Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar.

Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Zaitun adalah anggota suku Oleaceae. Selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, minyak ini juga memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Khasiatnya antara lain:

[1]. minyak ini dapat digunakan untuk rambut. Salah satunya ialah rambut kering sebagai akibat dari polusi udara, paparan sinar matahari, terlalu banyak berada di dalam ruangan ber-AC atau bahkan terlalu sering menggunakan produk-produk berbahan kimia.

Pemakaian perawatan rambut dan kulit kepala yang mengandung minyak zaitun diyakini sebagai solusi yang tepat dan sehat. Pasalnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki kutikula rambut yang rusak sekaligus memberi kelembaban ekstra pada rambut. Sehingga rambut menjadi lebih sehat, lembut, berkilau dan tidak mudah bercabang.

[2]. Minyak zaitun yang murni (Extra Virgin Olive Oil atau Un-refined Olive Oil) juga dapat digunakan langsung pada kulit kepala sebelum melakukan perawatan creambath. Bahkan campuran minyak zaitun dengan minyak jarak, perasan lemon serta larutan air dari seduhan daun peppermint diyakini sebagai resep alami untuk mencegah ketombe dan gatal pada kulit kepala.

[3]. Khusus untuk perawatan wajah, produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya dapat membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak mudah kering dan berkerut. Untuk wajah, minyak zaitun dapat dicampur dengan masker atau diulaskan langsung pada kulit wajah.

[4]. Untuk tubuh minyak zaitun dapat digunakan sebagai carrier oil untuk campuran minyak esensial sebagai minyak pijat. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai campuran body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

[5]. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk mempertahankan bentuk serta kekencangan payudara.

[6]. Sedangkan untuk tangan dan kaki, minyak zaitun dapat juga digunakan untuk mengurangi kulit yang menebal pada telapak kaki, mempertahankan kehalusan kulit, serta menguatkan kuku.

[7]. Menjaga kesehatan pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan resiko pada penyakit jantung koroner. Yang disebabkan karena adanya mono unsaturated fat, terutama asam oleat.

Namun ada juga penelitian yang menunjukkan khasiat minyak terhadap kesehatan jantung disebabkan oleh kandungan senyawa golongan fenol, bukan asam lemak. Kandungan senyawa fenol berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat menjaga elastisitas dinding pembuluh darah arteri.

[8]. Sebagai laksatif ringan untuk memudahkan proses buang air besar.

Salam.

Sumber : health today.

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

31 responses »

  1. ndjinggohuda says:

    ini buah yg ku cari

  2. manfaat says:

    informasi yang sangat bermanfaat. terima kasih ats info manfaat minyak zaitunnya

  3. Oyan says:

    Ibu saya bisanya menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit.

  4. indobeta says:

    saya juga mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari, dan hasilnya saya dan keluarga selalu sehat

  5. asti says:

    Tekstur minyak yang halus bila dimakan, membuat kita tak takut untuk menyantap makanan-makanan yang berminyak. Dan pastinya sangat menyehatkan.

  6. sinta says:

    wahh ternyata banyak manfaatnya juga iia buah zaitun,,,,

  7. Belum pernah sekalipun melihat dan nyicipi buah zaitun ini bun..
    Khasiatnya banyak sekali dan tercatat juga kan dalam Ayat Al Qur’an.. :D

    • suharto says:

      Mas Mabrur,buah zaitun itu biasanya dijual sudah di pak didalam botol dibuat asinan
      rasanya asin,bagi yang belum pernah mencoba tentu rasanya engga enak cuma asin saja,akan tetapi bila terus dicoba dan dicoba baru terasa enak.
      Kebetulan saya sering mengkonsumsinya,waktu pertama saya makan ya begitu hanya
      rasa asin aja tapi sekarang saya sudah terbiasa,awalnya pada saat saya haji,di restaurant hotel baik di madinah dan di mekah pagi.siang dan makan malam selalu tersedia. baiknya dimakan bareng makan nasi dan lauk sebagai acar atau teman makan nasi kebuli atau nasi goreng (kalau disana tidak terasa asin) supaya terasa enak makannya pake zaitun itu, setelah sampai disini saya jadi biasa makan buah itu, kebetulan di jakarta kita bisa beli,di ranch market atau di condet.selamat mencoba,
      salam suharto.

  8. zoothera says:

    Minyak zaitun emang bagus bgt u/ kulit, untuk tambahan bahan klo bikin lulur sendiri.. Nglicinin kulit (dlm artian bagus) + bikin kulit kenceng

  9. Imelda says:

    saya selalu pakai olive oil untuk pasta

  10. Evi says:

    Zaitun yg kaya khasiat. Sayang aja di negara kita gak begitu baik numbuhnya..

  11. dede6699 says:

    bannyak sekali manfaatnya…de belum coba..hee

  12. Asop says:

    Nah, minyak zaitun itu terkenal aman bagi yang ingin makan tumisan, gorengan, tapi kalori tetap sedikit. :)
    Tapi memang harus diakui, minyak zaitun itu mahal sekali. :D

  13. Bayu says:

    minyak zaitun. wih banyak juga ya kasiat nya. tapi dimana cari nya ya di usa. hmmm aku harus serching dulu nih. makasi ya bunda info nya. berguna banget nih

  14. Ada efek laksatif juga ya Bun… trims infonya ;)

    Tapi ditempatku masih susah nyari minyak zaitun yang murni Bun :(

  15. Abed Saragih says:

    Belum pernah makan buah zaitun bun… :)

    Jadi belum taw khasiatnya.

  16. pa Tuo says:

    pa Tuo nanem pohon Zaitun dapet dari bogor, sayang di Kuningan kurang cocok.

  17. Sukadi says:

    Sering dengar tentang buah ini tapi belum pernah lihat bentuk aslinya, pernah pakai tapi sudah berwujud minyak.. :)

    Terimakasih, Bunda
    Salam

  18. Bung Eko says:

    Di Indonesia setahu saya yang membudidayakan pohon zaitun adalah Ponpes Ma’had al-Zaytun di Indramayu, yang sering dikait-kaitkan dengan NII dan segala macem. Entah di tempat lain ada lagi gak ya? Khasiatnya memang gak diragukan lagi. Kalau di show masak-masak tivi luar negeri, chef-nya rata-rata make minyak zaitun.

  19. emng bener banyak sekali manfaat dari buah zaitun ini….

  20. Ahmad Alkadri says:

    Jadi ingat dulu pernah dibawain minyak zaitun sama ibu saya pas saya SMP. Katanya buat ngurangin rambut saya yang gampang rontok (dulu rambut saya awut-awutan tak keruan). Saya ya – sebagai cowok, ABG pula kala itu – nggak mau rambut saya di-gituin. Berasa kaya’ sedang dirias soalnya :P

  21. Sering dengar dan melihat di gambar … saya ragu pernah melihatnnya secara langsung he he …. Bunda serba tahu deh .. salut
    Trims tipsnya Bun.
    Salam

  22. Una says:

    Kalau dimakan kecut kan ya… Hm, atau ga? Hehehe.
    TFS yaaa Bunda~

  23. ded says:

    Karena isteri masih punya teman-teman crew yang terbang ke jeddah hadi bisa nitip, makanya kami selalu punya minyak zaitun kalengan yang berwarna hijau. Alhamdulillah manfaatnya benar-benar kami rasakan misalnya untuk rambut anak-anak yang suka berenang agar tidak kelihatan kering dan kusam, kalau istri menggunakannya untuk muka. Saya sendiri suka meminum kapsulnya selain untuk rambut.

  24. Ejawantah's Blog says:

    Hadir menyapa Bunda untuk menyimak sajian artikel yang menarik.

    Sukse selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  25. Lidya says:

    paling sering untuk kulit bun

  26. susisetya says:

    banyak sekali manfaat zaitun yach bun, tapi rasanya dikita masih sulit untuk didapat, makanya harganya jadi mahal…

  27. kalo minyak zaitun yang udah dikapsul2 lebih praktis ya bunda, tapi kalo ada zaitun asli lebih baik zaitunnya ya? tapi di indonesia adakah bunda?beli dimana ya?

  28. Bunda Rynari says:

    Alam menyediakan keperluan kita dengan limpah ya Uni Ly. Salut sudah 4 postingan di tanggal 18, yook berbagi terus. Salam

  29. andinoeg says:

    emang rasanya kayak apa ya?

  30. emang buah zaitun bisa beneran dimakan yaa bund?? waahh dhe baru tahu, setau dhe cuma untuk minyak aja..

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s