Sejumlah orang beranggapan pijat bisa memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas berat, seperti berolah raga misalnya, beberapa terapis bahkan mengatakan pijat bisa memperlancar aliran darah, benarkah ?

Massage : Man Receiving a Massage Stock Photo

Pemahaman orang tentang pijat ternyata keliru.

Adalah seorang profesor, Michael Tschakowsky dari Klinesiologi and Health Studies, Queen University, Kingston, Ontario, Kanada yang membantah mitos pijat itu.

Sebagaimana termuat di situs musculoskeletal.com pekan lalu, ia dan rekannya membuktikan bahwa pijat hanya berperan kecil dlm memperlancar aliran darah, mengeluarkan asam laktat, dan bahan limbah lain yg mengendap dalam tubuh.

Asam laktat yg mengendap dlm tubuh membuat badan terasa lelah terutama setelah melakukan aktivitas. Ia membuktikan hal itu setelah mengujinya pd 12 pria sehat, mereka diminta utk berolah raga yg memperkuat otot tangan selama 2 menit, setelah itu mereka menjalani pemeriksaan aliran darah dan kadar asam laktat didlm tubuh, kemudian mereka dipijat selama 10menit, dan diperiksa lagi aliran darah dan asam laktatnya.

Hasilnya, pijat memang dpt mengeluarkan asam laktat dan memperlancar suplai darah, namun………….aliran darahnya lebih kecil ketimbang tanpa pijat. Dengan begitu, asam laktat di otot yg dikeluarkan tubuh juga kecil.

Jadi…………apakah pijat hanya mengurangi intensitas peradangan atau hanya memiliki efek plasebo ? Bagaimana dengan pandangan dan pendapat anda Β ?

Salam.

Sumber : health to day.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

25 responses »

  1. pakwo says:

    Salam kenal bunda, saya kurang memahami tentang ilmu pijat, tetapi yang saya rasakan. Pijat dapat membuat orang ketagihan, karena dapat menghilangkan rasa pegal sesat. Tetapi tidak dapat menghilangkan rasa pegal secara permanen. Boleh jadi itu adalah suatu Placebo saja.

  2. krishna says:

    …terima kasih Mbak udah jalan2 ke blogku…kunjungan balasan…

    =================================
    terima kasih atas kunjungan baliknya.
    semoga selalu sehat.
    salam.

  3. muamdisini says:

    haduh..sudah terbiasa dipijat, tapi lebih terbiasa memijat (??)..
    maksudnya serin memijat diri sendiri bun,,
    owh, gitu ya?..gimana cara mengatasi pegal2 tanpa pijat2?

    ================================
    mungkin dgn istirahat yg cukup ya mas.,
    salam.

  4. backpackerman says:

    saya sedikit addicted sama yg namanya pijat dan kerik..

    ===========================
    sudah menjadi kebiasaan ya mas?.
    salam.

  5. Yep says:

    Aku ketagihan pijat bunda….habis dipijat rasanya enak, hilang pegel2, jadi menurutku untuk enak aja deh , Thanks infonya ya ? πŸ™‚

    ======================================
    sama2, terima kasih juga.
    saran dan kritiknya sangat diharapkan.
    salam.

  6. agoesman120 says:

    Yang jelas Pijat membantu menghilangkan pegel-pegel… pengalaman pribad loh)

    Salam

  7. dedekusn says:

    Tulisan its OK Bunda,
    Tapi Bunda bagaimaa dengan pijat keselo, patah atau retak tulang, dll?

    ================================
    saya kurang tahu juga mas,
    tapi dekat rumah saya ada tuh pijit khusus keseleo,
    mau coba…..? he….he…….:)πŸ™‚
    salam.

  8. guskar says:

    klo saya memilih pijat refleksi. hanya dipijit2 sekitar telapak kaki, tp keringet mengucur membasahi pakaian. seninya, pake teriak2 kesakitan. tp setelah itu, badan saya terasa segar…

    ==============================================
    wah, kalau saya lebih suka
    accupressure mas guskar,
    nggak pake teriak2 tapi maknyus.
    salam.

  9. rismaka says:

    Menurut saya, yang dicari dari pijat adalah enaknya bund.. Biasanya kalau habis dipijat, badan terasa nyaman, dan pules tidurnya.

    ================================
    ya, masing2 punya alasan sendiri2 ya
    salam.

  10. sekartaji says:

    dipijat oleh ahlinya mestinya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. pijat memijat ini bukannya salah satu warisan nenek moyang, ya bun?

    ===========================
    betul sekali mbak sekar.
    kalau dilakukan oleh ahlinya akan lebih baik hasilnya.
    salam.

  11. lerry says:

    hallo bunda pa kabar ? kangen nih ma bundaπŸ˜‰

    ==================================
    alhamdulillah mas, saya baik2 dan sehat.
    mudah2an mas lerry juga sehat ya.
    senangnya, sahabat lama bertamu ………..:)πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚
    salam.

  12. Eoin says:

    Mungkin sugestinya ya bun? Dan sangat mungkin percobaan diatas hanya mampu mengamati sangat sedikit reaksi tubuh, sementara efek lainnya baik kimiawi atau bukan masih misteri

    ====================================
    waa……..hhhh mas eoin dah jawab sendiri tuh,
    terima kasih ya mas.
    salam.

  13. casrudi says:

    Duh Bun, saya lagi pengen dipijat… tapi kok engga bagus ya buat aliran darah… saya merasa pijat itu seperti candu, sekali merasa enak selanjutnya jadi ketagihan… efek plasebo apa ya Bun?.. saya engga mengerti…

    ==============================
    sepertinya mungkin krn sugesti ya kang,
    atau efek plasebonya juga.
    salam.

  14. Hhmm..kurang tau sich Bund, gimana benarnya..

    Yang jelas saya mah ga suka banget kalo dipijat, geli2 gimana gitu….

    Ga seneng lah pkoknya hohohho/….

    ========================================
    ya mas, saya juga lebih suka accupressure
    dari pada pijat.
    salam.

  15. Mus says:

    Tapi meskipun begitu bagi saya pijat bisa memulihkan rasa capek dan sejenisnya. Lalu jika pijat sudah dianggap tidak begitu bermanfaat, solusinya gimana? Salam kenal

    ======================================
    salam kenal juga mas mus.
    ini kan hanya utk menepis mitosnya saja,
    tetapi kalau memang sudah biasa dan menjadi
    kebutuhan, terserah pd masing2 mas.
    salam.

  16. habibiehosen says:

    Jadi pengen banget di pijit nehh Bun,,abis kerja badan pada pegel-pegel…

  17. Babesajabu says:

    Satu kali dalam seminggu saya sering di pijat, tapi dengan info ini mungkin akan saya kurangi deh…
    Salam…

  18. Babesajabu says:

    Wow, info yg sangat penting. Makasih atas infonya…
    Salam…

    =================================
    terima kasih sudah mampir, babe.
    salam.

  19. Jaya says:

    emang tergantung sama yang mijat, tapi ada juga yang minta pijat punya tujuan tertentu, ah, jadi dosa ntar

  20. Adrie says:

    Terserah ape kate si Poroferor deh, yang saya tau, pijet itu emang udah maknyosss dari zamannya nenek moyang..!

    Maknyosss…!

  21. Pakde Cholik says:

    saya termasuk hobby pijat,baik yang tradisionil maupun pakai alat ( dengan sentuhan listrik ringan)
    Kalau pulang ke Jombang juga dipijat mbah Zaenah,lumayan untuk mengendorkan otot.
    kalau pijat dikota kadang ketemu yang aneh2, otot bukannya kendor malah ada sebagian yang kenceng karena si pemijat sehingga berlama-lama disekitar fobidden itu ha..ha..ha (cencored)
    Salam mbak.

    =================================
    saya sendiri lebih senang acccupressure,
    walaupun pijitan juga sedikit sebelum luluran.
    salam.

  22. bibit m says:

    Bunda pijitin aq dulu, baru kuksh komeng … and tak beliin bakso … dont worry Bunda!

    ============================
    lho…?????
    itu kan sudah komen nya.
    salam.

  23. Jajang says:

    dipijat mau dong.
    tergantung yang mijatnya sich, soalnya pijat juga kan ada tekniknya. salah-salah mijat, malah aliran darahnya gak jalan katanya sich.

    =================================
    katanya gitu mas, harus sama ahlinya.
    salam.

  24. ahmad says:

    terlepas apa sebenarnya manfaat pijat tapi yang jelas dipijat itu enak banget bunda….

    salam kenal, blognya bunda mumtaz jiddan

    ================================
    salam kenal juga mas ahmad.
    terima kasih sudah mampir.
    salam.

  25. WANDI thok says:

    Setahuku tergantung pada masing-masing orang bunda, ada nyang suka pijat, ada nyang ketagihan pijat kek jue. Abis inyak sih. Daripada mengkonsumsi obat mendingan pijat, alami n murah, terasa langsung lagi
    =========
    Tulisannya sudah sip bunda. Lanjutken.

    ———————————————-
    wah pak guru hobinya dipijat ya .
    terima kasih masukkannya pak guru.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s