Siapa yang tidak suka es teh manis?
Apalagi disaat berbuka puasa, benar benar menyegarkan dan langsung menghilangkan dahaga yang kita rasakan sepanjang siang hari kala berpuasa.
Teh es manis memang sangat populer, dari mulai warung di pinggir jalan hingga restoran mahal menyediakan teh es manis.
Dan, nampaknya salah satu produsen teh dalam botol atau kotak juga masih populer dengan jargon :” Apapun makanannya, minumnya tetap teh………. “

 

Namun begitu, perlu juga kita cari tahu, amankah atau merugikan kesehatan kita kah bila sering meminum teh es manis yang segar ini?
Seperti dikutip dari laman Times of India ;  teh es mengandung konsentrasi tinggi oksalat, salah satu bahan kimia yang memicu pembentukan batu ginjal.
” Bagi orang yang mempunyai kecenderungan sakit batu ginjal, teh es manis jelas menjadi minuman terburuk” kata Dr. John L.Millner, asisten profesor Urinologi, yang tergabung dalam penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine.

Teh panas juga sebenarnya mempunyai efek yang sama, namun biasanya takaran penyajian teh panas, lebih kecil.
Logikanya, orang minum teh panas, tak sebanyak orang yang meminum teh es.
Apalagi di hari yang panas, orang bisa saja langsung meminum dua hingga tiga gelas teh es manis.

Penelitian juga mengungkapkan makanan lain yang berpotensi menyimpan efek buruk, seperti :cokelat, kacang kacangan, garam dan daging.
Sebaiknya konsumsi teh dengan makan makanan tersebut dengan moderat demi kesehatan ginjal.
Atau padukan juga dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat, dan tentu saja perbanyak air putih.

Jadi, kuncinya…..tetaplah yang berlebihan ,apapun itu tidak baik bagi kesehatan kita.
Selamat menikmati teh es manis Anda………..

Salam

Referensi : MedNet.com

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

18 responses »

  1. Wah padahal minum es teh sudah jadi kebiasaan ya? Ternyata bahaya juga ya? Terima kasih info-nya Bunda.

    kalau kebanyakan ternyata gak baik gitu ,Mas Dewo :(
    salam

  2. Bang Iwan says:

    Makasih banyak atas penjelasannya Bund… , moga saya bisa kurangi minum Teh Es manis ini.

  3. ternyata teh manis ada efek buruknya juga ya..

  4. Lidya says:

    saya tidak suka es teh manis bun

  5. sri wahyuni says:

    untuk yg pny darah tinggi, teh botol kadar natriumnya tinggi. Jadi hati-hati bisa memicu naiknya tekanan darah

  6. waduuh apa segitunya bun,
    bahaya banget ya ternyata,toh aku masih jadi penggemar teh manis.
    terimaksih ya bun info kesehatannya.

  7. yayats38 says:

    Kalo di Solo saya tidak lepas dari Es Teh Manis ini …. apalagi pas wedangan hik .. jam 2 dini haripun kuat tuh minum es … Seger Bun … he he
    Tapi makasih juga ni diingatkan untuk tidak berlebihan ..
    Salam hangat Bun dari (masih di) Jatinangor heu heu

  8. Applausr says:

    wah tidak baik deh minum teh ternyata… masa air putih ya… hiks….

  9. teppymaaruf says:

    Waduuuuh.. tuk penggemar teh botol… hati2 niiiih…

  10. niqué says:

    infonya menarik bun, dan jadi merasa bersyukur karena saya bukan pecinta teh es manis. sesekali sih maulah, tapi bisa dihitung dengan jari berapa gelas yang saya minum dalam setahun. selalunya masih ngefans dengan air mineral kemasan, walau sambil digelayuti rasa bersalah dari botol plastik yg jadi wadahnya :(

  11. Wah saya kira minum teh itu sehat dan aman, ternyata ada efek negatifnya juga ya kalau dicampur es dan minumnya kebanyakan..

  12. Baru tahu ternyata teh manis bisa berbahaya bila terlalu banyak diminum apalgi setiap makan selalu memesan es teh manis.
    terima kasih infonya :D

  13. Evi says:

    Yeille..komentar ku tadi ditelan askimet Bun..Tadi ngasih link tentang blognya pak Dahlan Iskan. Catatannya pagi ini keren sekali..Tolong Bunda lihat di folder spammer ya hehehe..

  14. Evi says:

    Untung saya tak suka teh manis. Terbayang duluan kalorinya. Ngomong2 Bunda sudah baca blognya Pak Dahlan Iskan pagi ini? Keren Bun..Kalau sempat coba tinjau deh http://dahlaniskan.wordpress.com/2012/08/06/setelah-hidup-diperpanjang-lima-tahun/

  15. arif says:

    teh es jarang sekali saya konsumsi, paling banter sebulan sekali, sebab saya punya amandel atau kambuhan kelenjar ludah :)

  16. LJ says:

    eMak lumayan menghindari teh es manis.. baik yang bikinan sendiri, yang di botol ataupun di kotak.. air putih saja, tapi klo dikasih sop buah sama mamih, eMak habisin deh satu mangkok. :P

  17. Nh Her says:

    Wah ini info yang sangat penting bagi saya … (sebagai seorang pecinta Teh Panas Manis)

    kuncinya memang satu … harus seimbang dan jangan berlebihan …

    terima kasih Bunda Ly

    salam saya

  18. Wong cilik says:

    makasih bunda infonya, secara saya suka dgn teh es dan kacang-kacangan …

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s