam.

  17. kolojengking says:

    Keduaxxx….πŸ™‚

    Terima kasih tipsnya bunda. Saya baru tahu kalo yang utama adalah olahraga Apa karena saya sangat jarang olahraga sehingga kapasitas dan kemampuan otak saya menurun drastis akhir-akhir ini ya bun…?

    Saya jadi sering lupa…πŸ™‚

  18. embun777 says:

    Pertamaaxxx dulu…

    Tips yg bagus sekali Bunda.
    terutama bwat kita nih yg dah diatas kepala empat.
    hadoooh… wkt serasa cepat ya …?

    cuma kadang kendala ..
    jalani suka setngah hati..mis bwat olah raganya.. cpt cape!
    atau ttg makanan .. kdg masa bodo..ah.. udah tua ini kpn lagi.?
    dr contoh 2 point diatas , saya sendiri suka susah mau ngebilangin diri sendiri…

    gimana dong bunda Tips buat hal tsb..?

    Terima kasih
    Salam.
    ====================================
    wah, mas embun kita2 yg sudah mau kepala 5 gini memang agak susah
    juga menghilangkan kebiasaan yg mendarah daging juga rasa malas,
    saya sendiri masih mencoba belajar utk itu,
    saya termotivasi utk hal tsb dgn dalih pd diri sendiri, saya masih ingin hidup
    utk menimang cucu nantinya he…..he……..mudah2an, amin.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s