Kehidupan masa kini yang serba cepat dan seolah tergopoh gopoh, selalu kekurangan waktu disertai deadline yang menghantui, membuat sebagian orang akan mudah sekali terkena stress, yang lama kelamaan berubah menjadi depresi.
Depresi biasanya bisa dengan mudah diatasi dengan obat obatan antidepresan yang bisa diresepkan oleh dokter.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan obat antidepresan tentunya merugikan penderita depresi.

Untuk itu ada cara lain menghilangkan depresi dengan terapi non-obat.

Berikut beberapa terapi yang diambil dari berbagai sumber:

Berusaha untuk tetap bahagia.
Lakukan hal-hal yang bisa membuat suasana hati Anda senang seperti memelihara binatang, liburan, pijat, relaksasi, atau apa saja yang membuat Anda bahagia.

Terapi mental.
Bicara pada diri sendiri dan menyusun kembali pikiran ke arah yang positif.

Olah raga ringan.
Banyak riset mengungkapkan olah raga ringan seperti aerobicmenghilangkan kecemasan, meningkatkan nafsu makan, hasrat seksual, dan rasa menghargai diri sendiri.

Psikoterapi.
Konsultasikan masalah Anda dengan psikiater.
Biasanya 4-5 bulan depresi bisa diatasi.

Perlunya grup pendukung (support group)
Depresi menyebabkan rasa terisolasi.
Kelompok yang mendukung menunjukkan bahwa Anda tidak sendiri.
Biasanya grup pendukung (support group) sangat menolong.

Obat tradisional.
Beberapa tanaman obat mempunyai efek antidepresan, misalnya : tomat, bit merah, madu dan lain lain

Diet suplemen.
Beberapa kekurangan vitamin-B6, B12, C dan folic acid, Thiamin, Niacin, Riboflafin, Biotin, dan asam pantotenat-dapat mengakibatkan depresi.

Tusuk jarum.
Organisasi Kesehatan Dunia mengenali akupuntur sebagai cukup efektif untuk depresi ringan sampai menengah.

Musik.
Seperti beberapa pengarang lagu telah menulis, musik dapat menyejukkan jiwa.
Musik juga dapat meningkatkan rasa nyaman dan dapat membantu dalam perawatan depresi dan kecemasan.

Relaksasi.
Relaksasi atau meditasi dapat membantu mengurangi rasa cemas yang timbul karena depresi.

Dari: berbagai sumber

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

19 responses »

  1. atman sexy says:

    dengerin lagu screamo di jamin langsung hancur tuh depresi,,,

  2. Salah satu cara yang paling mudah dan bermanfaat menurut saya adalah : shalat, dzikir dan berdo’a. Mengingat Allah itu sangat menenangkan hati.

    Nice post by the way :)

  3. vizon says:

    Ngeblog juga salah satu bentuk group support ya Bund? :)

    Saya seringkali menjadi blogging sebagai rekreasi pikiran. Ketika tekanan begitu banyak menghimpit kepala ini, blogwalking dan berinteraksi dengan sahabat narablog lumayan ampuh menjernihkan lagi pikiran tersebut. Apalagi kalau bisa kopdar, wuih… itu semakin ampuh.. Btw, kita kapan kopdar Bund? haha.. :D

  4. Nadiah Alwi says:

    Nggak gampang untuk tetap berusaha bahagia, Bun. Tapi akan aku coba :). Terima kasih sudah berbagi. Apa kabar, Bunda?

  5. makasih bun infonya… ><

  6. Iya bunda.. Katanya sakit itu kan bisa juga tercipta dr pikiran ya.. Kl pikiran kita rileks.. Insya Allah akan membantu meringankan bahkan menghilangkan penyakit kita :)

  7. Pakde Cholik says:

    Mendekatkan diri kepada Allah Swt adalah terapi yang paling yahuud dengan banyak berdzikir dan istighfar.
    Salam hangat dari Cimahi

  8. Coretanku says:

    Saya kalau lagi stress suka corat-coret di kertas bun hehehee..

  9. LJ says:

    klo sudah dipeluk mamih dan Inon biasanya aku lega.. meskipun rada sesak napas.. :P

    peluk cium mamih..

  10. thanx infonya ya…:)

  11. Nchie Hanie says:

    Pagi Bunda..
    Setuju Bun..lebih baik mulai tidak mengkonsumsi obat ya..
    Yah menghilangkan depresi dengan Relaksasi.. lebih enak tuh..
    Apalagi jamanya sekarang banyak yang pake obat Herbal dan altrnatif ya Bun..

  12. Imelda says:

    wah kalau bisa jangan sampai minum obat, karena biar bagaimanapun obat itu hanya untuk orang sakit badang…bukan sakit mental.
    Ada temanku bunda…. dia minum antidepresan yang persis sama dengan yg diminum Michael Jackson….dan …. hiks dia meninggal kena serangan di otaknya :(

  13. Lidya says:

    lebih baik yang alami ya bun daripada tergantung 0bat

  14. linduaji says:

    punya masalah itu bukan masalah….kalo berpikir seperti ini dijamin susah depresi… :)

  15. marsudiyanto says:

    Lagi2 hanya beberapa yang sudah saya lakukan…
    Cuma beberapa.
    Cuma berusaha untuk tetap bahagia dan musik dowang :D

  16. ceritabudi says:

    Setuju semua bunda….kalau jangan sering minum obat jika depresi yach

  17. teppy says:

    setuju dg musik n relaksasi….
    thank you tips nya Un…

  18. melly says:

    Saya menghilangkan depresi biasanya dengan musik bunda..
    klo pikiran udah kacau, saya loncat2 sambil dengerin musik2 keras :D
    terus nangis, terus mandi, shalat dan berzikir.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s