View Image

Meskipun si kuning telur lebih sering dipakai dalam membuat kue, jangan buru-buru membuang putih telurnya, ya. Masih ada segudang ide untuk memanfaatkannya.

1. Cara praktis menyimpan putih telur sisa dalam freezer adalah dituang ke dalam cetakan es dan dibekukan. Ambil bongkahan es putih telur, masukkan ke dalam plastik, lalu simpan dalam freezer.

Jika akan digunakan, keluarkan dari freezer dan simpan semalam di kulkas sampai mencair. Tahu tidak, 2 sendok makan putih telur cair sama dengan 1 putih telur segar, lho!

2. Cara paling sederhana mengolah putih telur sisa adalah dijadikan Omelet Manis atau Omelet Asin. Tak kalah enak, kok, dengan omelet yang menggunakan kuning telur! Atau, bisa juga dibuat kudapan ringan, meringue.

3. Membuat Omelet Manis : kocok 100 ml putih telur hingga memutih, tambahkan 50 gr gula pasir sambil dikocok sampai mengembang. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, aduk rata. Tuang dalam wajan anti lengket, taburi potongan buah apel, masak sampai kedua sisinya matang.

4. Membuat Omelet Asin : iris tipis 4 buah bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 batang daun bawang, dan irisan kol. Beri lada dan garam, aduk rata. Tuang dalam wajan anti lengket yang sudah diberi 2 sendok makan margarin, masak sampai matang.

5. Putih telur juga bisa divariasikan untuk membuat berbagai sajian, misalnya Tumis Putih Telur Cabai Hijau. Caranya, kukus putih telur, beri 1 sendok teh garam, ½ sendok teh lada, dan 1 sendok teh kaldu instan. Masukkan dalam kantong plastik tahan panas, kukus sampai matang. Potong–potong putih telur, tumis sambil tambahkan cabai merah, cabai hijau, kecap, salam, dan laos. Nah, jadilah Tumis Putih Telur Cabai Hijau.

6. Untuk kecantikan, putih telur pun punya banyak jasa, lho ! Kocok sejumlah putih telur hingga berbusa, gunakan sebagai masker wajah. Setelah kering, cuci bersih wajah. Kulit akan terasa kencang dan segar. Ingat, jangan gunakan masker ini jika alergi telur, ya!

7. Untuk mengatasi luka bakar, putih telur juga bisa digunakan. Caranya, oleskan putih telur ke area yang terkena panas, lalu tunggu sampai kering. Jika masih terasa panas, oleskan kembali putih telur di area tadi.

Salam.

Ref : shine.

About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

34 responses »

Comment navigation

  1. frezyprimaardi says:

    kalo saya putih telornya direbus lagi, trus dimakan, kan protein nya tinggi bunda, sekedar informasi nih bun, 1 butih telur itu mengandung 3 gr, jadi saya biasanya mengkonsumsi telur itu satu kilo sehari, hehe…jadi sekitar 13 butir x 3 gr, jadi 39 gr…hehehe
    dan itu bagus buat perkembangan otot saya..hehe

    wah, rupanya Frezy suka body building juga ya?
    memang bener , putih telur itu bagus kok utk pembentukan otot,
    krn suami dan anak bujang bunda yg sulung, juga suka fitness dan body building ,
    saking sukanya , sampai alat2nya lumayan komplit di rumah :)
    salam

  2. Orin says:

    Biasanya kalo buat martabak tahu, yg kuning dicampur ke adonan, yg putih dijadikan ‘lem’ Bun hehehe…

Comment navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s