Berpuasa berarti tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam.
Karena tidak minum seharian, maka kehilangan cairan tubuh tidak tergantikan.
Untuk menghindari dehidrasi, maka beberapa hal yang terkait dengan pola makan perlu diperhatikan, seperti menambah buah buahan segar kedalam menu sahur kita.

Buah buahan tertentu khususnya yang banyak mengandung air bisa membantu menjaga kecukupan cairan selama berpuasa sepanjang hari.
Seperti ; melon, semangka, ketimun dan tomat, termasuk buah buahan yang dianjurkan dikonsumsi untuk sahur dan berbuka puasa.
Selain banyak mengandung air, buah buahan tersebut juga mengandung mineral untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Namun demikian, unsur yang paling penting untuk mencegah dehidrasi tentu saja air.
Air putih paling dianjurkan.
Sementara kopi dan teh dikurangi, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik yaitu meluruhkan kencing.

Meski harus mencukupi kebutuhan air sepanjang hari, bukan berarti harus minum air putih banyak banyak saat sahur atau berbuka, air putih yang dikonsumsi memang harus banyak, namun bukan sekaligus , tapi secara teratur dan bertahap sepanjang malam.

Semoga Bermanfaat.

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

10 responses »

  1. Selain itu buah juga baik untuk kesehatan jadi tidak salah saur pake buah-buahan :D

  2. Buah2an yang banyak airnya ya, Bunda?

    he eh, bener Mas :)
    salam

  3. dea says:

    hemmmm kurang suka semangka mending jus tomat aja deh xixixixi :D di tambah youghurt lebih segarr ..
    makasih ya bun :)

  4. Lidya says:

    saya pilih buah lain aja deh bun, kalau semangka gak suka :)

  5. Applausr says:

    ayo makan buah yang banyak biar tidak terlalu dehidrasi…. setuju dengan tips dari bunda ini…

  6. nh18 says:

    Terima kasih remindernya Bunda Ly …
    Terutama mengenai kebutuhan air …
    yang seyogyanya … di cukupi sepanjang malam …
    tidak sekaligus saat buka dan / atau saat sahur …

    salam saya

  7. niqué says:

    jus buah emang paling segar deh untuk,cuma napa ya bun klo diminum pas sahur gitu kurang masuk, kecuali bener2 dingin hehehe … klo dingin mah, pasti lewat tenggorokan :D

  8. LJ says:

    eMak mau makan buah dan jus,
    aplg klo ud langsung ada kayak di japos kemarin
    #dasar malas..!!! #tapi msh lmyn drpd inon yg takut sama jus. :P

  9. Nchie Hanie says:

    wow..itu semangka sangat menggoda, untung datengnya di pagi hari..
    coba kalo nanti siang2 langsung ngiler Bun..

    Pagi Bunda..
    Semoga sehat selalu..

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s