Bagi saya, teman terbaik ngeblog  adalah kopi.  Pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi -red) sering saya menanyakan tentang kebiasaan mereka minum kopi. Bukan hal yang mengejutkan kalau pada kenyataannya mereka rata-rata minum 5 cangkir kopi sehari!!

Lalu saya pun menyarankan mereka untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi, padahal kopi dari Indonesia memiliki cita rasa yang tinggi dan digemari di seluruh dunia.

Rugi? Nah, sebelum bergabung dengan kelompok orang yang tidak boleh minum kopi dan hanya bisa menelan ludah melihat orang lain mengecup si hitam manis ini, ada baiknya kita ketahui “7 Tips Sehat Minum Kopi” berikut:

1. Dosis

Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat.

 

2. Sinyal Bahaya

Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi.  Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah , jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah).  Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami  “caffeine withdrawal”  yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru.

 

3. Dengarkan Respon Tubuh

Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri!

4. Kenali Kandungan Caffeine

Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine seperti misalnya :  softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

Cara pengolahan (roasting dan brewing) juga berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi.  Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol “baik”) sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

5. Coffee Mix

Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte.  Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat.  Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lho…

 

6. Kelompok Anti-Kopi

Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi:  wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, kalau sudah termasuk kelompok ini, lupakan kopi!

 

7. Check Up

Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah.  Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya. JNC VII mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut :

Klasifikasi Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg)
Normal < 120 Dan <80
Pre Hipertensi 120-139 Atau 80-89
Hipertensi stage 1 140-159 Atau 90-99
Hipertensi stage 2 > 160 Atau > 100

Demikianlah “7 Tips Sehat Minum Kopi“.

Bila keluhan berlanjut, hubungi dokter!

sumber :

http://www.andaka.com

Salam.

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

29 responses »

  1. Dian says:

    kelompok anti kopi, gw pikir bener2 kelompok yg nolak minum kopi hehe….. minum kopi ada manfaatnya juga tapi klo berlebihan juga ga bagus, sama aja kayak hal2 yg lain..

    — visit http://m.rujakasik.com

    setuju Dian, apapun yg berlebihan , gak akan baik jadinya ya🙂
    salam

  2. Abdul Cholik says:

    Saya termasuk fotokopi grup he..he..he,senang kopi sejak SD je.Sekarang hanya pagi dan sore.Selingannya capuccino atau teh.
    Kopi memang kurang baik bagi kesehatan makanya silahkan mengentikan minum kopi.
    Orang-orang baik tidak minum kopi karena minum kopi adalah kebiasaan orang-orang terbaik seperti saya.
    Salam mbak.
    ———————————————————-
    ha……….ha………:D😀😀😀
    komentar2 pak cholik yg seperti ini
    yg menyenangkan bagi saya,
    selain berbagi ilmu, juga guyon,
    selamat ngopi pak.
    salam.

  3. Hore. . hore. . ada tips menarik nech bwt sy yg doyan ngopi

    —————————————————
    alhamdulillah, semoga manfaat ya rio.
    salam.

  4. casrudi says:

    Saya engga banyak Bun… 1 gelas di pagi atau sore hari udah cukup… Kebanyakan ngopi perut jadi kembung…

    —————————————-
    sama dong kang cas,
    saya juga hanya sekali sehari,pada
    pagi hari, selebihnya minum
    air putih dan teh hijau.
    salam.

  5. dedekusn says:

    Kalo Saya ga suka kopi Bund, lebih suka coklat atw biru ……
    :D:D

    ————————————————
    coklat panas apalagi, enak ya mas dedekusn.
    tapi………yg biru apa tuh ?
    ice blue float ya ?🙂🙂🙂🙂
    salam.

  6. Bunda, ini kunjungan pertama nih. Saya sebenarnya penggemar kopi, tapi setelah saya baca minum kopi bisa mengurangi peluang kehamilan, saya stop.
    Sekarang saya minum teh hijau, pagi dan sore. Kalau lagi pingin banget, nyicip kopi suami sedikiiit…
    ———————————————
    kunjungan pertama yg membahagiakan mbak,
    kunjungan2 berikutnya sangat diharapkan.
    saya juga sukanya teh hijau dan air putih,
    kalau kopi hanya sekali di pagi hari.
    semoga cepet diberi momongan ya mbak.
    salam.

  7. morishige says:

    kalau saya sih seringnya minum kopi instan, bu..

    ——————————————–
    oh ya ?
    selera orang berbeda-beda dlm menikmati kopi ya.
    terima kasih sudah berkunjung.🙂🙂 🙂
    salam.
    salam.

  8. huaaa…. bunda,,, saya suka nopi lhoo… (heheh, info doank)

    kunjungan bunn…

    ———————————————
    sama dila, saya juga.
    walaupun nggak banyak2.
    salam.

  9. D3pd says:

    Coffee Mix, salah satu pilihan dikala pagi itu datang, makasih Bunda. ^_^…V chayoo

    ————————————————–
    saya juga hanya pagi aja ngopinya,
    nescafe blend 3 in 1.
    enak dan fresh utk memulai hari.
    salam.

  10. Rivanlee says:

    kadang kadang sering minum kopi saya bun . hihihi
    enak sih

    ———————————————-
    sama mas ivan,
    saya juga, walalupun nggak banyak2.
    salam.

  11. Irfan says:

    Wawawaw.. Maaf OOT..
    Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa Bu.
    Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
    Makasih sebelumnyaa..🙂

    ————————————————
    insyaAllah mas irfan.
    saya akan ke ”lokasi”
    salam.

  12. Nisa says:

    Hihii… saya paling jarang minum kopi bunda… ^^

    Sukanya aer putehh >_<

    ————————————————-
    saya juga cuma secangkir sehari mbak nisa.
    lagipula air putih sangat baik utk kita.
    terima kasih sudah mampir.
    salam.

  13. BP™ says:

    saya kok suka pusing ya bund kalo minum kopi. kalo liat ayah kok kayaknya enak banget, nyeruput kopi panas2. eh pas dicoba malah pusing😀 mendingan nge-teh deh🙂 salam kenal bunda🙂

    ———————————————————
    salam kenal juga mbak ismi.
    terima kasih sudah menyempatkan mampir.
    ternyata memang kopi blm tentu
    cocok utk semua orang ya. 🙂🙂🙂🙂
    salam.

  14. franky says:

    Informasi yang bermanfaat bagi saya yang suka minum kopi.Terima kasih bunda, salam kenal

    ———————————————————-
    terima kasih atas kunjungannya mas franky.
    salam kenal juga.
    salam.

  15. Dalmuji says:

    waduh ternyata Bunda suka ngopi juga neh..
    sama dong…
    saya minimal 2 kali ngopinya…

    —————————————-
    iya pak, tapi cuma 1 hari secangkir aja.
    samaan ya🙂🙂🙂
    salam.

  16. diajeng says:

    Assalamualaikum …selamat pagi bunda🙂 sedang nunum kopi ya bun ?🙂

    ————————————
    ya mbak diajeng.
    samaan ya.
    mari kita ngopi bareng hmmm…..
    salam.

  17. Saka says:

    kalo sayah sering ngopi Bunda… pagi siang sore, seingetnya aja… kalo gak inget y gak ngopi…

    sayah pikir semua blogger doyan ngopi… yaaaaaaaaahhhh minimal ngopi paste y Bund😆

    ——————————————
    cocok tuh kang.
    ngopipaste ya ?😀😀😀😀
    salam.

  18. alamendah says:

    Saya dulunya hobi minum kopi. Kopi ‘lelet’ namanya. Ni kopi dibuat tanpa campuran bahan2 lain dan disaring hingga sangat lebut. ketika diseduh gak meninggalkan residu yang berlebih. Tapi kini gak lagi, dokter bilang saya harus berhenti minum kopi, ada masalah dengan lambung.
    Coba bunda bayangin…

  19. hohohoho…saiia nggak suka minum kopii bun..hehehe.. dulu pernah berpikir kalo minum kopi bisa bikin item..hehehe…^^

    saya suka banget baca postingan bunda yang keren”…
    oia..bunda tinggal dimana iah??
    jadi pengin ketemu deh..^^

    salam,
    betania
    http://pelangiituaku.wordpress.com

    ————————————————-
    saya juga cuma 1 cangkir sehari tuh beta.
    selebihnya air putih dan teh hijau.
    saya tinggal di tangerang beta,
    jauh ya kalau dr depok.
    insyaAllah, nanti ada deh saatnya kita ketemu dgn izin Allah swt.🙂🙂🙂
    salam.

  20. Eoin says:

    Saya hipertensi stage II bun.. Tp kalo ga ngopi malah pusing, tp saya konsumsinya cuman 1 cangkir sehari.. Dibikin pagi pas baru bangun, habisnya dinihari, maaph cuman buat nemenin ro**k :p kalo udah ga panas lagi males minumnya… Aku denger kopi hitam tanpa gula malas bagus lho buat ngilangin bau mulut. Kalo orang emirat, kopinya d taroh termos, trus d tuangin dikit2 aja ke cangkir kecil banget, biasanya ga pake gula dan pahit banget, abis nyeruput, mereka dorong pake kurma :p aku obe lho bun tapi ga mau check up, takut malah tambah penyakit gara2 mentalitas drop saat tau penyakitku apa aja. Untuk makanan yg seharus pantangan bagi orang seperti aku, kubaca doa ini: dengan nama 4JJI yg tak ada sesuatu membahayakan, baik sesuatu di bumi maupun di langit, dan Dia maha mendengar serta Maha Tahu. Kalo lupa baca pas mau makan kambing memang langsung pusing Bun. :salam kangen buat bunda:

    —————————————————————
    waaa……………hh mas eoin, kalau gitu dah lebih dr 140 an sistoliknya ya,
    ada juga yg bilang mas, kopi sehari 2 cangkir, malah bagus utk kesehatan
    jantung, asal kopi asli, maksudnya ”well blended” bukan yg instant
    menurut saya selama kita disiplin utk pantangan2 yg lain, juga tetap
    positif menyikapi sakit kita, insyaAllah, sang penyakit nggak akan ”menyerang”
    dgn ganas.
    mudah2an mas eoin tetap diberi rejeki kesehatan oleh NYA, amin.
    salam.

  21. sekartaji says:

    sebulan sekali belum tentu saya minum kopi bun. hbs, nggak begitu suka sih😀

    ———————————————-
    kalau saya, paling sehari 1 cangkir mbak sekar.
    selebihnya air putih dan teh hijau.
    salam.

  22. faza says:

    hadiirr… bun,
    kopi sehari minimal sekali bun, setelah itu kebanyakan air putih neh, teh kebetulan kurang suka. itu kebiasaan normal bun
    tapi kl lg rada2 error krn kepala dah overload biasane pagi tetep kopi, trus air putih, en malem haha.. bisa bergelas-gelas bun ampe rokok abiss
    ya gitu deh bun sekilas ttg kebiasaan ngopi-ku
    c u…

    ————————————————–
    mudah2an tetap sehat, walaupun ‘hobi’ ngopi ya mas.
    he……he……….:)🙂🙂
    salam.

  23. andipeace says:

    saya termasuk orang pecinta kopi…entah hoby apa sudah kecanduan,yang jelas sehari nggak minum kopi terasa nggak perfec.apakah kopi itu bisa mencandu…?????

    ————————————————-
    katanya sih begitu,
    caffeine nya yg bikin mencandu.
    salam.

  24. KangBoed says:

    Waaakaakakakak.. kok sama GUS KAR hanya tambah rokok.. kabuuuuurrrrr.. takut dimarahin Bunda
    Salam Sayang Bunda

  25. agoesman120 says:

    Hi bunda.
    Emang rada-rada mumet klu tidak minum kopi satu hari, walaupun hanya segelas…. tapi sala satu ngopi yg khas adalah yg ada di NAD… Kopi Saring… mantap betul…. Btw ada info baru diblogku tgg ’10 alasan tak minum Softdrink”…c.u

    ———————————————————–
    ya mas agoes, sepertinya kalau yg sudah terbiasa
    minum kopi, lalu tidak minum, rasanya ada yg kurang ya.
    ok, saya akan mampir kesana.
    terima kasih infonya.
    salam.

  26. Dinda Watson says:

    kalau aku nggak pernah minum kopi kecuali pagi hari pas hari minggu dan sedikit. setengah cangkir deh!

    ————————————————-
    saya juga nggak banyak minum kopi dinda.
    paling banyak 1 cangkir sehari,
    lebih sering minum teh hijau dan air putih.
    salam.

    • Saka says:

      wkkkkkkkkkk… dasar blogger matre…
      Bunda… coba baca sekali lagi komengnya dinda, bilangnya gak pernah… tapi kecuali….
      yg benernya yg mana tuh😆

  27. Weh! Mantep2, ini tips sehat yang luar biasa, soalnya saya pecandu kopi sejak kecil, maklum keluarga saya petani kebun kopi. Salam Hangat http://www.indonesiamenulis.com

    ———————————————
    alhmadulillah mas, kalau memang bermanfaat.
    saran dan kritiknya sangat diharapkan.
    terima kasih banyak mas.
    sudah mampir.
    salam.

  28. guskar says:

    saya termasuk org yg sangat suka kopi. sehari 3 kali minum kopi dengan mug besar. pagi, ketika sarapan. siang, hbs lunch dan malam hari, sebagai teman di depan layar kompt. klo sabtu atau minggu, malah ditambah sore hari, sebagai teman baca buku. yg saya minum bukan kopi mix, tp kopi item, bisa yg bubuk atau instan. mskpn suka kopi sy nggak merokok (berarti saya peminum kopi sejati, ya bun?)

    —————————————————-
    setuju mas guskar,
    benar2 peminum kopi sejati.
    tentu saja lebih sehat dr pada rokok
    he….he……….:)🙂🙂
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

