Dalam Daddy’s Factor (Penguin Books, USA, 2006) Steven Bolter menulis :  ” Melalui kehidupan dalam keluarga, seorang ayah bukan saja mempengaruhi individualitas anaknya, tetapi juga mempengaruhi kemampuannya bergaul dan bersikap dalam masyarakat “.

Dalam buku ini pun profesor psikologi yang merangkap direktur rumah sakit Ilmu Kedokteran Harvard ini mengategorikan tipe ayah yang dapat memberi dampak utama pada putra-putrinya:

1. Type Ayah Bom Waktu.


Ayah bertipe ini bersikap proteksionis yang menginginkan kesempurnaan dari anak-anaknya. Jika anak-anaknya gagal atau mendapat nilai jelek, si ayah tak segan memarahi atau menegur dengan keras. Segala sesuatu yang menyangkut si anak selalu dikaitkan dengan prestasi.

Jangan heran, obrolan si anak dengan ayah tipe ini pun tak pernah jauh-jauh dari urusan sekolah dan prestasi. Anak yang memiliki ayah bertipe bom waktu cenderung merasa kurang aman dan tidak mudah percaya pd orang lain. Terutama dalam pergaulan dan di tempat kerja.

2. Tipe Ayah Acuh Tak Acuh.


Ayah tipe ini cenderung cuek pada kebutuhan anak-anaknya, terutama pada kebutuhan psikis karena mereka merasa tanggung jawab utama seorang ayah adalah menjalankan peran sebagai breadwinner alias pencari nafkah.

Ia enggan memantau perkembangan fisik, mental, dan emosi anak-anaknya karena menganggap istrinyalah yang bertanggung jawab dan memegang peranan penting dalam tugas ini.

Ayah yang acuh tak acuh juga memengaruhi perkembangan anak dalam arti ayah tipe ini kurang mengenalkan anaknya pd kesulitan dan tantangan  yg mungkin banyak ditemui di luar rumah.


3. Tipe Ayah Pembimbing.


Sejatinya, inilah tipe ayah yang penuh kehangatan dalam mendidik anaknya. Ia memiliki metode pendekatan dengan cara membimbing anak2nya agar mau belajar dan meningkatkan kualitas.

Dia juga senang meningkatkan pergaulannya, terutama sesama ayah agar bisa lebih terlibat dalam kegiatan anak-anaknya.

Ayah tipe ini juga selalu melek teknologi supaya dapat mengikuti zaman yg pada akhirnya dapat mendekatkan dirinya dgn anak2nya.


Salam.


About these ads

About bundadontworry

Ibu rumah tangga dengan 2 anak

15 responses »

  1. Saka says:

    hahaha… hadooooooooohhh, kalo sy blom tau tipe ayah seperti apa sy ini :roll:
    ===================================
    kalau saya yakin, Kang Saka termasuk tipe
    ayah idaman ………………:D :D :D
    Salam.

  2. liliek4ep says:

    emmmh mm akadang saya sabagai ayah bom waktu Bund… tapi kadang jadi ayah pembimbing… kalau acuh tak acuh…pernah gak ya…
    ===============================
    Gak apa apa Mas,
    jadi tipe ayah campuran, jadi lebih bervariasi………..:) :) :)
    Salam.

  3. Zulhaq says:

    ehmmm, walaupun belum menjadi ayah , tapi mau ikut nimbrung juga bunda…

    saya insyaallah mau menjadi tipe yang ketiga, pembimbing!!!
    =================================
    Bunda juga yakin begitu,
    Semoga Allah swt memudahkan ya Mas……………
    Salam.

  4. Aduh, saat ini sy blm merasakan yg namanya jadi Ayah.. Insya Allah, mudah2 secepatnya… mohon di do’akan ya Bund.. :-)
    ================================
    bunda doakan semoga menjadi ayah yg bijaksana dan penuh kasih sayang, amin.
    Nanti bunda diundang nggak ya…………….:) :) :)
    Salam.

  5. Yep says:

    Wah…kalau terdapat beberapa unsur dari ketiga kriteria tersebut bagaimana ya Bun ? :)
    ==============================
    Mungkin ini yg disebut tipe ” ayah campuran ” ya Yep………:D :D :D
    Salam.

  6. Pakde Cholik says:

    Wah saya nggak bisa menilai diri-sendiri deh. Tapi saya ingin donk anak saya mendapatkan yang terbaik.
    Salam hangat dari Surabaya
    ========================================
    Saya yakin kok PakDhe termasuk yg no.3 yaitu sebagai
    ayah tipe pembimbing, ya khaaaannnn………………:D :D :D
    Salam hangat utk keluarga .
    Salam.

  7. vizon says:

    idealnya memang tipe yang ketiga, tapi apakah saya termasuk yang itu? gak tahu deh… :D
    =========================================
    Bunda yakin kok ,
    pasti Bang Vizon adalah tipe ayah yg no.3……..:) :) :)
    salam.

  8. Dalmuji says:

    Saya mau yang tipe no.3 aja deh bunda…
    Maaf lahir batin juga Bunda dari saya dan keluarga..
    Wassalam
    =======================================
    Sudah pasti begitu ya Pak………….
    Kami juga sekeluarga mohon maaf lahir bathin.
    Salam hangat utk keluarga.
    Salam.

  9. Saya adalah type Ayah yang sangat mencintai sang buah hati…dan Insya Allah jadi ayah dengan type pembimbing…

    ===================================
    Amin, semoga Allah swt memudahkan ya Mas…..
    Salam.

  10. elmoudy says:

    kalo saya tipe yang biasa ajaa…
    kadang suka jadi-jadian apa ajaa….
    heheee
    ================================
    he…….he………….:D :D :D
    jadi beneran aja Mas,
    jangan jadi2an…………..
    Salam.

  11. yosbeda says:

    tipe ayah seperti apa ya aku :?:
    nikah aj belum..
    umur 22 thn kaya aku apakah sudah bisa jadi ayah yg baik..
    semoga 4 tahun mendatang aku sudah bisa menjadi ayah yg baik.. :cool:
    amin…
    =============================
    Amin, InsyaAllah mudah2an Mas Yos
    bisa menjadi ayah panutan, amin.
    Salam.

  12. guskar says:

    mudah2n saya termasuk tipe ayah yg pembimbing, lha tanda2nya sdh ada tuh bun… mereka mengikuti yg saya lakukan : suka baca buku dan ngeblog! ha..ha..

    ===============================
    Bunda yakin sekali kalau yg itu .
    Sekarang lagi baca buku apa nih Gus ..?
    Salam.

  13. kolojengking says:

    Oh iya bunda, jenengan dapet award dari saya, award bagus neruske dari Jeng Dhilla… :)

    Coba dicek di sini ya bunda, Jabat Tangan Award-nya Jeng Dhilla

    salam, :)
    ==================================
    Ho..ho…terima kasih Mas Kojeng………..:D :D :D
    bunda merasa terharu jadinya …hiks….hiks…..
    bunda segera ke TKP ya…………..:D :D :D
    Salam.

  14. kolojengking says:

    Kalo saya insyaallah milih yang tipe pembimbing saja bunda.. :) Kan ayah saya juga tipe itu… :)

    ===============================
    Bunda sudah prediksi duluan,
    kalau Mas Kojeng, pasti seperti itu, yakin pokoknya deh.:D :D :D
    Salam.

  15. kolojengking says:

    Pertamax ya bunda… :)
    ========================
    Silakan……………..Mas Kojeng……………
    Salam.

Terimakasih banyak sahabat tersayang, untuk apresiasinya melalui komentar dibawah ini .........

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s