Saat perasaan cinta tdk mendapat tanggapan seperti yg diharapkan, anda pasti berada dlm jutaan emosi yg bercampur baur. Baik rasa marah, malu, gelisah dan/atau putus harapan.

Hampir setiap manusia yg mengenal cinta pernah mengalami penolakan dlm hidupnya, bagaimana mereka mengatasi dan melaluinya tentu berbeda-beda.

Berikut ini beberapa strategi yg mungkin membantu mengembalikan rasa percaya diri anda setelah ditolak seseorang :

1. Jangan dimasukkan ke hati.

Pada beberapa kasus penolakan sebenarnya tdk ada hubungannya dgn diri anda, misalnya; ia menolak krn anda mengingatkannya akan seseorang, tengah mengalami krisis karier, atau tengah mengalami masalah pribadi yg tak bisa ia katakan.

2. Tinggalkan sisi kekanak-kanakan anda.

Sisi kekanak2an anda pasti akan bereaksi berlebihan, seperti rasanya dunia terbalik 180 derajat dan anda merasa tak akan pernah menemukan cinta sejati. ย Sementara pikiran dewasa anda pasti akan tahu bahwa hal itu tidak benar. Untuk mengembalikan kepercayaan diri, buatlah daftar orang2 yg anda cintai dlm hidup dan biarkan racun penolakan itu sirna.

3. Jangan menyiksa diri.

Jangan biarkan respon negatif mengguncang diri anda, yakinlah bahwa mungkin ia memang bukan jodoh anda. Lagi pula, bukan dosa utk tetap lajang sementara waktu bila memang belum ada yg cocok dengan anda. Hidup masih terus bergulir……………

4.Ambil sebagai pelajaran.

Jika anda gagal beberapa kali dlm menjalin hubungan, sebaiknya anda berterima kasih, memang gagal adalah hal yg tidak ” menyenangkan” , tapi dari pada anda terlanjur terjebak pdnya seumur hidup, mungkin keputusan ini adalah yg terbaik. Ambil saja sebagai pelajaran, serta tetap buka hati utk yang lain.

5.ย Lihat sisi positifnya.

Kelihatannya klise, tapi sebuah penolakan juga bisa menjadi motivator hidup utk menjadi lebih baik dr sebelumnya, misalnya; jadi rajin olah raga ke gym, dan memperhatikan penampilan lebih baik, siapa tahu anda akan mendapat pasangan baru yg lebih baik dr sebelumnya.

6. Jangan hanya berdiam diri.

Kadang, kenyataan telah ditolak begitu menyakitkan dan anda terus bertanya2 kenapa. Sahabat anda mungkin juga berkali2 menghibur dan mendengarkan keluhan anda, tp ingat, ย bukan berarti cinta sejati tdk akan anda temukan.

7. Cari pegangan.

Jadikan penolakan jadi titik balik dimana anda punya kesempatan utk berubah. Carilah pegangan, kembali bersosialisasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta bersikap optimis melihat masa depan. Anda pasti mampu melaluinya.

Salam.

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

36 responses »

  1. romi bima perkasa says:

    thanks ya bun, hatiku jadi tenag

  2. abifasya says:

    Yang paling bagus jangan bermain cinta, tapi harus selalu saling mencinta. Sehngga tdk pernah akan ada istilah cinta ditolak.

    ————————————————————-
    bener juga ya.
    jadi nggak akan ditolak,
    sama2 cinta sih ya mas.
    salam.

  3. og4y says:

    satuju!!!! apalagi no.4 dan no.5 itu yg paling saya suka bunda.. karena setiap kejadian, setiap kisah yg hadir didalam hidup ini, harus kita liat dari kacamata no.4 dan 5 itu, kemudian bisa kita gunakan untuk melanjutkan lembaran hidup kita yg selalu baru setiap hari. bbeuhh..sadap bahasanya..hehe..
    —————————————————-
    setuju baget juga mas og4y.
    he…he…:)๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚
    salam.

  4. sendit says:

    Wah tampilan baru nih bun…๐Ÿ™‚

    untung gak, cinta ditolak..dukun bertindak…he2…๐Ÿ˜›

    daripada takut ditolak mending pantau dulu…cari mata2…klo sinyal2nya nyambung, langsung lamar deh…

    insya Allah lebih barokah…๐Ÿ™‚

    http://pramuditaaulia.web.id

    ——————————————————–
    duu…hh senangnya mas Aul singgah disini.
    bener tuh mas Aul, jadi dimonitor dulu ya.
    kiat yg ok tuh, mas.
    salam.

  5. gratisdoank says:

    hahaha. aya2 waelah.

    sing penting, jangan lepaskan dalam genggaman hanya karena harapan yang tak pasti..

    setuju nggak, bun

    —————————————
    setuju mas.
    karena mengejar yg ‘terbang’ yg ditangan dilepaskan, gitu ya ?
    salam.

  6. D3pd says:

    saya belum pernah menyatakan rasa sayang dan cinta bunda sejak tahun 2005 sampe sekarang!…lalu gimana kalo saya ditolak, mudah2n ngga bunda..amin…^_^…V

    ———————————————————————-
    kenapa mas dika ?
    menyatakan sesuatu yg memang merupakan anugerah dan karunia dariNYA.
    adalah salah satu cara kita bersyukur lho.
    mudah2an nggak ada penolakan.
    kalaupun ada, anggaplah sebagai pelajaran berharga.
    karena, setiap luka, ada harganya.
    salam.

  7. KangBoed says:

    Bunda.. bagaimana kumahanya meuni seueur virusnya.. kedah di install deui jigana mah.. hehehe
    Salam Sayang

    ———————————————
    he…he….(bingung mode on)
    naon eta artinya kang ?
    salam.

  8. wah, jadi inget pas SMP dulu. ada temen yg ‘nembak’ dila, dila takut bgt, bun. ngeri. sampe sekarang klo ada cowok dgn tanda2 mau nembak gitu, juga suka masih ngeri sih. ga tau kenapa. abis ditembak gituh, dila langsung kabur. dan besoknya, dila diemin temen dila itu 3 hari. hehehh… jadi ga enak.

    —————————————————————————-
    duuu….h dila sayangku.
    jangan sampai parno gitu dong.
    padahal kan, kalaupun dila nggak mau sama ‘dia’ kan tetap bisa jadi temen.
    nambah temen, nambah sahabat itu indah kok.
    dan nggak harus jadi pacar.
    salam.

  9. dedekusn says:

    Bunda, tulisan-nya sangat bermanfaat…
    Maafkan kami bund… komen-komennya…๐Ÿ˜†

    ————————————————-
    alhamdulillah,terima kasih mas dedekusn.
    tolong juga kritik dan sarannya.
    saya gak papa kok, sama sahabat sih seneng2 aja.
    slam.

  10. Tambahan: Bersikaplah narsis. Kalau cinta kita ditolak, berpikirlah, “Kasihan betul orang itu. Apa dia tidak sadar bahwa dia baru saja melepaskan orang keren untuk jadi kekasihnya?”

    ————————————
    ha…ha…:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    bener juga mbak vicky.
    ternyata sikap narsis , diperlukan pd situasi kayak gini ya.
    terima kasih mbak, sudah berkunjung dan kasih komen disini.
    secepatnya saya akan bertamu keblog nya mbak vicky.
    salam.

  11. casrudi says:

    ketika cinta ditolak, untuk awal-awal mungkin susah buat ngilangin nyeseknya, tapi seiring waktu biasanya akan lupa sendiri…๐Ÿ˜€ bener ga Bun?…

    ——————————–
    100 utk kang casrudi.
    waktu bisa berbuat segalanya.
    yg kita harapkan ataupun tidak.
    salam.

    • KangBoed says:

      tenaaaaang koh Rudi.. CINTA ditolak KANG DEDE bertindak.. bereeeees khaaan.. keur naon boga sobat DUKUN..
      Salam Sayang

      ———————————-
      KangBoed, nanti kang dedekusn ngambek,
      dibilang dukun terus๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

    • dedekusn says:

      Sudah ngambek dari dulu Bund…๐Ÿ˜ฆ
      … Kangboed…. say no to ‘dukun’…..

      —————————————-
      yang sabar ya mas dedekusn.
      nanti saya bilangin sama mereka.
      ”CEPAT DIREHABILITASI” namanya mas dedekusn.
      salam.

    • Saka : New Varian says:

      bilangnya say no to dukun, tapi koq makin banyak pasien yg dateng ke tempat praktek kang dede:mrgreen:

    • dedekusn says:

      Bunda, Kang Rudi, dkk…. biasanya lupa-nya setelah dapet gantinya…๐Ÿ˜€

      ————————————————————
      waaa….h repot juga dong mas dedekusn.
      kalo dapat gantinya lama, lama juga dong ngelupainnya.
      salam.

    • KangBoed says:

      Hidup Kang DEDE DUKUNG… *tanpa G*.. hehehe
      Salam Sayang

      ———————————————————–
      KangBoed, udah dong kasian mas dedekusn.
      nanti ngambek deui Kang.:D๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

  12. eoin says:

    ikutan pegangan bun..๐Ÿ™‚ kalo berkenan, minta komen bun, di postingan link ini http://eoin.adacerita.com/2009/05/ciuman-hangat-penuh-hasrat-agar-tak-mudah-patah-hati/

    makasyi.. hehehe just feel related ajah.. same spirit๐Ÿ™‚
    ——————————————-
    terima kasih sudah berkunjung mas.
    dan alhamdulillah, when you feel same feeling between blogger.
    thanks anyway.
    and i will go to your blog in a minute.
    salam.

  13. cinta ditolak mah gampang Bunda, hubungi kang dedekusn, biar pak dukun yg bertindak. kabuuuuuurrrrrrrrrrr๐Ÿ˜†

    ——————————————-
    mas dedekusn bukannya dukun robot ?
    ato robot dukun he…he….
    salam.

    • dedekusn says:

      Kang sakamah ada-ada aja, bund saya bukan dukun๐Ÿ™‚.
      kang saka ‘didieumah rada canggung heureuy’

      ——————————
      iya mas dedekusn, kang saka aya aya wae
      ( bhs.sunda mode on he..he..)
      gak papa kok mas dede, tapi heureuy, teh naon ?
      gegeloan ya ?
      salam.

    • Saka : New Varian says:

      sapa bilang saya canggung heureuy disini. lihat saja nanti wahai pak dukun:mrgreen:

      ——————————————-
      nah, kalo ini pasti kang saka.
      bukan kembar siamnya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

    • dedekusn says:

      Iya da virusmah tidak mengenal canggung… hati-hati bunda… virus Saka…
      Tapi saya yakin bunda tidak akan terinfeksi…

      —————————————————————-
      virusnya yg alisnya over dosis itu ya mas?
      nanti dibawa ke barbershop aja.
      salam.

    • Saka : New Varian says:

      asik ka salon jeung Bunda, kang dede moal diajakan – ngke uihna bade meser momobilan nu jiga transpormer…๐Ÿ˜†
      —————————————————————————-
      enak aja kang saka.
      maunya mah ngegaya ka salon, sok atuh di DPR
      (Dibawah Pohon Rindang) wae๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      lamun msh ngeledekin mas dedekusn,uihna sorangan wae,
      meser transformerna juga kitu,
      halah, malah jd beribet, ngomong ke kang saka.
      salam.

    • sakainget says:

      huahahahha…. Bunda lieur-reun:mrgreen:

      ———————————–
      iya nih, lieur krn kang saka.
      salam.

    • KangBoed says:

      Bunda ingat cerita awal munculnya kang Saka..
      —————————————————————-
      KUNJUNGAN DINAS dari SAKA INGET

  14. Juliawan says:

    hmm nice info bro hehehe gua juga kadang-kadang ditolak caickakcak jadi curhat gue heheheh salam kenal ya bro and salam kenal semuanya

    ———————————————————
    salam kenal juga mas juliawan.
    saya ‘sis’ bukan ‘bro’
    terima kasih sudah berkunjung.
    salam.

    • hoooooooo… ini Bunda, kuduna “Sis” bukan “Bro” hayo minta makan, eh minta maap sama Bunda:mrgreen:

      —————————————————–
      teu nenaon atuh kang.
      ketauan blm baca ‘tentang saya ‘ ato ‘buku tamu’na๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

    • dedekusn says:

      Awas jangan panggil bro lagi nanti ‘kawalat’

      —————————————
      duuu….h, kasian…
      jangan atuh mas dede kalau sampai ‘kwalat’๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

    • Saka : New Varian says:

      awas nanti kena sembur pak dukun๐Ÿ˜†

      ———————————-
      kok kayak LAPINDO kang.
      pake sembur2an segala๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ :D( senyum lagi)
      salam.

    • casrudi says:

      Bunda entar marah…๐Ÿ˜€ maapkan ya Bun… hehe… udah biasa gegeloan…

      —————————————–
      atuh teu nenaon kang.(bhs. sunda mode on)
      abdi teh tdk berkeberatan. :D:D๐Ÿ˜€
      salam.

    • dedekusn says:

      harus banyak maklum bund…
      … Bund… tofel Bhs. Sunda-nya kayaknya nambah๐Ÿ˜€

      ————————————————-
      ya maklum………………maklum…………100x.
      wa…h yg bener mas ?
      tapi, masih dibawah 500 ya ?below standard๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      engke nya les deui ku kang saka, kang cas, mes dedekusn.
      salam.

  15. sekartaji says:

    kalo saya yg suka nolak…๐Ÿ™‚๐Ÿ˜›๐Ÿ˜€ hbs mau konsentrasi sekolah dulu sih… ๐Ÿ˜‰
    ——————————————–
    nah, kayaknya ada di no.1 tuh.:D:D:D
    salam.

    • kalo sayah ngotot gimana neng?๐Ÿ˜†

      ———————————
      atuh si akang mah,nanti dibilangain ke istri ‘kedua’ nya yah.
      salam.

    • dedekusn says:

      Kalo tetep ngotot ga punya malu…๐Ÿ™‚

      ——————————
      setuju, tapi…lamun virus mah kan kitu mas dede๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      salam.

    • Saka : New Varian says:

      virus mah tidak mengenal script “MALU”:mrgreen:
      ayo de, kita maen bola lagi – *jiga iklan epilepsi baheula*๐Ÿ˜†

  16. KangBoed says:

    Waaaaah bunda ganti tampilannya yaaaaaa..
    Salam Sayang

    ———————————————
    iya nih Kang.
    biar nggak bosen, jadi tambah semangat belajar ngeblognya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    salam.

    • hihihi……. Bunda udah pinter senyum sekarang… horeeeeeeeeeeeeeeee berhasil berhasil berhasil๐Ÿ˜†

      —————————————-
      alhamdulillah, kan les sama kang saka.
      dah dapet diploma .
      nih senyum lagi๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
      ngegata euy…..he….he
      salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s