Di India, makanan dimakan sambil duduk di kursi, di lantai, di kursi rendah, atau di atas bantal untuk duduk.
Secara tradisional, makanan dimakan langsung dengan tangan, biasanya dengan jari-jari dan telapak tangan kanan, tanpa sendok dan garpu.

Sewaktu makan dengan tangan, suhu makanan bisa dirasakan dengan tangan sebelum disuap ke mulut.
Mulut juga bisa dicegah dari melepuh akibat makanan panas.

Set menu thali terdiri dari beraneka masakan daerah di India dalam mangkuk-mangkuk kecil yang disajikan dalam piring logam berukuran besar.

img.etika makan di india/bundadontworry.wordpress.com

Thali menu set

Hidangan ini dilengkapi dengan raita ( semacam saus dari bahan yogurt) dan beraneka jenis roti-rotian seperti naan, puri, roti, atau nasi.

img.etika makan di india/bundadontworry.wordpress.com

Roti Naan

Alat makan seperti sendok dan garpu dipakai oleh kalangan atas di India.

Sendok dan garpu merupakan pengaruh budaya Romawi pada abad ke-16, dan mulanya hanya dikenal kalangan atas di India Utara.
Perdagangan lada dengan orang Romawi menyebabkan dikenalnya alat-alat makan di Asia.
Hidangan yang mengandung nasi biasanya boleh dimakan dengan sendok dan garpu, namun memakan roti dengan pisau atau garpu dianggap tidak sopan.

Salam

Gambar diambil dari sini
Referensi : indian cuisine

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

31 responses »

  1. ~Amela~ says:

    dari dulu pingin nyicipin roti naan

  2. Lyliana Thia says:

    aku pernah liat di TV Bun.. cara makan org India… seru gitu.. unik… :-D
    tapi sayangnya rasanya kok… gak cocok di lidah… pernah dikasih makanan India bnyk bgt sama kerabat Papa… gak ada yg doyan serumah… rasanya “berat” hehe…

  3. Komunikan says:

    Ga sangka sendok dan garpu saja di pakai di kalangan orang atas..
    Salam kenal yah..
    Kalau sempet mampir mampir ke blog saya bunda
    http://lapar.com/makanplus

  4. addthesurya says:

    Kalo soal makan Dhe lebih enak makan pake tangan :D

  5. papap says:

    wah belum pernah nyobain tuh bunda makanan dr india hehehe…tapi makasih bunda artikelnya siapa tahu satu saat bs ke india xixi aamiin..

  6. ded says:

    Aduh Bun, benar-benar mengingatkan saya tentang masakan India yang khas kayak Roti Naan yang bisa dimakan dengan kare, saya sangat suka Lho Bun.
    Di JW Mariot ada satu pojokan khusus dengan jenis2 masakan India, terus di Jewel of India di Ambhara Hotel Blok M.
    Pokoknya paten Bun.

  7. [...] Om Nh bikin tulisan tentang Table Manner dan Bunda Ly juga nulis soal Etika Makan di India, aku jadi punya ide untuk nulis soal etika makan di Minangkabau. Ada banyak sebetulnya, namun [...]

  8. vizon says:

    Cara makan di berbagai daerah memang unik dan asyik untuk dipelajari ya Bunda… Di Bukik ada juga tuh cara makan unik yang disebut sebagai “makan bajamba”… pengen nulis soal itu ah.. :)

  9. Obat Sehat says:

    keliatannya yummy….

  10. lozz akbar says:

    makan pakai tangan dan duduk di bawah itu nikmat loh Bun. apalagi makanannya tempe penyet..hehe

  11. hajarabis says:

    wwahh. …makan pakek tangan .
    klo menurutku sih asyik .
    tttaaapppiiiii. …masak klo makan sup juga pakek tangan .
    gmna makan.nya :(
    hhhhaaaaahhhhhhaaaaa ….
    salam kenal dari kami http://www.hajarabis.com

  12. agussupria says:

    lain daerah lain pula etika makannya

  13. wah cara makannya beda2 ya bunda. tapi makan pake tangan itu memang nikmat, :D

    iya, sambil mengikuti sunnah Rasul juga ya Puteri :)
    salam

  14. paling nikmat pokoknya bun makan pake tangan langsung…..
    tp kalau makanannnya yg berkuah ya tetep pake sendok.. :D
    Apalagi makan pakai tangan itu termasuk sunnah Nabi kita bunda… :)

    ya , bener Ruri , Rasulullah saw selalu makan pake tangan yaa…… :)
    salam

  15. kakaakin says:

    Wah… pas banget nih, makan pake tangan. #colek2sambal :D
    Tapi ada keluarga jauh saya yang gak mau makan dalam wadah berbahan stainless gitu, Bunda… Karena keingatan ompreng di rumah sakit :D

    wah, sama Kak, temenku juga ada yg gituh,
    katanya , jd inget rumkit, ngeri … :)
    ada ada aja yaaa………. :)
    salam

  16. Orin says:

    makan pake tangan emang nikmat pisan ya Bun, orang India ternyata mirip2 orang sunda *halah maksa* hihihihi

    iya bener Rin,
    sami gareulis na nyak ? :P
    salam

  17. hehehe..saya juga suka makan pakai tangan apalagi yang menu sambel sambelan dan lalapan gitu..hmmm…tangan kita “sendok pancasila” seperti yang dibilang KH. Agus Salim, ingat ceritanya saat diundang makan Belanda nggak pernah pake sendok tapi pakai tangan makannya :)


    igh, si Mama mah inget aja,
    iya ya terkenal banget tuh Pak Gaek KH.Agus Salim selalu makan pakai tangan :)
    salam

  18. Chef-Ta says:

    ..
    kalau makan naan memang enak pakai tangan, lebih ribet kalau pakai pisau.. ^^
    ..


    kalau Chef pastilah lebih tau yaaa….. :)
    nanti kalau naan nya mau dicolekin ke saos nya , ribet , kalau pake pisau ya Chef …hihihi :D
    salam

  19. andinoeg says:

    belum pernah makan masakan india, ayo bunda kapan andinoeg ditraktir :-D

    mau ya Andi? hayooo…kapan? :)
    salam

  20. fitrimelinda says:

    makan pake tangan emang lebih baik.. :)

    mengikuti sunnah Rasul ya Fit :)
    salam

  21. tunsa says:

    kenapa gitu? ada sejarahnya kah? kenapa dianggap tidak sopan bun?
    saya pribadi sih lebih suka pake tangan :D
    salam untuk bunda, smoga sehat slalu


    sejarahnya sih seperti ditulis diatas,
    mereka yg berkasta tinggi saja yg menggunakan sendok dan garpu,
    krn pengaruh dr zaman romawi dulu dan juga penjajahan bangsa eropa .

    iya, buat kita emang lebih enak , makan pake tangan ya Ri :)
    selalu sehat dan sukses juga utk Ari :)
    salam

  22. hilsya says:

    Bunda.. kira-kira makanan India apa yang ga kerasa bumbu banget..
    (perutnya ga nendang kalo makan naan doang)

    roti naan itu memang makannya berbarengan dgn kare atau saus yogurt, Hilsya :)
    salam

  23. niQue says:

    makan pake tangan?
    menambah cita rasa makanan yg masuk ke mulut hhehe eh
    saya mah, pake sendoknya klo pas makan sop doang bun * di rumah*
    klo di luar rumah yaaa aikutin keadaan deh
    eh tapi klo pizza lebih suka pake tangan, hahaha … kelamaan klo pake piso ma garpu.

    sayangnya ga doyan makanan India bun, terlalu spicy :(
    wlo dibilang mirip sama masakan Indonesia, tapi kok di lidahku ga bisa temenan ya hehehe

    hehehe…iya Nik, memang masakan mereka terlalu spicy,
    kalau yg perutnya gak kuat, malah jd masalah :(
    oh ya, ttg pizza, memang di itali nya sendiri, pizza itu makan nya pakai tangan kok :)
    salam

  24. Imelda says:

    aku pernah keracunan lada waktu makan masakan India di Tokyo, sehingga aku takut makan masakan India lagi. Setlah makan kare-kare begitu, maag aku melilit sampai tidak bisa jalan. Hampir dibawa ke RS hihihi
    Aku cuma cocok Tandori chicken aja :D

    ya ampun, sampai kayak gituh ya Mbak EM.
    mungkin memang Mbak EM alergi lada ?
    kalau chicken tikka , gmana?
    enak juga itu lho Mbak :)
    salam

  25. Mood says:

    Roti naan itu apa roti apa ya Bunda ? Kok ada gosong gosongnya gitu.

    semacam roti tipis kosong, gak ada isinya, dipanggang gituh Mood
    makannya bareng dgn masakan kare atau saus yogurt :)
    alam

  26. kurang lebih sama dengang cara makan orang kita….


    bener banget Arya
    mereka lebih suka makan pakai tangan drpd pakai sendok :)
    salam

  27. Asop says:

    Pengen deh, makan rotinya dengan saus yoghurt… *menelan ludah* :oops:

  28. Baha Andes says:

    klo aku ga begitu doyan makanan india doyannya cuma ama Roti Cana Pisang
    dan klo melihat cara makannya orang india agak gimana gitu bun. makannya buanyak sekali dan klo make tampan/piring stainless kaya gitu biasannya mereka kaya anak kecil banyak yg pada jatuh… tapi itu kebanyak India tamil berbeda dengan India hindustan.

    ya memang ini , yg bunda tulis etika india bagian barat yg banyak orang2 tamil nya ,Andes
    kalau india timur, lain lagi,
    besok2 kalau sempet bunda akan tuliskan ttg hindustan ini yaa…… :)
    masakan dan kebiasaan makan mereka …..
    salam

  29. monda says:

    akupun pertama di tempat bunda ya …cihuuuyyy

    uhuyy………….langsung dapet pelukan eraaaatt………. :)
    salam

  30. monda says:

    ha… jadi makan roti yang sopan itu pakai tangan ya bun?
    akupun lebih suka makan pakai tangan, apalagi kalau makan lalapan dan sambal, lebih enak nyoleknya

    ya BuMon kalau india gituh :)
    kalau lalapan mah memang kudu dicolek, kalau gak, gak afdol yaaa…………. :)
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s