Apakah Anda pernah mendengar ungkapan ‘kelakuanmu seperti binatang!’? Dalam kebanyakan kasus, ketika seseorang berkata seperti itu ke orang lain, mereka ingin hanya sekedar mengejek atau dia tidak suka dengan kelakuan orang tersebut.

img.hewan ciptaanNYA yang menginspirasi

Singa jantan


Tetapi kita tidak pernah berpikir bahwa binatang tidak hanya makhluk bodoh tanpa intelektualitas, mereka juga dapat mengajarkan kita banyak hal.

Apa yang dapat kita pelajari dari hewan?

Kita dapat mempelajari beberapa hal dari hewan di bawah ini.

Singa

Sesuatu yang dapat kita pelajari dari singa adalah:
apa pun yang kita lakukan, kita harus melakukannya dengan sepenuh hati dan dengan segenap kekuatan kita.
Seperti yang kita tahu, singa selalu mengejar hewan buruannya dengan sekuat tenaga dan tidak akan berhenti mengejar sampai hewan buruannya lemah tak berdaya dalam cengkramannya.

Dalam kehidupan kita sebagai manusia, hewan buruan ini adalah ibarat dari cita-cita.
Contohlah singa, jangan pernah berhenti sebelum apa yang Anda cita-citakan dapat Anda raih. Semangat!

Ayam jantan

Ayam jantan dapat mengajarkan empat hal penting pada manusia.
Contohnya bangun tidur tepat waktu. Seperti yang kita tahu, setiap pagi ayam jantan tidak pernah melewatkan waktunya untuk berkokok.
Hal ini dapat Anda jadikan contoh dalam kehidupan Anda, yaitu untuk membiasakan diri bangun pagi dan tepat waktu sebelum ayam jantan berkokok.
Hal lainnya yang dapat kita pelajari adalah keberanian.
Ayam jantan selalu membusungkan dadanya ketika berkokok dan itu dianggap sebagai simbol kepercayaan diri yang erat dengan keberanian.

Seekor ayam jantan pun selalu berusaha adil dalam membagikan jatah cacing pada pasangan atau anak-anaknya.
Dari sini dapat kita contoh bahwa Anda dapat berlaku adil bagi keluarga dan pasangan Anda, mungkin dalam hal pembagian warisan pun Anda dapat meniru sikap adil ayam jantan.
Sikap terakhir yang dapat kita contek dari ayam jantan adalah kemandirian.
Ayam jantan selalu berusaha sendiri dan gigih untuk mendapatkan makanannya.
Kemandirian dan bahkan kegigihan inilah yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Anjing

Seperti yang Anda ketahui, anjing adalah binatang yang setia bahkan berani membela tuannya ketika tuannya itu berada dalam bahaya.
Kesetiaan seekor anjing ini yang dapat jadikan contoh, setialah pada Tuhan atau bahkan pasangan Anda.
Anjing juga bukan tipe hewan yang serakah, meskipun memiliki nafsu makan yang sangat besar, setelah merasa kenyang dia akan berhenti makan.

Tidak seperti manusia yang tidak pernah puas akan apa yang dimiliki, dalam suatu hal, sifat ini dapat menjadi sifat positif.
Tetapi dalam hal lain, manusia yang tidak pernah puas akan menjadi orang yang serakah dan tidak pernah bersyukur akan apa yang telah ia miliki.

Keledai

Bahkan keledai yang sering menjadi lambang kedunguan juga memiliki sesuatu yang dapat Anda tiru.
Katakan saja tidak mudah putus asa.
Meskipun seekor keledai merasa lelah, dia tetap membawa beban pada punggungnya, tanpa peduli cuaca panas atau dingin, dan dia selalu gembira melakukan itu.

Andai saja kita sebagai manusia memiliki sikap itu, pasti apa yang Anda impikan dapat segera untuk diraih.
Tetapi jangan lupa, tetap peduli pada kesehatan.
Karena bisa jadi, bukan impian yang Anda raih, tapi malah penyakit karena kelelahan yang Anda dapat.

Ternyata hewan juga mempunyai sifat-sifat positif yang dapat kita tiru ya.
Mungkin dengan meniru sifat-sifat hewan yang terpuji ini, Anda dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Be better Guys!

Salam

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

27 responses »

  1. riezch says:

    mksh bund..
    tulisanny mnginspirasi bgt..
    smga brmnfaat bgi qt smua..

  2. tian says:

    bunda,,, masih banyak loh ada lebah dan semut yg jg bs kita tiru jg… hehehehehe… mohon maaf lahir dan batin ya bunda… hbs kena cacar air nih, jd lama ga mampir :(

  3. Info Terkini says:

    singa is the best. seperti bintang saya yaitu singa. terima kasih banget atas informasinya.

  4. alamendah says:

    Wah, bisa masuk kategori satwa dan renungan di blog saya, ki.
    Thanks Bunda.


    hehehe…….diblognya Mas Alam,
    nanti bikin tulisan ttg dibalik keistimewaan hewan yg patut diikuti :)
    terimakasih juga Mas Alam
    salam

  5. Danu Akbar says:

    Begitu banyak hal yang bisa menjadi inspirasi bagi kita ya bunda :)


    benar sekali Danu, asal kita jeli utk melihatnya :)
    salam

  6. marsudiyanto says:

    Ternyata “Koepoe” nggak termasuk yang dibahas… :D

    karena sudah jelas dan pasti , koepoe itu, hewan yg bersungguh2 dan pejuang yg sangat gigih , Pak Guru :) contohnya koepoe biroe ……. :)
    salam

  7. dediyuliadi says:

    sama-sama makhluk ciptanNya tapi yang membedakan cuma satu yaitu akal pikir

    namun sayangnya , kadang ada manusia menyalahgunakan akal dan pikirannya :(
    salam

  8. addthesurya says:

    saya jadi malu sama ayam nih bunda…

    Dhe orangnya susah buat bangun pagi :D

    tapi terimakasih atas inspirasinya bunda..

    wasalam

    nah lho, di coba pelan2 aja atuh De,
    nanti terbiasa kok :)
    khan ada pepatah yg bilang, alah bisa karena biasa :)
    salam

  9. advertiyha says:

    Allah tidak akan menciptakan segala sesuatu yang tak ada manfaatnya.. :)
    dan hewan2 ciptaanNya tentu pula membawa manfaat dan banyak pelajaran berharga…
    namun kadang kita manusia, yang lalai akan itu dan menganggap kita paling tau jadi malu untuk mencontoh.. :(

    semoga kita dapat mengambil manfaat dan pelajaran dari apapun yang Allah sajikan di dunia ini…

    salam sayang bunda..
    *baru mampir lagi, malu.. :)
    maap bun…. mmuahh

    apa kabar Mbak Iyha ?
    semoga selalu sehat ya ,aamiin
    ( peluk rindu) :)
    Mbak Iyha, kenapa ya bunda kok gak bisa masuk ke blog nya ,
    selalu ada warning , katanya lagi direnovasi :(
    kapan klaar nya sih renovasi nya ?
    atau cuma bunda aja yg gak bisa masuk kesana ? hks…. :cry:
    salam

  10. maminx says:

    Subhanallah bunda luar biasa artikel ini keren banget. banyak hikmah yang positif dari binatang juga ya. terus yang paling miris mah ibu yang ngebuang bayi nya. binatang aja gak pernah ngebuang bayi sendiri ya, naudzubillah hi mindzalik

    keren bunda ini postingannya. semoga saya tetap istiqomah dalam menggapai cita-cita, amin..

    itulah Mamin, padahal manusia diberi kelebihan dgn akal,
    namun sering menyalah gunakan si akal ini :(
    Semoga saja kita semua dijauhkan dr tipu muslihat dunia yg tak mengenal mata hati ya ,aamiin
    salam

  11. buka mata buka hati rasakan apa yang tertangkap panca indera, karena di situ ada banyak Ayat-ayat Alloh yang bisa kita jadikan muhasabah untuk memperbaiki diri.


    hanya orang2 yang peka mata hati yg mampu melihat kebesaran ayat ayat Allah swt di alam ini ya Pakies :)
    Semoga kita semua mempunyai hati yang jernih dan peka ,aamiin
    salam

  12. Lyliana Thia says:

    Waaah bagus Bunda…! Ini bisa jadi dasar untuk bikin cerita anak2 nih Bun.. ijin save utk pribadi ya Bun… ^_^

    alhamdulillah, kalau bermanfaat Thia …… :)
    silakan di save , dgn senang hati :)
    salam

  13. Imelda says:

    Kalau aku…. binatang yang aku panut adalah Burung Hantu bunda….
    karena aku ingin jadi bijak


    dan……….Mbak EM khan memang seorang yg bijak :)
    kalau bunda pingin kayak singa, krn bintangnya Leo ….hahahahha :D :D
    salam

  14. sungguh ya bun, tiada yang sia-sia dari apa yang Allah ciptakan.
    Hanya orang2 yang tidak mau berfikir saja yang mengira bahwa apa2 yg Tuhan ciptakan itu ada yg tidak berguna. Itulah tujuannya Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yg paling sempurna dengan diberi pikiran yaitu untuk berfikir terhadap apa2 yang Allah ciptakan.

    salaam

    iya Ruri, hanya saja kita yang seringkali kurang jeli memperhatikan sekeliling
    dan kurang bisa melihat dgn hati, apa hikmah dibalik alam ini :(
    salam

  15. muamdisini says:

    saya ingin menjadi Singa saja bundaa…pemberani..
    tapi bukan jadi Singa si raja hutan yah bun..hehehehe…
    tapi kok aneh ya?..kan disitu ayam adalah hewan yang pemberani, tapi orang-orang selalu menganalogikan pengecut dengan ayam…


    iya ya Muam, kadang orang penakut juga diistilahkan dengan ayam sayur ….hahahha :D
    apaaa coba hubungannya ? :(
    salam

  16. mandor says:

    kalau ada yang memaki “Dasar Anj*ng!”
    maka akan saya jawab “Memang benar, saya adalah orang yang setia dan mempunyai indra penciuman yang tajam!”

    hahaha….pasti yang memaki tadi , bukan anj*ng ya Pak Mandor :P
    salam

  17. ternyata binatang pun bisa memberi inspirasi ya bun. biar pu serem ama anjing kalo menggonggong tapi kalo masalah setia mah pu suka banget ama si anjing bun :D salam pu bunda

    eh, kita sama dong ya Pu, bunda juga takut sama anjing :(
    bener Pu, apapun yang ada dialam ini, semuanya pasti bisa dijadikan pembelajaran :)
    salam

  18. Agung Rangga says:

    maka dari itu, mari berhenti mengejek orang lain dengan nama binatang. kasihan binatang itu, namanya dipakai untuk bahan ejekan. :(

    padahal banyak hal positif dr hewan yg bisa kita tiru ya Rangga :)
    salam

  19. lozz akbar says:

    Bunda.. saya pingin jadi ayam jantan saja ya.. kukuriyuuuk..


    iya deh, kalau utk Uncle , apa sih yg gak boleh :P
    salam

  20. LIdya says:

    sudah lama gak dengar kokok ayam bun:) paling koko ayamdari ponsel aja yang membangunkan saya

    hehehe…udah langka kokok ayam kalau di perkotaan ya Lidya :)
    salam

  21. Orin says:

    Wah…msh sering ga belajar dr ayam jantan nih Bun, cuka males bangun pagi hihihihi

    matanya masih lengket gitu rasanya ya Rin ?hahaha… :)
    salam

  22. Suzernita says:

    Assalamualaikum buneeeeeeeee……..

    dah sembuh ya Bune……..Alhamdulillah
    ogut baru comment lg niy…..kayamya ogut mirip ayam tuh Bune, karena bangun paginya persis ga lama kemudian si ayam jantan berkokok d….
    pamit dulu ya Bune>>>nti dilanjutin lg ya Bune….

    walaikumsalam.wr.wb ……..Tetaaaaaaaaaaaaaa…………….
    kangeeen……….*buru2 peluk Tetaku*
    dan, Teta kayaknya mirip sama semua yg ditulis disini deh ,gak cuma ayam aja ya Tet?
    pokoknya kalau Tetaku ok bang get deh :)
    salam

  23. LJ says:

    hmm, jadi Inon bisa belajar bangun pagi tepat waktu dari ayam jantan ya bun..?


    asal ayam jantannya jangan ayam yg itu ya Mak,…………..hahahaha :D :D :D
    terus , ada satu lagi Mak, yg kudu ditiru sama Inon,
    jadi kucing, yang rajin banget mandi …hahaha…… :P
    ( panas ini kupingnya inon) :P
    salam

  24. mari kita tiru sifat – sifat dri binatang diatas…tapi yg baiknya aja ya bun….??
    Tulisan bunda penuh dengan inspirasi..makin- hari makin seneng aja bacanya..

    yuk, marrriii………….. :)
    terimakasih Ajeng utk apresiasinya pd tulisan ini,
    jadi pingin malu :oops:
    salam

  25. waduh bun maaf, kesleo ngetik..mau tulis “bun” keliru “bung” mohon maaf yah bunda :)


    waduh, gpp kok Mam……….
    kita khan dah saling pengertian :)
    salam

  26. bundaaaaaaaaa.. hmm lama tak berkunjung kemari..selalu ada tips dan artikel menarik..thanks for sharing bung..berguna banget..saya paling anti dengan kalimat “kelakuannya seperti Binatang” ..soalnya binatangpun punya sisi yang positif…bagaimana binatang melindungi anak anaknya..diluar sisi liar dan tidak punya adat lho..lho jelas kalo peradapan binatang kan berbeda dengan peradapan manusia yah bun..
    nice posting bun..like this article so much :)

    Maaaaaaammmm……………..apa kabar? :)
    semoga selalu sehat ya Mam
    hewan ataupun tumbuh2an, segala ciptaan Allah swt ,
    selalu ada hikmah dan pembelajaran dibaliknya ya Mam,
    asal kita mau jeli melihat dan mendengarkan alam dan seisinya :)
    terimakasih Mam utk apresiasinya pd tulisan ini :)
    salam

  27. dhila13 says:

    karena memang Tuhan telah menempatkan hal-hal yang tepat pada makhluk-makhluk-Nya yang tepat pula. ya kan bun? ;)

    bener banget Dhila,
    juga Allah swt menciptakan segalanya dimuka bumi ini, utk kita ambil hikmah dan mendapat pembelajaran :)
    salam

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s