Menurut para ahli hukum Islam, hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkadah.
Artinya amat dianjurkan bagi orang Muslim yang mampu.
Mampu di sini, tidak identik dengan kaya.

Menurut madzhab Syafi’i, bila seorang masih mempunyai sejumlah uang di luar kebutuhan dan biaya hidupnya pada hari raya dan tiga hari berikutnya, maka telah berlaku baginya anjuran berkurban.

Ibadah ini mulai diperintahkan oleh Allah swt pada tahun kedua Hijrah, bersamaan dengan perintah shalat hari raya, zakat maal, dan zakat fitrah.

Rasulullah saw sendiri, seperti disebut dalam banyak hadis, melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih dua ekor kambing. (H.R. Bukhari).

Beliau saw  menyembelih sendiri kurbannya itu dengan membaca: Basmalah dan Takbir, sambil berkata, ”Hadza ‘Anni wa ‘Amman Lam Yudhahhi min Ummati (Kurban ini dari-ku (Muhammad saw) dan dari orang yang tak mampu berkurban dari ummat-ku). (H.R. Abu Daud).

Ibadah kurban, seperti halnya ibadah haji, bersifat simbolik.
Di dalamnya, terkandung beberapa makna spiritual yang amat dalam.

Pertama, ia merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah swt.
Sebagai ungkapan syukur, maka bacaan takbir ketika menyembelih hewan kurban itu, tulis pakar tafsir Abdullah Yusuf Ali, justru lebih penting dari pada penyembelihan kurban itu sendiri. (The Holy Qur’an: Translation and Commentary, No.2810).

Kedua, kurban adalah ungkapan cinta kasih dan simpatik kepada kaum lemah.
Dikatakan demikian, karena ibadah kurban tak sama dengan upacara persembahan dalam agama-agama lain.
Hewan kurban tidak dibuang di altar pemujaan dan tidak pula dihanyutkan di air sungai.

Daging kurban itu justru untuk dinikmati oleh pelaku ibadah kurban itu sendiri dan orang-orang miskin di sekitarnya.

Allah swt berfirman : ”Lalu makanlah sebagian dari dagingnya dan beri makanlah (dengan bagian yang lainnya) orang fakir yang sengsara.” (al-Haj, 28).


Ketiga, kurban adalah simbol dari kesediaan kita untuk melawan dan mengenyahkan segala sesuatu yang akan menjauhkan diri kita dari jalan Allah swt.
Sesuatu itu, bisa berupa harta dan kekayaan kita, kedudukan dan pekerjaan kita, atau apa saja yang membuat kita tak sanggup berkata benar.

Karena itu, kurban dapat pula disebut sebagai simbol dari kemenangan kita melawan hawa nafsu kita sendiri.


Dari sini kita dapat memahami bahwa ibadah kurban pada hakikatnya adalah komitmen kita untuk senantiasa menuhankan Allah swt, bukan menuhankan hawa nafsu kita sendiri, serta kesediaan kita untuk berbagai rasa dengan sesama manusia, terutama kaum lemah.

Komitmen inilah yang akan membawa kita meraih perkenan  ridha Allah, bukan darah dan daging kurban itu sendiri.

Allah swt berfirman. ”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaanmulah yang dapat mencapainya. (Al-Haj, 37).

Salam.

Sumber : dari berbagai sumber.

Gambar : detik.com.

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

33 responses »

  1. Christo says:

    wah iya, sbentar lagi idul adha

  2. Jual Rumah says:

    Salam Bunda,
    Alhamdulillah tahun ini sudah bisa berkurban walaupun masih lewat iuran bareng temen temen ..

  3. Bunda.. baru pertama kali kesini.. salam silaturahmi ya :)

  4. Kang Joy says:

    tata cara dan aturan main telah disampaikan,, tinggal menjalankannya,,, amiin,,barakallah,,

  5. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Postingan lama namun tetap memberikan ilmu, saya tahun ini masih belum ya bund.
    Salam Takzim Batavusqu

  6. randompeps says:

    semoga tahun depan bisa berkurban. nabung duluuuu hihihi TFS bunda, saya selalu semangat kalau masuk momen idul adha :mrgreen:

  7. mudah-mudahan tahun ini bisa berkurban, amien
    =================================
    amin, kita sama2 saling mendoakan ya Mas.
    Salam.

  8. makna kurban memang begitu mendalam, apalagi ketika kita dapat melaksanakannya. Sangat menyenangkan dan menggembirakan ketika dapat melaksanakan ibadah kurban ini.

    salam
    ali febriyanto
    ==================================
    semoga tahun ini kita bisa berkurban ya Mas.
    Salam.

  9. makngah lena says:

    Subhanallah,begitu bermaknanya qurban , sehingga mampu memaknai rasa syukur , kesetiakawanan dan persaudaraan ,melawan hawa nafsu dan kejahatan . Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bisa memaknai qurban , dan semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang berhasil meraih keridhaan.
    Salam hangat dari bangka
    ======================================
    amin ya Robbal alamin.
    salam.

  10. Pakde Cholik says:

    Bagi muslim yang mampu selayaknya menyembelih hewan Qurban karena itu sunnah dan juga banyak manfaatnya bagi kita maupun orang lain.
    Salam hangat dari Surabaya
    ============================
    bener PakDhe….
    sangat banyak manfaatnya utk kita dan orang lain.
    Salam.

  11. semoga qurban bisa tepat sasaran…

  12. mudah-mudahan tahun ini bisa berkurban… :D
    ============================
    amin, semoga Allah swt memudahkannya ya, Mas.
    Salam.

  13. nabi ibrahim telah memberikan contoh nyata bagaimana kita umat manusia hrs patuh kepada semua perintahNYA

  14. Rizal says:

    tdk terasa ya bentar lagi Idul Adha …
    heMMm …banyak kebagian daging kurban lg niy .. :D

    salam knal Ya Bun …
    ==================================
    salam kenal juga, Mas Rizal.
    terima kasih sudah menyempatkan mampir.
    kirimin bunda dong ya daging sapinya……………:) :)
    Salam.

  15. yos says:

    ngga terasa ya, bentar lagi dah iedul qurban,,,
    ————————————
    bun, blog aku di link jg ta di blogroll
    kemaren ada rejeki dikit, blog aku ganti dot com loh…
    silahkan bunda mampir2, liat2 sekiranya blog aku bagus dan menarik ditunggu backlink blzanya ya…
    terimakasih….
    ================================
    alhamdulillah, jadi udah dimonetize dong ya, amin.
    ok, bunda segera ke TKP.
    sudah bunda add linknya ya…………..
    Salam.

  16. muamdisini says:

    Hmm..Berkurban utk berbagi..
    Oh,iya..Bunda dapat hadiah dari saya..Sekadar ucapan terima kasih,hanya itu yg baru bisa kuberi..
    Silahkan diambil bunda..Terima kasih..
    ==================================
    Terima kasih banyak, Mas Muam.
    bunda segera ke TKP utk mengambilnya.
    Salam.

  17. Tiwi says:

    Bentar lagi Idul Adha,,….
    Kirimin tuk Tiwi kue lebarannya ya, Bunda??
    @gambar sapi, besar bangeett sapinya
    =====================================
    mau ya…? bunda nggak bikin kue, paling bikin sate….he….he…….
    Mbak desri bilang . kalau kecil….semut, Tiwi………….:) :)
    Salam.

  18. Onnay Okheng says:

    mudah-mudahan qurban kali ini pengelolaanya makin baik dari qurban sebelumnya… ;)
    salam sayang dari bandung :D

  19. salam super,,,
    jadi tambah semangat menghadapi nhari raya qurban neeh,,
    dan lagi pula hari raya qurban adalah hari raya terbesar umat islam khan?

  20. wuih, bun. mantap nian, isinya. jadi ingat kembali makna kurban. :D

  21. Kakaakin says:

    Wah… kebetulan di kota saya tahun depan ada pilkada, spertinya para calon2 kepala daerah tersebut bakalan menebar qurban nih… biasa… caper gitu… :)
    Buktinya aja, kemaren pas mau Idul Fitri, amplop bertuliskan “zakat dari *.*****(salah satu calon)” sampe ke tangan ibu saya…
    saya sih hepi2 aja… :mrgreen:
    ========================================
    kok, bunda nggak kebagian sih……….?????
    suka caper juga ya ternyata, agar dipilih…..he…..he….
    padahal tanpa gitu juga, kalau memang ok, pasti terpilih ya Kakaakin.
    Salam.

  22. nadjeeb says:

    Mampir lagi nich bunda, salam hangat teriring doa semoga selalu dalam lindungan 4JJI…..terlalu banyak hikmah dibalik Idul Qurban dan niat ikhlaslah yang selalu mendasarinya, sebab bukan darah dan daging yang uatama akan tetapi takwa dari hati kita.
    Maaf yach bunda dikutip lagi nich bagian akhir tulisannya :’Allah berfirman. ”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaanmulah yang dapat mencapainya. (Al-Haj, 37)’
    ========================================
    mampirnya lagi dan lagi juga boleh kok ,Mas Najib.
    nggak pakai syarat2nya kok……:) :) :)
    terima kasih utk doanya,
    semoga Mas Najib selalu sehat ya.
    Salam.

  23. tukangpoto says:

    Sayang daging kurbannya masih banyak yang jatuh ke yang mampu kembali, soalnya dibagikan antar tetangga saja, nggak tau kalo di daerah lain.
    =======================================
    semoga, di tempat bunda juga gitu,
    dibagi2kan juga pada semua tetangga.
    Salam.

  24. .oiya ya,ntar lg kn idul adha..siap2 makan daging sape lg necccc…

    opss bru oL..necc

  25. haris ahmad says:

    ke 6 deh……………
    subhanalloh mantep

  26. alamendah says:

    Wah..Gak terasa sudah hampir lebaran Qurban..

  27. mase mungil says:

    salam jumpa lagi bunda…
    maaf lama ga jalan jalan…ni blog saya br aja bener…
    hihii
    =================================
    oh, kasihan…………
    alhamdulillah, sekarang sudah sembuh blognya nggak error lagi,
    jadi bisa jalan2 kerumah bunda.,,,,:) :) :)
    terima kasih, Mas……sudah mampir lagi……….
    Salam.

  28. nakjaDimande says:

    siap-siap.. senangnya bentar lagi kita berkurban. semoga tak hanya lebaran haji, semangat kurban terbawa terus sepanjang waktu ya bun..
    ================================
    Amin, inilah kata2 bijak dr Bundoku sayang
    yang selalu menentramkan dan mengingatkan, semoga ya Bun…………..
    Salam.

  29. omagus says:

    selamat menunggu lebaran haji bunda..!

  30. Badruz says:

    Tak terasa ya bund, sebentar lagi Idul Adha. Di hari idul adhanya, barangkali jarang orang kelaparan. walaupun di hari normal lainya masih sering terdengar banyak rakyat yang kesusahan mencari makan. semangat qurban juga semangat dalam rangka berbagi atas sesama.
    salam.
    ============================================
    semoga semangat ini bisa terbawa terus.
    di luar bulan qurban ya Mas Badruz.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s