Five varieties of fruit preserves (clockwise f...

Image via Wikipedia

Anda mengalami gangguan tidur dimalam hari ?

Gangguan ini nampaknya sepele, namun apabila terus-menerus tidak bisa tidur, selain bisa berkembang menjadi insomnia, tentu hal tsb akan berdampak, yaitu anda akan merasa mengantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi dan pusing yang akhirnya pekerjaan anda jadi terbengkalai.

Berikut tips sederhana mengatasi sulit tidur :

1. Naik ketempat tidur saat sudah mengantuk.

Bila anda sudah berbaring selama 10 sampai 15 menit diatas tempat tidur, namun tak kunjung bisa tidur, bangunlah dan lakukan sesuatu yang dapat membuat anda rileks.

2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur.

Jangan membaca, menonton TV dan terutama bekerja, mengetik atau menulis diatas tempat tidur.

3. Pasanglah weker anda pada jam yg sama.

Artinya kita harus bangun pada jam yang sama dipagi hari setiap hari, tanpa menghiraukan jumlah tidur kita setiap harinya. Misalnya tetaplah bangun pada jam 05.00 pagi, tanpa menghiraukan kita mulai tidur pukul 9 malam atau jam 2 pagi.

4. Lakukan ritual tidur.

Ritual tidur akan menyiapkan badan anda untuk tidur, misalnya; membersihkan muka, sikat gigi, berwudhu atau berdoa.

5. Olah raga.

Biasakan berolah raga di pagi atau sore hari, apabila setiap hari dirasa tidak memungkinkan, maka cobalah utk melakukan setiap minggu.

6. Makanan tertentu jg dapat membantu.

Makanlah makanan yang sehat dan makan banyak buah2an, hindari rokok dan kopi. Perut yang kenyang atau segelas susu hangat juga dapat membantu anda mempermudah tidur.

Semoga malam ini , anda dapat tidur dengan nyenyak…………….

 

Salam.

 

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

4 responses »

  1. sakainget says:

    tambahan lagi – Jangan kebanyakan mikirin utang😀
    salam kenal – sakainget

  2. sendit says:

    Klo saya mengganti kebiasaan orang ngitung domba dengan berdzikir….ternyata manjur juga…….🙂

    http://sendit.wordpress.com

  3. casrudi says:

    Terima kasih tips nya Bunda… Saya sudah terbiasa tidur menjelang pagi, ini kebiasaan dari masa kuliah dulu. perlahan saya ingin merubah kebiasaan itu. Mudah-mudah dengan tips yang Bunda kasih bisa membantu.

    Salam,

  4. Rahmat Kedai says:

    Aq tambahin yah^^
    Jangan lupa berdoa sebelum tidur ^^b

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s