Go to fullsize image

Ada satu jendela  yang harus terus menerus dibuka setiap hari. Yakni jendela hati. Biarkan ia terus terbuka lebar agar menjadi terang dan menerima semua kebaikan kehidupan.

Hati yang senantiasa terbuka memberi kesempatan dengki, iri, sirik, riya, angkuh, sombong dan segala keburukan hati keluar menjauh dari dalam hati.

Jiwa yang tertutup hanya akan membuat segala penyakit betah bersemayam dan terus menggerogoti dinding-dindingnya.

Sekuat apa pun dinding jiwa itu, semakin lama akan terkikis habis sehingga tak mampu menjalankan perannya untuk menyaring dzat baik atau buruk untuk sang jiwa.

Atau boleh jadi, tertutupnya jendela hati menyebabkan menebalnya karat di dinding hati sehingga lama kelamaan hati ini membatu.

Jika jendela rumah kita harus ditutup setiap malam menjelang. Jangan biarkan jendela hati tertutup. Biarkan ia terbuka terus menerus tanpa perlu menguncinya rapat-rapat.

Tak peduli pagi, siang, maupun malam hari, teruslah membuka hati agar siapa pun yang bertamu ke dalam hati Anda merasakan ketentraman dan kedamaian.

Dengan selalu membuka semua jendela di hati, pikiran jernih, sikap bersih, tindakan pun terarah.

Dari hati yang senantiasa terbuka, segala apa pun yang terserap ke dalamnya akan bermakna kebaikan. Bahkan sebuah kritik pedas pun akan terasa manis. Semoga.

Salam.
Sedang belajar terus melebarkan jendela hati.

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

22 responses »

  1. Vida Hermosa says:

    Salam kenal ya Bun, ingin ikut belajar juga membuka lebar-lebar jendela hati :). Ijin share di facebook saya ya, insya ALLAH link nya saya cantumkan. Makasih ya Bun :)

    salam kenal juga Vida .
    silakan , kalau mau di share di fb nya,
    semoga bisa bermanfaat utk yg lain :)
    salam

  2. yasmin says:

    saya sedang belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik, bun.
    “hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini”. semoga saya dan kita semua dapat meneladaninya, Amiin.
    doakan semoga berhasil ya bun, hehe .. makasih bunda
    ==================================
    mari kita selalu saling mendoakan ya Yasmin cay.
    salam.

  3. ningrum says:

    ikutan belajar bareng Bunda-ku :)
    mari buka lebar jendela hati kita :D
    ===========================
    bunda juga sedang belajar , Mbak.
    Mari, kita saling mengingatkan,amin. :)
    salam.

  4. zulhaq says:

    hati yang terbuaka adalah hati menyadari habluminallah dan habluminannass
    ==================================
    tepat sekali, Mas.
    Salam.

  5. membuka jendela hati, melebarkan jarak pandang kita tentang hidup dan kehidupan.

    terima kasih Bunda udah mengomentari sinopsis novelku. Aku jadi malu, karena tema novel itu picisan banget. Tapi engga apa-apa kan? saya merasa tak berkompeten menulis novel serius.

    Berkunjung lagi ya Bunda, awal ceritanya udah diposting tuh. Mohon Bunda meluangkan sedikit waktu untuk menyimaknya.
    ==============================================
    terima kasih juga Ayah.
    untuk bunda apapun yg tertulis di blog sahabat adalah hasil pemikiran yg jenius,
    dan selalu memberikan wawasan baru yg bermanfaat bagi bunda.
    Segera bunda keTKP. :D
    salam.

  6. guskar says:

    hati yang selalu terbuka akan memanjangkan usia : rendah hati banyak teman, tinggi hati dijauhi teman.
    =======================================
    seperti Gus yang selalu rendah hati,
    bisa jadi panutan untuk bunda.
    terima kasih sudah mau bersahabat dgn bunda,Gus :D
    salam.

  7. blogpopuler says:

    Marilah sama-sama kita buka jendela hati agar senantiasa memberi kesegaran jiwa kepada kita.
    =======================================
    agar hidup kita juga penuh dgn kebaikan.
    salam.

  8. Bhirawa says:

    Hati yang selalu berisi dendam,dengki,sirik,iri akan menjauhkan kita dari manusia dan Tuhan mbak.
    Artikel-artikel sebagus ini mengapa tidak disebarkan lebih luas agar menjadi ladang amal bagi anda dan juga bermanfaat bagi orang lain. Silahkan menyimak artikel tentang tata cara mengirimkan artikel ke social bookmark di

    http://mbahcholik.info/2010/01/14/cara-mengirim-artikel-di-liputan-khusus/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya
    ==========================================
    Terima kasih PakDhe….
    sudah dilaksanakan, dan sekarang artikel ini
    sudah mejeng disana…:) :)
    terima kasih utk sharingnya ya PakDhe ku yang mantep……….dan keren.
    salam.

  9. CHOKEY says:

    Di dalam tubuh ada segumpal daging,jika ia baik maka baiklah segalanya dan jika ia buruk maka buruklah segalanya..ingatlah bawha itu adalah ahati..jadi mari jagalah hati..jangan kau kotori..jagalah hati cahaya ilahi..:D
    ===============================================

    apa kabar Baginda Chokey ?
    semoga selalu sehat ya :D :D
    jagalah hati agar selalu menebarkan hanya kebaikan saja.
    Salam.

  10. di saat aku sedang membuka jendela hatiku…
    saat itulah aku merasa kesegaran
    aku merasakan kelapangan
    tiada tempat untuk kesempitan hati…

    alhamdulillah – dunia terlihat sangat indah… :)
    =====================================
    kita merasakan juga kebahagiaan ketika
    hati selalu menerima kebaikan yg juga akan mengeluarkan kembali kebaikan itu, Mimi.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  11. Bro Neo says:

    tanpa hati, kita tidak akan dapat memperHATIkan orang lain

    alangkah indahnya kalau semua orang bisa saling memperHATIkan :-)
    ========================================
    di dunia blog kita sudah saling memperHATIkan
    melalui komentar2 di tulisan.
    salam.

  12. Kakaakin says:

    Jadi, hati juga perlu ventilasi ya…
    Hmmm… harus ada aliran masuk dan keluar.
    ===============================
    kalau yang masuk adalah kebaikan,
    insyaallah yang keluar juga kebaikan.
    salam.

  13. oelil says:

    dikaruniai “hati” juga membedakan kita dengan mahkluk lainnya ya Bunda…
    ======================================
    tepat sekali, Mas Oelil.
    dan, kita berharap hati ini selalu bersih.
    Salam.

  14. Rafi says:

    Dari Mata, Turun kehati….Mata yg tersenyum, tentu hatinya pun damai. Keep Smile ^_^

    Sallam’
    Rafi
    ======================================
    dan senyum juga adalah ibadah ya Mas Rafi :)
    salam.

  15. wahyu says:

    baru membaca tentang hati juga sebelumnya..
    hati punya dua pintu..
    dan pintu itu harus benar2 dijaga agar yg masuk dapat difilter..
    salam kenal bu ;)
    ====================================
    Salam kenal juga , Mas Wahyu.
    sepotong hati itulah yg menentukan
    dimana tempat kita nantinya.
    terima kasih sudah mampir/nyasar kemari.
    kunjungan berikutnya sangat dinantikan, Mas. :)
    salam.

  16. dedekusn says:

    Betul bunda, ketentraman, kedamaian, kuncinya ada dihati.
    ==================================
    blog bunda khan :” kedamaian hidup ada dlm rasa syukur” :)
    salam.

  17. isil says:

    setuju banget bund…
    dan jendela itupun harus senantiasa diperiksa…jangan2 tiba2 tertutup karena kesombongan kita..

    mudah2n jendela hati kita bisa selalu terbuka lebar, tuk menerima cahaya yang terang diluar sana
    ===========================================
    Ini nih anak bunda yang cantik dan cerdas.
    bangganya punya anak yg sholehah seperti Isil. :)
    salam.

  18. atmakusumah says:

    Betul sekali bun, Jendela hati yang harus kita buka lebar2, agar jiwa kita menjadi lebih baik lagi…hemm renungannya hampir sama bun dengan saya… http://atmakusumah.wordpress.com/2010/01/13/menjadi-jiwa-yang-dewasa/
    kita sama2 belajar ya bun, saling meningatkan juga…
    Salam saya Bunda…
    =====================================
    kayaknya kita ada chemistry yg baik deh, Mas Atma……………….*si bunda ge-er* :oops:
    bunda sudah kesana ,dan kaget juga bacanya, kok agak2 mirip ya……….
    maklumlah, kalau anak dan bundanya khan feelingnya so good ya ……………* ge-er lagi* :) :)
    Semoga kita bisa selalu saling mengingatkan ya Mas Atma.
    salam.

  19. tarqy says:

    jendela hati = jendela jiwa bun ….?
    =============================
    benar,Tar
    krn dlm hati yg terang,jiwapun ikut terang dlm menerima kebaikan.
    salam.

  20. antokoe says:

    saya ikut belajar bun,…..
    setelah jendela hati terbuka, bukalah pintu hati…
    ===================================
    untuk semua kebaikan dan keikhlasan………..:)
    salam.

  21. Ongki says:

    Iya, bunda.. semoga saya dan bunda pun juga bisa senantiasa membuka jendela hati kita.. salam kenal
    ================================
    Salam kenal juga , Ongki.
    terima kasih sudah mampir disini.
    segera bunda akan melakukan kunjungan balik kesana.
    salam.

  22. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya juga lagi belajar untuk membuka jendela hati. Biar jiwa lebih terasa segar
    =======================================
    kita bisa saling mengingatkan ya ,Mas Alam.
    salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s