Tidak dapat kita pungkiri bahwa kita pasti pernah merasa kecewa terhadap seseorang.

Kecewa itu adalah penyakit hati

Kecewa itu jangan dibiarkan tumbuh dalam hati apalagi sampai dipupuk, karena ini adalah sumber dari aneka ragam penyakit.

Ada beberapa hal yang bisa kita terapkan dalam kehidupan untuk menghindari kecewa pada seseorang:

1. Tanamkan pada diri bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini tujuan akhirnya hanyalah untuk Allah swt dan karena Allah swt bukan untuk dan karena siapapun.
Atau kita melakukannya hanya karena ikhlas tanpa pamrih apapun pada sesama manusia.

2. Setiap individu adalah mahluk spesial dan unik.

Masing-masing dengan gayanya, masing-masing dengan caranya dan dengan jalannya.
Maka lihatlah orang tersebut berdasarkan sudut pandang dan kaca mata mereka.
Jangan lihat mereka berdasarkan sudut pandang kita, karena itu hanya akan membuat kita kecewa.

3. Tidak ada yang berhak menilai seseorang kecuali Penciptanya

Seseorang yang telah menilai orang lain hanya dari sisi negatif saja adalah orang yang paling tidak mengerti keunikan dari hasil kerja Sang Pencipta, karena telah berani menilai penciptaanNYA

4. Sesuatu itu mungkin salah bagi kita, namun orang lain melakukan itu mungkin punya dasar

Maka kita perlu memahami orang lain, jangan paksa mereka untuk selalu memamahami kita.
Segala sesuatu itu tergantung pola fikir


5. Cobalah kita selalu mengambil hikmah yang positif dari segala sesuatu yang terjadi.
Jikalau kita lihat sesuatu hanya dari sisi yang negatif maka kita pasti akan kecewa…………………..

 

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

31 responses »

  1. mulai biasakan diri untuk gak mudah kcewa dch bund ckr, thx infonya :)

  2. sarang semut says:

    Yah, memang ga mudah utk ga kecewa saat semua terjadi tdk sperti yg kita harapkan. Tapi bukankah di saat seperti itu kita diuji dan ditempa utk mnjadi lebih kuat???

  3. emang bener bgt tuh bund, tapi kadang susah bgt ya untuk ngerem rasa kecewa itu :(

  4. memang ra kecewa itu selalu datang dimanapun dan kapanpun.

  5. Orin says:

    tapi kalo down memang gampang sekali merasa kecewa ya Bun :(

  6. yadi says:

    kunjungan pagi bunda, mantep arikelnya bun

  7. marsudiyanto says:

    Kalaupun pernah kecewa, semoga kecewa kita masih dalam batas2 yang wajar ya Bun…

  8. Kecewa + Menyesal, kombinasi yang tidak baik ya, Bunda?
    Salam

    • Kecewa lalu menyesal kemudian marah.
      Nah,mungkin marah itulah yang harus di hindari agar kekecewaan dan penyesalan kita tidak memicu amarah.
      Lha,bertobat itu bukankah menyesali perbutan.

  9. Senang membaca tulisan-tulisan Bunda.
    Selalu ada nilai kebaikan yang ditawarkan.
    Sukses selalu buat Bunda dan keluarga, serta teman-teman para pembaca.

    alhamdulillah, terimakasih banyak utk komplimennya Yasmi :)
    semoga ada manfaatnya ,aamiin
    salam

  10. keren bunda :D
    saya setuju semua nya tapi yang sering saya lakukan adalah Mengambil hikmah dari semua kejadian karena gagal bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa2 lagi :D

    nah, ini yg namanya tetap semangat dan bangkit lagi dan lagi ya Nila :)
    hebat dan salut pdmu :)
    salam

  11. ysalma says:

    Berbuat hanya atas nama-Nya,
    berharap juga hanya kepada-Nya.
    kecewa hanya sempat mampir.

    dan, akhirnya kita merasakan dan menikmati keberkahan dan karunia NYA ya Mak :)
    selalu bersyukur … maka kedamaian akan datang dgn sendirinya ……
    salam

  12. djangkies says:

    jika kita merasa kecewa akan hal apapun, itu menunjukkan kita masih jauh dari sifat sabar dan menerima apa yang ada di hadapan kita. Entah itu berupa keadaan, kritikan, nasib dan sejenisnya. Membutuhkan proses pelajar yang istiqomah untuk menjadikan hati bisa menerima apapun kondisi yang teralami. Semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan kemudahan untuk bersikap sabar

    ikut mengaminkan doanya Djangkies …..
    aamiin ya Rabb….
    salam

    • djangkies says:

      maaf bunda, kiraian komentar saya tadi nggak muncul jadi dobel deh dan jadi tripel dengan komentar ini hhh

      gak apa apa kok, Djangkies :)
      bunda malah senang … :)
      salam

  13. djangkies says:

    kecewa pada menggambarkan seseorang yang tidak gampang menerima keadaan, khususnya hal yang tidak sejalan dengan apa yang diharapkan dan dipikirkan. Padahal belum tentu apa yang dirasa tidak cocok itu selalu tidak baik, karena bisa jadi yang tidak kita suka justru mendatangkan kebaikan di waktu lain. Hanya butuh proses saja, proses bersabar dan tawakkal

    karena selalu ada hikmah ditiap peristiwa ya Djangkies :)
    salam

  14. oomguru says:

    daripada kecewa, mending kecewe… lebih enak :D

  15. Lidya says:

    penyakit hati yang perlu dibasmi ya bun

    iya Lidya sayang :)
    semoga kita gak hrs sering2 kecewa ya … :)
    salam

  16. wah ternyata kita tidak boleh kecewa ya… betul sekali..

    kecewa boleh2 saja, asal jgn keterusan Rom :)
    salam

  17. ded says:

    Wow, ternyata kecewa itu adalah sumber dari aneka ragam penyakit.
    Saya menganggap kata2 yang paling tepat adalah “apapun yang kita lakukan di dunia ini tujuan akhirnya hanyalah untuk dan karena Allah swt” :)

    tepat sekali Ded,
    apapun yg kita lakukan hanya karena dan untuk Allah swt semata :)
    salam

  18. nurfadila says:

    bunda artikelnya bagus banget….
    dan itu menjadi pelajaran buat aku….

    salam kenal ia bun…
    :)

    salam kenal juga ,Nur
    terimakasih sdh singgah disini :)
    alhamdulillah, semoga bermanfaat …….
    salam

  19. ~Amela~ says:

    Bundaaaaa..
    Kecewa itu memang bahaya bunda, bisa membuat kita berlarut-larut dalam kekecewaan dan bukannya melakukan hal lain yang lebih berarti..

    bener banget Mel….
    kecewa boleh, tapi jgn keterusan yaaa……
    jadi, harus tetap semangat :)
    salam

  20. bllog walking,,,,salam kenal ya,,,

    salam kenal juga ,Uyo
    terimakasih sdh singgah disini :)
    salam

  21. Nchie Hanie says:

    memendam rasa kecewa..
    ahh ga penting ya bun, buang2 energi..

    makasih bun

    bener banget Nchie…
    mending energinya buat boncengin bunda Bandung -Jakarta yaa….hahahaa… :P
    salam

  22. Saya akan kecewa kalau bunda tidak lagi sering-sering posting sesuatu yang menginspirasi.

    duh, Yudhi ini paling bisa yaaa……..
    bikin bunda besar kepala :oops:
    alam

  23. kecewa itu kadang datangnya tak terduga dan tak di sangka2
    iitu pun di rasakan oleh saya sendiri bund !!
    orang yang dekat dengan saya pun pernah mengecewakan saya hummm ga di sangka !!!

    biasanya memang orang terdekat lah yg sering kita kecewakan
    atau sebaliknya mengecewakan kita :(
    karena kita berharap terlalu banyak pd mereka ,
    atau mereka menganggap ‘biasa’ ketika mengecewakan kita …
    salam

  24. abdulazizbintarso says:

    The point dari pengusiran kekecewaan ialah yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa ALLAH melimpahkan segala kebaikan untuk hambanya. Tiada ada hal buruk yang allah limpahkan untuk hamba-hambanya, bahkan secuil duri yang terinjak kaki pun jadi sebuah hadiah indah dari ALLAH, sebagai penggugur dosa atau rahmatnya…

    Untuk no.4…semuanya butuh adap[tasi ya bun..harus latihan..semakin tenang suatu jiwa maka semakin baik pula dia menyadari suatu positif atau kebaikan…

    ^^

    Ya gak bund??

    BTW, salam kenal.

    sepakat dgn apa yg Abdul tuliskan dsini :)
    dan, harap yg terlalu banyak kpd selain Allah swt
    memang akan membuahkan kekecewaan …..
    waktu adalah obat bagi kecewa , begitu khan? :)

    wah, kok ya salam kenal mulu sih Abdul :)
    salam

  25. Yunda Hamasah says:

    Iya ya Bun, ngapain memupuk kecewa, apalagi kalau bisa jadi sumber penyakit, ihhh serem.

    Semoga kita tak gampang kecewa pada apa saja dan pada siapa saja ya Bun ^^^

    sepakat Yunda …
    kekecewaan biasanya datang ketika terlalu banyak harap ya
    salam

  26. kecewa itu datang tak terduga, sehingga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan…
    makasih motivasinya bunda.. salam

    benar sekali, kekecewaan akan hilang ketika kita tak banyak berharap pd manusia
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s