Braun HF 1, Germany, 1958

Image via Wikipedia

Sulit untuk memejamkan mata tiap malam?

Jangan-jangan Anda sudah terkena insomnia akut.

Mulailah perhatikan setiap makanan yang Anda makan, siapa tahu makanan itu si pencuri tidur Anda !

 

 

 

Banyak orang yang mengalami kesulitan saat tidur.

Di saat mata mulai mengantuk, ternyata jam weker telah berbunyi.

Karena baru terlelap Anda tidak bisa langsung bangun, dan akan semakin buruk saat Anda benar-benar bangun Anda pasti terkejut betapa kacaunya wajah Anda.

 

“Kalau memang Anda bermasalah dengan tidur, coba  sebaiknya Anda ingat-ingat apa yang Anda makan semalam. Makanan pedas seperti yang mengandung bawang putih, cabai, dan jenis makanan lainnya memang sangat menggoda, tapi justru makanan tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga karena rasa panas yang ditimbulkan hingga perasaan tidak nyaman,”  terang Elizabeth Somer, R.D penulis The Food & Mood Cookbook.

Ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengurangi gangguan saat ingin tidur:

 

Makan Malam

Saat malam hari, sistem pencernaan mengambil beberapa jam untuk beristirahat, namun ada beberapa yang tidak berhenti bekerja. Ketika gangguan tidur menyerang, cobalah menambahkan sedikit porsi makan siang Anda, dan nikmati makan malam yang lebih ringan. Sehingga membuat sistem pencernaan dapat beristirahat dan membuat Anda tidur lebih cepat.

Perbanyak Sayuran.

Makanlah makanan yang lebih sehat tapi sedikit lebih mengandung ‘gas’ seperti kacang-kacangan, brokoli, cauliflower, brusselsprout. Jika tubuh terlalu banyak gas dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Cara Mengunyah

Dalam mengunyah makanan, sebaiknya jangan terlalu cepat. Perlahan dan nikmati makanan yang disajikan untuk mengurangi udara yang masuk yang menyebabkan masalah lambung saat tengah malam.

Minuman Beralkohol

Alkohol memang membuat Anda mengantuk pada awalnya, tapi ini tak akan berlangsung lama. Anda akan merasa terus terjaga sehingga mengurangi waktu istirahat Anda. Empat gelas wine saat makan malam memang tidak akan mengganggu, selama rentang waktunya lebih dari dua jam dari waktu Anda tidur.

Kopi Setelah Sarapan

Kafein pada kopi akan bertahan di dalam tubuh kurang lebih selama 12 jam setelah dminum. Jadi, jika Anda sering masih terjaga sampai waktu tidur tiba, pastikan Anda sudah bebas kafein setidaknya 12 jam sebelumnya.

Masih menonton TV pada jam 2 dinihari ?


Cobalah untuk tidak mengkonsumsi kafein selama 2 minggu, jika masalah tidur Anda menjadi lebih baik, mulai lah mengatakan ‘TIDAK’ pada kafein.

 

“Jika sudah membaik, coba minum secangkir kopi atau teh di pagi hari dan perhatikan apa yang terjadi. Apabila masalah tidur menganggu Anda lagi, sebaiknya Anda benar-benar menghindari yang namanya kafein.” terang Somer.

 

 

 

Dapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu 6 hingga 8 jam setiap hari. Selain membuat Anda segar saat pagi hari, kulit, dan pikiran Anda akan merasa lebih baik.

Tidak hanya itu, Anda akan merasa jauh lebih muda 3 tahun dari umur Anda sebenarnya.

 

 

 

 

 

 

Salam.

Sumber : Health today

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

12 responses »

  1. D3pd says:

    Saya suka dengan tautan ini Bunda.
    1. Makan Malam (suka sekali)
    2. Perbanyak Sayuran (suka sekali)
    3. Minuman Beralkohol (tidak suka)
    4. Kopi Setelah Sarapan (belum pernah dari kecil)
    5. Masih menonton TV pada jam 2 dinihari ? (sudah jarang)
    dan semuanya akan jadi perubahan karakter pribadi saya Bunda. ^_^…V chayoo

    ———————————————————
    alhamdulillah, mas dyka.
    semoga bertahan dgn perubahan karakter yg makin ok,
    salam.

  2. nakjaDimande says:

    kali ini aku aman Bunda.. belum mengenal apa itu Insomnia
    ketemu bantal, langsung ZZZzzzzz
    Alhamdulillah🙂

    —————————————–
    waaa……h enak ya, alhamdulillah.
    saya harus baca dulu, baru bisa tidur.
    salam.

  3. Dalmuji says:

    saya kalo jam 9 s/d 10 malam ngantuk luar biasa, tapi kalo dah lewat jam segitu mau tidar malah susah…
    ternyata makan malam mempengaruhi tidur malam kita ya Bunda…?
    nice post n thanks infonya sehatnya….
    ————————————————
    terima kasih pak.
    semoga bermanfaat.
    kalau saya sudah terbiasa jam 9/10 malam
    sudah sampai di ”pulau mimpi”
    he………..he…………:)🙂🙂
    salam.

  4. abifasya says:

    kunjungan dini hari

  5. azarre says:

    Kalo rokok termasuk gak yah bun?

    ———————————————-
    sepertinya nggak deh mas,
    salam.

  6. Saka says:

    KUNJUNGAN TENGAH MALAM 00.43 WIB
    =================================
    kenapa jadi saya yg insomnia begini ya..?!!😆

    ———————————————
    he…..he….:)🙂🙂
    bukan insomnia kang,
    tapi, betah melek tuh.
    salam.

  7. Catatan Rudy says:

    Iya nih Bun, ku juga lagi gag bisa tidur. Soalnya tadi siang udah tidur.. Solusinya blogwalking…

    —————————————————-
    sengaja ya mas rudy?
    nabung tidur siang, supaya malam2
    bisa blog walking
    dan ngunjungin saya ha…….ha………ge-er
    salam.

  8. guskar says:

    pantes saja sy merasa lebih muda 10 tahun (hua..ha…ha..) soalnya tidur sy cukup banyak..

    ———————————————-
    alhamdulillah, mas guskar.
    asal jangan jadi ”pelor” ( nempel molor)
    ha…ha…( becanda mas)
    salam.

  9. casrudi says:

    saya paling ga bisa ninggalin kopi Bun… hihihi… jadi aja insomnia… makasih infonya Bun…

    ——————————————————-
    jangan insomnia dong kang cas,
    katanya sih, kopi bukan penyebab insomnia, tapi
    malah bisa menyehatkan jantung,
    kalau tdk diminum berlebihan.
    selalu sehat ya kang,
    senangnya……………, kang cas berkunjung.🙂🙂🙂🙂
    salam.

  10. Saka says:

    yah keduluan pertamax…..😦

    Menjawab rasa penasaran Bunda tentang posting lawas yg nangkring di halaman depan :
    ================================================

    Bunda sunting postingan yg pengen ditangkringin di depan melalui dashboard pada menu “TULISAN” – SUNTING. Bunda tak perlu ngedit2 isi postingan, langsung aja liat menu yg ada di sebelah kanan postingan.
    Pada opsi TERBITKAN sebelah kanan, ada pilihan kenampakan yg secara default adalah UMUM. disampingnya ada tulisan SUNTING.
    Bunda klik SUNTING, abis gitu ada ceklist box bertulisakan “Lekatkan Tulisan ini ke halaman depan” – Nah, Bunda beri tanda checlist tersebut. lalu klik “Perbarui Tulisan”
    Selesai
    ==============================================
    Semoga bisa membantu:mrgreen:
    ——————————————————————-
    duuu….hhh terima kasih banyak ya kang saka,
    nuhun pisaaa..nnn.
    langsung dicoba dan……………………………
    berhasil…..berhasil…berhasil…………🙂🙂🙂🙂🙂
    semoga kebaikan kang saka berbagi ilmu,
    bisa menjadi ladang amal, amin.
    senyum lagi akh…………….:)🙂🙂 :0
    salam.

    • Saka says:

      tambahan Bunda….

      semoga Bunda tidak kesulitan tidur malam ini gara2 mikirin cara menampilkan postingan lawas biar nangkring di halaman depan tadi😆
      ——————————————————-
      nggak kok kang.
      alhamdulillah dah bisa dan berhasil.
      berhasil……………….berhasil…………..😀😀😀😀
      salam.

  11. alhamdulillah aku sih gak kena insomnia, bun. malah sering tidur. wkwkwkk

    pertamaxx…🙂

    ————————————-
    waaa…..hhh dila sama kayak saya dong.
    hobinya tidur he…he…🙂🙂🙂🙂
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s