Kita pasti pernah membuat kesalahan, sekecil apa pun.

Misalnya saja, Anda berbincang dengan teman, dan tanpa Anda sadari Anda telah berkata kasar dan menyakiti perasaannya.
Memang sih, Anda tidak bermaksud jahat.
Bahkan teman Anda juga tidak merasa tersinggung dengan perkataan Anda.
Namun, tetap saja ada perasaan tidak enak dan canggung.
Kita terkadang melakukan kesalahan tanpa sengaja.

Permintaan maaf yang tulus dan disertai dengan jabat tangan akan menghilangkan rasa canggung.

Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa meminta maaf adalah salah satu hal yang paling sulit kita lakukan.

* Kenapa sulit meminta maaf ?

Meminta maaf mungkin bukan sifat Anda.
Beberapa orang menganggap meminta maaf berhubungan dengan harga diri dan menunjukkan kelemahan diri.
Ingat, meminta maaf adalah bentuk penyembuhan harga diri dan memberikan kesempatan orang lain untuk memaafkan Anda.

Selain itu, meminta maaf mengobati hubungan yang ada.

* Apa yang harus dikatakan?
Hal yang terpenting adalah etiket dan sikap Anda.
Jika Anda meminta maaf tanpa didasari kesungguhan dan hanya sekadar mengucapkan saja, tidak akan ada maknanya.

Ada  tiga poin penting dalam meminta maaf:
1. Mempertimbangkan hubungan dengan lawan bicara Anda.

Sadari bahwa hubungan pertemanan atau jalinan asmara yang Anda bina selama ini penting untuk dipertahankan.
Jika Anda sudah menentukan hal ini, maka Anda akan menyadari betapa pentingnya meminta maaf.

Membuat kesalahan pada teman jangan dijadikan kebiasaan.

Anda bersikap tanpa rasa bersalah dan berharap semua akan baik-baik saja seiring berjalannya waktu?

Serius meminta maaf akan membuat kita dihargai.

2. Ekspresikan perasaan menyesal.

Saat mengatakan Anda menyesal, tunjukkan empati dan perasaan Anda.
Anda menyadari bahwa Anda telah berbuat salah dan menyakiti orang lain.
Jangan tersenyum atau terlihat tinggi hati saat meminta maaf.
Tunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab dan punya kemauan untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Tak ada gunanya mencari-cari kesalahan orang lain.
Jangan menunjukkan sifat defensif atau mencari-cari alasan pembenaran.

Katakan saja singkat, kita bersalah!

3. Cari obatnya.

Anda merasa bersalah dan ingin membayar kesalahan itu?
Cukup dengan menumpahkan perasaan Anda pada orang yang Anda percaya.
Cara lainnya adalah mencari hiburan seperti membaca buku yang bisa membuat Anda melupakan kejadian yang ada.

* Apa yang terjadi selanjutnya?
Setelah meminta maaf, sabar dan tunggulah reaksi rekan Anda.

Tidak semua orang bisa memaafkan dengan cepat.
Jangan menekan atau mencecar lawan bicara untuk meminta jawaban segera.
Jika cara ini tidak berhasil, coba dengan cara lain.
Contohnya lewat e-mail atau SMS untuk mengungkapkan penyesalan Anda.

 

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

28 responses »

  1. farikah says:

    meminta maaf adalah hal yg mulia…
    so, minta maaflah jika besalah gk da slahnya kok…

  2. semua yang dikategorikan sebagai “akibat” pasti sulit dalam menjalaninya. . .
    berbeda dengan sebab yang selalu mudah untuk dilakukan. . .

  3. terkadang mulut memang sulit untuk bisa bilang minta maaf dan memaafkan…

  4. prih says:

    Dibutuhkan kerendahan hati yang membarengi saat meminta maaf, trimakasih ya Uni Ly penyegarannya, Salam

  5. Dibutuhkan penyesalan & kerendahan hati untuk mengakui kesalahan. Kalau itu bisa dilakukan, pasti kita akan dengan sepenuh hati meminta maaf. Sayangnya seringkali orang terlalu tinggi hati utk mengakui kesalahan & menyesalinya. Hiks…

    Salam hangat, Bunda

  6. toko kostum says:

    mantap dah nih postingan, bravo juragan ?!!!!
    http://www.kostum.web.id 12:52

  7. nadia says:

    aku juga gitu setiap aku ingin meminta maaf setelah aku memaksakan diri aku ingin minta maaf lega deh pas minta maaf meski dia marah2 tapi senang hatiku lega

  8. Titus says:

    saling memaafkan lebih baik dibanding asling bermusuhan,,,,,
    jthx ya bun,,,

  9. dhe sedang belajar memaafkan bund.. memaafkan itu jauh lebih sulit daripada meminta maaf :(

  10. toko kostum says:

    mantap dah nih postingan, bravo juragan ?!!!!
    http://www.kostum.web.id 13:11

  11. ysalma says:

    Meminta Maaf bisa dijadikan indikator seberapa besar kita menghargai diri kita, dan juga orang yang tersakiti, padahal dimata pencipta kita adalah sama ya Bund, tapi kok sulit?

  12. dira says:

    Meminta maaf = menguji seberapa besar jiwa kita. Thank Bund.

  13. minta maaf adalah cara yang paling baik…. bisa meluluhkan semua yang keras… nice artikel..

  14. terkadang di lisan kita gampang untuk bilang kata maaf dan memaafkan, tapi dihati terkadang agak sulit untuk melakukannya ya Bun,,,,thanks atas sharenya,,,,smoga hati ini lebih lunak untuk memaafkan,,,,

  15. arie5758 says:

    Masukan yang bagus bun. Memang susah sekali meminta maaf, karena pada dasarnya manusia punya ego masing2. Semoga kita semua bisa menjadi insan yang suka meminta maaf dan memaafkan jika terjadi kekhilafan.

    Terima kasih pencerahannya bun :)

  16. bungamesa says:

    Setuju banget bun, beberapa orang menganggap meminta maaf berhubungan dengan harga diri dan menunjukkan kelemahan diri. Termasuk aku. Hehehe

  17. tangki says:

    “Tidak semua orang bisa memaafkan dengan cepat.
    Jangan menekan atau mencecar lawan bicara untuk meminta jawaban segera.
    Jika cara ini tidak berhasil, coba dengan cara lain.”

    Setuju banget nih bun… Tapi kadang saya masih sering egois gt bun, dah buat salah, eh giliran pas minta maaf, maksa2 supaya cepet dimaafin gt… Hehehehe…

    Harus segera berubah demi kualitas hidup yang lebih baik… Semangat!!!

  18. sebagai manusia biasa kita tidak luput dari kesalahan,sudah sepantasnya kita meminta maaf jika berbuat salah.

  19. bila kita ingin dimaafkan orang lain, tentunya kita sendiri yang harus memiliki sifat pemaaf ya bun.
    Memang terasa sulit apalagi untuk mengawali meminta maaf, tpi yakini saja, meminta maaf bukan berarti mutlak kita yg salah. :D

  20. meminta maaf adalah hal yang sangat mulia menurut saya :)

  21. 'Ne says:

    Meminta maaf bukan berarti hina, justru menunjukkan bahwa kita berjiwa besar dan mengakui kesalahan diri..

    salam..

  22. marsudiyanto says:

    Orang yg sulit minta maaf pasti sulit memaafkan Bun.
    Tapi semoga kita tak termasuk yg seperti itu.
    Yg penting saling mengingatkan, saling memaafkan

  23. Bener ini bun. Terkadang egoisme diri, memilah siapa yang salah, menimbang-nimbang, malah ujung2nya saling menunggu. Hmm. .

  24. aryakmdn says:

    banyak kemasalah gengsi dan merasa diri berkemampuan…membuat orang yang bersalah sulit untuk memohon maaf…

  25. Ngai says:

    Mam, maafkan Ngai yaa… sms kmrn gak dibales, hiks.

    pagi Mam, semoga japos berseri pagi ini
    semoga senyum senantiasa di hati kita.
    peluk cium mamih
    mmwwaahh..

  26. kawanlama95 says:

    Membiasan meminta maaf itu menjadi lebih indah dan menurunkan kadar emosioanl diri egoisime diri dan menurunkan kadar stress. Saat ini juga dan mulai dari sekarang

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s