Apa yang anda rasakan pada beberapa hari pertama berpuasa ?
Lemas, pusing dan mengantuk ?.
Jangan khawatir, kondisi itu normal kok, karena tubuh kita sedang melewati proses adaptasi terhadap pola makan yang baru.

Detoksifikasi alami.

Puasa sangat baik utk kesehatan, begitu kata dr. Samuel Oentoro MS, dokter ahli gizi.
Pendapatnya ini diperkuat oleh Rina Poerwadi, seorang holistic aromatherapist.

Selain sel sel tubuh terhindar dr kelelahan,tubuh juga melakukan detoksifikasi, ketika organ pencernaan beristirahat, tubuh memiliki energi utk hal lain,yaitu membuang racun yg menumpuk.

Steve Meyerowitz, dalam bukunya ” fasting and detoxification ”, menuliskan, puasa adalah cara detoksifikasi paling tepat dan aman, ketika berpuasa, racun , sel mati, jaringan rusak dan kelebihan lemak tubuh akan dipaksa keluar oleh tubuh.

Cara makan sahur juga tidak  boleh sembarangan, tak lama setelah bangun tidur, segeralah makan.
Karena diburu buru waktu imsak, pokoknya asal perut terisi, adalah cara yang keliru.

Saat berbuka, jangan makan  yang manis.
Apa yg anda makan begitu waktu berbuka tiba ?
Kolak pisang, es campur, kue kue manis ?

Menurut dr. Samuel, ini tidak sehat.
Sebaiknya yang pertama kali disantap adalah jus buah tanpa gula, agar gula darah segera naik, tetapi hormon insulinnya tidak dirangsang, sehingga tidak merangsang kerja pankreas.

Salam.

Gambar diambil dari sini

Sumber ;health today.

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. Ahmad Alkadri says:

    Tapi bukannya berbuka dengan yang manis itu Sunnah Rasul ya Bunda? :( Saya pernah membaca artikel lainnya mengenai ‘Kurma itu nggak manis!’ dan ‘Kurma itu karbohidrat kompleks’, dan semacamnya, tapi rasanya nggak benar. Semua buah-buahan adalah karbohidrat kompleks. Pisang, jeruk, misalnya.

    Aneh rasanya kalau dibilang berbuka dengan yang manis justru tidak menyehatkan. Menurut beberapa artikel lain yang pernah saya baca, yang membuat buka puasa bisa nggak sehat itu kalau kita kebanyakan makan. Buka puasa dengan yang manis, dan air, atau jus, itu yang bagus. Yang harus diatur adalah jumlah makanan yang masuk, bukan manisnya atau tidak.

    Dan tambahan: kalau makan malamnya terlalu banyak… ya juga sama aja bohong puasanya…

    Punten bunda, soalnya saya agak gerah… sudah terlalu banyak postingan yang mengatakan Berbuka Puasa Dengan Yang Manis Itu Merusak Kesehatan, soalnya… dan bahkan dibuktikan oleh Nabi sendiri, makan yang manis untuk berbuka itu tidak masalah..

  2. dea says:

    waaa berarti selama ini makanan yang saya makan tidak sehat ya bund ..(T_T )
    harus benar-benar extra hati2 yaa memilih makanan ..apalagi di bulan puasa ini :)

  3. Abi Sabila says:

    Bagaimana dengan sunah nabi, berbuka dengan kurma, yang tentu saja manis, Bunda?

  4. Yep says:

    Wah….selama ini berarti ada sedikit kesalahan saya nih….kirain sama saja Bun, yang penting makanan manis , Thanks untuk pencerahannya ya ? :)

    ================================
    Saya juga baru yakin, setelah mengetahui ini,Yep.
    Salam.

  5. ashafidz says:

    salam kenal
    ==================
    Salam kenal juga,
    terma kasih sudah mampir.
    Salam.

  6. Wandi thok says:

    Mimang bagusnya kalo puasa itu mosting tentang makanan kok ya Bunda, pasti semua akan senang ngomeng. Inyak n segerrrrrr… Bunda. :lol:

    ==========================================
    Ya Pak Guru, sengaja kok itu,
    kan pada inget, nggak boleh makan, cukup memandangi saja dulu ya…………..:D :D :D
    Salam.

  7. KangBoed says:

    Hadoooooh hari ini mai ke rumah Bundo bikin ngiler.. banyak makanan yang enaaaak bangeet
    =================================
    Ha….ha…..KangBoed……:D :D :D
    Silakan lho dicobain……………………..nanti maghrib yaaaaaa……………………:D :D :D
    Salam.

  8. wah kalo saya malah buka pertamanya teh anget manis, la aku denger-denger teh anget manis itu bisa ngembaliin stamina setelah puasa.
    kadang juga cuma air putih terus makan cemilan dikit gt.
    makasih bund info dan tipsnya.
    semoga puasa kita nanti lancar terus.. kalo yang laki-laki semoga tidak ada bolongnya satu kali pun, karena kalo yang perempuan kan belum pasti!hehe..
    kenali dan kunjungi objek
    wisata di pandeglang

    =================================================
    Semestinya sih gitu ya Mas, kecuali sakit,
    kalau perempuan sih, selalu punya hutang puasa tiap bulan….:) :) :)
    Salam.

  9. noersam says:

    kalau saya sebelum sahur ngenet dulu ampek sahur…he2…met sahurrrrrrrrrrrrrrr..moga puasa kita barokah

    ===================================
    Amin, amin ya Robbal alamiin.
    Salam.

  10. Den Mas says:

    Wah, ternyata seperti itu ya bun? Weleh2, salah ternyata saya. Sama dengan pakde masalahnya, langsung minum kopi pas buka puasa. Pas sahur juga hantam dengan makan banyak untuk stok di siang hari :)

    ====================================
    Semoga bermanfaat ya Den Mas……:D :D :D
    Salam.

  11. Zulhaq says:

    makasih tipsnya bunda, soalnya kalo makan sembarang saat buka maupun sahur sangatlah memiliki efek kurang bagus. apalagi dimulai dengan makanan yang gak pas, gka hanya bikin sakit perut, tapi bikin shalat tarawih kemesjid terbengkalai
    ====================================
    Setuju, Mas Zulhaq
    bukan menambah pahala, malah merugikan diri sendiri ya…….:) :)
    Salam.

  12. rasyid says:

    Selamat menunaikan ibadah puasa. jangan sampai gara gara ngeblog puasanya batal kawan
    ================================
    Terima kasih,Mas.
    Mudah2an dgn ngeblog, malah menambah pahala,
    krn mendapatkan berbagai macam ilmu, mencari ilmu kan wajib…………..:D :D :D
    Salam.

  13. Pakde Cholik says:

    Selama ini saya keliru donk ya, saya biasanya minum kopi atau teh hangat plus snack mini. Setelah sholat maghrib baru snack lagi, setelah sholat tarawih baru main course.
    Terima kasih mbak atas tipnya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    =====================================
    Keliru sih, nggak Pak……:D :D :D
    cuma mungkin, kita blm tahu gmana yg sebaiknya,
    ditambah lagi sudah kebiasaan ya ……………..:) :)
    Salam.

  14. iyah bun… betul. :)
    ==========================
    Setuju ya Dila……….:D :D
    Salam.

  15. casrudi says:

    Pagi Bunda… saat puasa begini lihat gambar yang seger-seger… Heheeh.. Pengen cepet buka… sabar-sabar… 13 jam lagi ke buka… jadinya dianjurkan minum jus tanpa gula ya?… biasanya saya minum teh manis hangat… sekali-kalai es buah… duh segernya… :)

    Selamat berpuasa ya Bun… Salam
    ======================================
    Pagi juga Kang Cas.
    dirumah juga gitu Kang,
    kadang minum jus buah, kadang teh hangat.
    Salam.

  16. noersam says:

    puasa pertama ngantuk terus…met puasa ya..moga puasa kali ini bisa membawa barakah
    =======================================
    iya, dan juga rasanya lemes………..:) :)
    maklum, masih dlm masa adaptasi………….
    Salam.

  17. guskar says:

    kebanyakan dari kita ketika sahur makan sebanyak2nya untuk “persediaan” siang harinya. begitu waktu berbuka tiba, makanpun sebanyak2nya karena balas dendam he..he..
    akhirnya proses detoksifikasi alami nggak terjadi, malah menimbulkan penyakit baru..
    =====================================
    lagi pula, sahur makan banyak2 , siangnya malah tambah lemes,
    berbuka makan banyak2 malah malas ibadah………..
    Salam.

  18. Saka says:

    Assalamu’alikum wr. wb.

    kalo saya buka puasa cukup dengan air putih hangat aja Bunda. baru deh kalo udah sholat magrib langsung nyaplok ini itu wuakakakkkkkk :lol:

    maaf baru bisa berkunjung, atas nama pribadi dan keluarga sy mohon maaf lahir bathin atas semua komentar maupun tulisan yang mungkin secara tidak sengaja membuat Anda kurang berkenan… selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ramadhan tahun ini menjadi sebuah momentum yg tepat untuk kita memperbaiki segala kekurangan selama ini… semoga ramadhan ini membawa berkah untuk kita semua… amin…

    salam,
    Saka dan Keluarga
    ============================================================
    Selamat menunaikan ibadah shaum, Kang.
    Saya juga mohon maaf lahir bathin utk segala kekhilafan dan kata2 yg kurang berkenan, semoga ibadah shaum kita diridhaiNYA, amin.
    Salam utk keluarga ya Kang.
    Salam.

  19. kawanlama95 says:

    Sebaiknya memang berbuka dengan buah-buahan yang segar, korma bagus, setuju bu, dengan jusjusan . dan sebaiknya buka dengan panganan yang tidak berlebihan.

    ==========================================
    Supaya ibadahnya makin bertambah ya Mas,
    kalau kekenyangan, malah jadi malas.
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s