Makanan tradisional Korea lain antara lain bulgogi (olahan daging sapi seperti bakso dan sosis yang ditusuk dan dipanggang).

bulgogi

Bulgogi, a Korean dish

Image via Wikipedia

bibimbab (nasi campur), cap-jae (suun goreng)

bibimbab

Jeonju bibimbap

Image via Wikipedia

dan jeon (gorengan/tempura).

jeon food

Bahkan, kimbab (yang tak beda dari sushi di Jepang) sebenarnya tak lebih dari lemper isi yang dibungkus dengan kim (lembaran rumput laut), dan dihidangkan dengan cara dipotong-potong.

Tradisi kuliner Korea juga mengenal minuman jahe yang disebut sujonggwa, juga sikhye, minuman fermentasi dari bahan padi-padian. Teh, yang tumbuhannya berasal dari Assam, India, sejak lama dibudidayakan dalam lahan kebun di lereng-lereng bukit di Korsel.

sikhye rice drink

Praktis, air seduhan daun teh (dengan berbagai varian campurannya) menjadi minuman umum di masyarakat.

Anehnya, di kafe-kafe di mal, stasiun, dan pinggir jalan, minuman teh nyaris tak pernah termasuk dalam daftar menu minuman.
Orang Korea masa kini lebih suka minum kopi ,kapan warga Korsel mulai keranjingan minum kopi? Tak jelas! Yang pasti, tanaman kopi tak pernah tumbuh di negeri itu.

Komoditas kopi diimpor dalam ragam produk siap seduh dari berbagai negeri, khususnya dari Indonesia.

Salam

Gambar diambil dari sini

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

11 responses »

  1. wah bunda lagi wisata kuliner yaaa…dikorea lagi,,,jangan lupa buah tangannya dipaketin bun…

  2. diananeeh says:

    saya suka sama korea, mulai drama koreanya, artis, lagu, makanannya juga keliatan enak2 Bun, tapi aku belum pernah nyoba, sebatas liat di film2nya ajah,,,^_^

  3. bibimbab, seperti masakannya orang2 indonesia, ada telornya gitu. ,, :D

  4. Yayats38 says:

    Itu gak bisa dilemparin satu ke Sby ya Bun, pengen ngerasain wkwkwk…
    Masih di Korea Bun ?
    Tks

  5. Una says:

    Hm, pernah coba makanan korea tapi ga cocok di lidahku. o_O

  6. andinoeg says:

    waduh pagi-pagi dah ngomongin kuliner, bikin laper aja bunda nich

  7. marsudiyanto says:

    Ngeliat aja saya belum pernah Bun, apalagi ngerasain…

  8. kakaakin says:

    Hehe… Kimbab itu lemper yang dimakan sak kulit2nya ya, Bunda. Hehe…

  9. Evi says:

    Marketing dari pabrik-pabrik kopi dunia berhasil merubah wajah budaya minum penduduk lokal, Bunda. Mereka meninggalkan minuman warisan nenek moyang yg lebih sehat karena dianggap kurang prestisenya. Disamping, makin kesini hidup kian berat, kompetisi semakin ketat yang ujung-ujungnya membuat kita semakin stress. Cafein yg terdapat dalam kopi berhasil menstimuli syaraf yg membuat kita lebih nyaman pada diri sendiri. Sudah begitu kopi sekarang dimasukan ke dalam gaya hidup moderen. Aku kira ini alasan utama mengapa sekarang orang rame-rame minum kopi termasuk aku :)

  10. Ahmad Alkadri says:

    Yang pertama, saya ingin sekali-kali berkunjung ke Korea. Penasaran ingin melihat bagaimana sih negara itu sebenarnya, negara yang cowok-cowoknya (terutama para boyband) sedang sangat populer di kalangan cewek-cewek remaja sekarang (termasuk adik saya) -___- #mauinvestigasi #hiyaa #plak

    Yang kedua, saya sudah berkali-kali mendengar kabar yang mengatakan kalau resep-resep dari Korea itu enak-enak, nggak kalah dengan resep-resep dari Itali maupun Cina. Jadi penasaran, ingin mencoba dengan lidah saya sendiri :P

    Semoga suatu hari kesampaian, amiiin :D

  11. Imelda says:

    kalo aku suka kuppa. Kalau dulu kangen sama sup buntut, ya aku makan kuppa itu, supnya putih sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s