Kalau ada makanan tanpa sengaja jatuh ke lantai, biasanya kita akan refleks memungut kembali dengan alasan “belum 5 menit”.
Padahal, tidak ada makanan yang masih sehat kalau sudah ke lantai, meski cuma 1 detik.

Kontaminasi bakteri berlangsung sangat cepat.
Bahkan, lebih cepat dari gerakan refleks kita.
Dalam penelitian terbarunya, Paul Dawson, ilmuwan bidang makanan dari Clemson Univeristy, sengaja mengontimansi lantai keramik, lantai kayu, dan kerpet dengan bakteri Salmonella.
Kemudian Paul dan murid-muridnya menjatuhkan beberapa potong roti ke lantai tersebut selama 5-60 detik.

Setelah diteliti, makanan yang jatuh selama 5 detik ternyata telah terkontaminasi 1800 bakteri.
Sedangkan makanan yang jatuh selama 1 menit, jumlah bakterinya meningkat 10 kali lipat.
Bagaimana jika makanan dibiarkan jatuh sampai 5 menit?

Jadi, kecuali Anda selalu membersihkan lantai setiap jam dengan cairan anti-kuman, sebaiknya makanan yang sudah jatuh dibuang saja.
Jangan juga berpikir kalau meja dapur itu bersih.
Paul pun menemukan bahwa Salmonella dapat bertahan selama 4 minggu.
“Buah, sayur, dan unggas adalah makanan yang paling mudah terkena bakteri ini,” kata Paul lebih lanjut.

Sumber :WebMD

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

18 responses »

  1. Lidya says:

    kalau makanannya jatuh ke kotoran yang bau walaupun 1 detik iiih gak mau deh :)

  2. Danu Akbar says:

    Wah… dah lama gak mampir sini.
    Apa kabar bunda?
    masih inget saya nggak? :D

  3. teppy says:

    jiiiiiiaaaah.. gak nyambung bangeeet dg tulisan Bunda Lily… :-[

  4. Mrs.Bungsu says:

    hihihi…belum 5 menit bunda,,,aku pungut lgi makanannya…itu juga klo ada cangkangnya dipungut kembali..

  5. marsudiyanto says:

    Kalau memungut makanan jatuh saya pernah, meskipun nggak sering.
    Apalagi kalau kacang…
    Tapi kalau makanan basah sich nggak tega

  6. nh18 says:

    Wadouh …
    iya ya Bunda Ly … banyak bakteri menempel di makanan yang sudah jatuh ketempat yang kotor …

    (atau jangan-jangan belum masuk ke mulut kita pun … sebetulnya makanan itu sudah ada bakterinya … karena terkena angin yang membawa kotoran …)

    Salam saya Bunda Ly …

  7. monda says:

    waduh berapa juta kuman masuk perutku bun, suka sayang sih kalau dibuang he..he..

  8. Applausr says:

    bukannya itu tergantung makanannya ya… jadi semua makanan tidak boleh dong ya… wah serem juga ya… tapi perutnya orang indonesia sih sudah kebal kayaknay ya….

  9. Mr.doy says:

    makasi bun buat informasi nya,.,.,.,.,
    sangat bermanfaat bagi kesehatan. thanks

  10. Belum 5.5 menit. yang .5 menit untuk kuman dateng ke makanan itu. Makasih ya Bun.

  11. teppy says:

    Nah loooo… ternyataaa…
    Makanya jangan jorji daaa aaaah…
    Thank you Un… hal sepele tapi gak boleh d anggap sepele..

  12. Agung Rangga says:

    oh, astaga…
    ternyata memang benar2 gak boleh ya bun ngambil makanan yg udah jatuh… :oops:
    terima kasih sudah diingatkan~ :)

    happy monday~ ;)

  13. Orin says:

    Harusnya emang begitu ya Bun, lgsg buang. Tapi kadang kan sayang ya kalo masih banyak hihihi *emak2 pelit*

  14. Sofyan says:

    Wah selama ini masyarakat telah disalah persepsi sama sebuah slogan “Belum 5 Menit” nih Bunda :(

    Terima kasih atas informasinya Bunda :)

  15. dea says:

    huaaaa bisa begitu yaa.. :D

  16. Yunda Hamasah says:

    Jadi iklan belum 5 menit itu sangat tak mendidik ya Bun :)

  17. LJ says:

    haduwh gmn dong Mam, eMak sering loh ambil lg..
    katanya gizinya jadi bertambah, xixi..

    makasi sharingnya ya mam..
    selamat senin pagi wat warga japos.

  18. Imelda says:

    hahaha bundaaaaa. Di Jepang bukan 5 menit tapi 3 DETIK! Dan itupun dilarang :D

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s